5 Pesantren Terbaik di Semarang

Posted by

Pesantren di Semarang ketika kami telisik datanya di Internet berjumlah sekitar 180. Cukup banyak. Apalagi semarang adalah pusat kota Jawa Tengah di mana sangat dekat dengan Kudus, Demak, sebagai rumah banyak pesantren di Jawa Tengah. Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulas pesantren terbaik di Semarang.

Kriteria kami adalah pesantren tersebut sudah dikenal luas, dan sudah terbukti dari masa ke masa, atau karena kelebihan fokus pendidikan yang dimiliki. Tentu saja apa yang kami suguhkan sangat subjektif karena lebih banyak berdasarkan sudut pandang kami semata. Namun semoga 7 pesantren terbaik di Semarang ini bisa menjadi informasi bermanfaat.

Ashabul Kahfi, Mijen

Meskipun pesantren ini menyampaikan klasik modern, namun dalam sudut pandang kami terlihat lebih condong kepada klasik. Yaitu pondok pesantren dengan kurikulum kajian kitab kuning dengan model sorogan dan bandongan. Hanya saja memang ada pendidikan umum untuk semua santrinya.

Salah satu keistimewaan di pesantren Ashabul Kahfi, Mijen adalah memiliki variasi pendidikan yang beragam selain pesantren murni. Yaitu jenjang SMP, SMK, MTs, Takhassus, Kajian Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu santrinya mencapai lebih dari 1000.

Pesantren ini juga menerima santri putra dan putri. Namun salah satu yang menjadikan banyak masuk ke pesantren adalah program tahfidz Quran. Meskipun bukan pesantren khusus tahfidz, namun hal ini menjadi nilai lebih.

Al Itqon, Pedurungan

Pesantren yang satu ini tergolong tua di Semarang. Berdiri pada tahun 1953, pesantren Al Itqon adalah pesantren salaf. Yaitu pesantren yang membudayakan kajian terhadap kitab-kitab kuning karya ulama salaf. Terutama dalam kajian tafsir Al Quran dan Hadist.

Metode pembelajarannya juga layaknya di pesantren-pesantren salaf di Jawa Tengah, sorogan, dan bandongan menjadi metode pembelajaran yang sering dilakukan. Terlebih pengasuh salah satu pesantren terbaik di Semarang ini, KH Ubaidillah Shadaqah, adalh Rais Syuriah PWNU Jateng. Oleh sebab itu nuansa NU sangat kental.

Yang istimewa di pesantren ini adalah pengajian Ahad pagi yang dipimpin oleh kyai. Pesertanya sampai 10.000-an. Bahkan datang dari jauh-jauh. Mungkin berangkat pukul empat pagi. Kajiannya adalah tafsir Quran dan kitab Al Hikam. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Semarang.

Ash Sodiqiyah, Gayamsari

Pesantren ini memiliki luas hampir 3 hektar. Untuk pesantren di wilayah kota, tentu cukup besar. Terlebih berdiri sejak tahun 1998, pesantren yang pernah dikunjungi Prabowo Subianto ini tempat pendidikan santri putra dan putri.

Jika melihat pondoknya, pesantren ini tidak jauh berbeda dengan pesantren-pesantren yang disebutkan sebelumnya. Memiliki ciri khas pendidikan salaf, dengan kajian kitab kuning, namun pagi sampai sore menjalankan pendidikan formal.

Nuansa NU terlihat sangat kental karena beberapa kegiatan semacam sorogan kitabtakror, bahsul masail, hingga ziarah walisongo dilaksanakan sebagai kegiatan ekstra rutin. Tahfidz Quran juga menjadi salah satu pendidikan di pesantren yang dipimpin oleh KH. Shodiq Hamzah.  Sehingga pesantren ini kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Semarang.

Tahfidz Rijalul Quran, Gunungpati

Menurut kami ini adalah pesantren terbaik di Semarang. Pesantren ini fokus dalam pendidikan tahfidz Al Quran bagi santri-santrinya. Meskipun namanya Rijalul Quran, namun ternyata santrinya bisa putra maupun putri. Jenjangnya dari SD hingga setara mahasiswa.

Baca: Pesantren Terbaik di Jawa Tengah

Pesantren ini outputnya sangat jelas. Lulusannya memiliki kriteria tertentu. Hafal Quran, mampu membaca kitab kuning, dan hafal hadist arbain nawawi. Menurut kami pesantren ini sangat spesifik sekali.

pesantren terbaik di Semarang

Namun demikian pesantren ini memiliki kurikulum tersendiri terkait pendidikan. Bahkan ekstra kurikuler yang disediakan adalah berenang dan memanah. Tempatnya sejuk, bahkan kalau Anda melihat sekilas benar-benar terasa di desa dengan ada satu surau kecil. Ini adalah pesantren penuh dengan perjuangan.

Istimewanya, pesantren ini justru menggratiskan bagi para dhuafa dan yatim bagi yang ingin belajar. Syaratnya hanya ikhlas dan ada surat rekomendasi dari guru ngaji atau tokoh masyarakat. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Semarang.

Cantumkan usulan Anda di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *