3 Sisi Menarik Pesantren Askhabul Kahfi Semarang

Posted by

Askhabul Kahfi Semarang atau biasa disebut dengan Aska, merupakan salah satu pesantren terbesar di Semarang ini. Pesantren Askhabul Kahfi Semarang dibangun pada tahun 2009. 

Hingga kini ribuan santri telah lulus dari pesantren Aska. Oleh sebab itu kami tertarik ingin membahas seluk beluk pesantren dari SMP Askhabul Kahfi, MTs Askhabul Kahfi, sampai SMK Askhabul Kahfi yang bersumber dari website resmi pesantren. 

Profil Pesantren Askhabul Kahfi

Para penghuni gua yang lebar, itulah arti nama dari Askhabul Kahfi. Yang kisahnya mashur tertulis dalam Al Quran. Pesantren ini menamainya dengan tujuan agar bisa mengikuti kebaikan para Askhabul Kahfi tersebut. 

Yaitu tujuh orang pemuda pengikut Nabi Isa yang memiliki banyak nilai kehidupan yang perlu diikuti. Mereka kuat dalam keimanannya, jujur dan berani. Inilah value yang ingin diangkat oleh pendiri pesantren Aska untuk para santrinya. 

pesantren askhabul kahfi semarang

Identitas dari pesantren ini adalah keseimbangan. Keseimbangan antara pendidikan modern dengan pendidikan salafiyah khas pesantren-pesantren kitab kuning

Inilah yang menurut kami unik. Tidak semua mampu bertahan dengan sisi tradisional. Tidak semua mampu menggabungkan dengan aspek modern. Tapi pesantren Askhabul Kahfi memiliki kemampuan itu. 

Lengkapnya Lembaga Pendidikan Pesantren

Pesantren Aska memiliki lima lembaga pendidikan formal untuk menunjang kebutuhan pendidikan santri dan santriwatinya. Masing-masing memiliki identitas yang memudahkan santri agar sesuai dengan keinginannya.

SMP Askhabul Kahfi 

Untuk jenjang SMP, ada dua jenis yang bisa dipilih. Pertama ada SMP Terpadu, yaitu sekolah menengah yang lebih menekankan kepada pendidikan formal namun ada pendidikan pesantrennya, seperti akhlaq dan lain sebagainya. 

MTs Askhabul Kahfi 

Satu lagi yaitu MTs Askhabul Kahfi. Nah kalau yang satu ini mengikuti kurikulum kemenag, namun juga pendidikannya banyak unsur salafiyah, kitab kuning yaitu khas pesantren NU di Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Jurumiyah, Imriti menjadi dua mata pelajaran wajib. Maka banyak yang ingin mendapatkan pendidikan formal sekaligus pendalaman ilmu Islam masuk di MTs Askhabul Kahfi Semarang. 

MA Askhabul Kahfi

Sama dengan MTs Askhabul Kahfi, jenjang Madrasah Aliyah juga menggabungkan antara pendidikan formal dan pendidikan kitab kuning. Metode pengajian Wetonan dan Bandongan menjadi kegiatan rutin harian.

Di jenjang ini sudah mulai ada yang namanya hiwar, musyawarah, mungkin seperti bahsul masail sederhana. Ini tradisi bagus.  Tradisi ini memang kuat di pesantren-pesantren salafiyah seperti Lirboyo Kediri. 

Jurusan SMK Askhabul Kahfi Semarang 

Nah kalau untuk pendidikan formal tingkat atas, yang tersedia adalah SMK, pesantren ingin santrinya langsung siap di dunia kerja. Oleh sebab itu jurusan yang tersedia cukup banyak. 

Di sini tempat santri dan satriwati yang ingin memperdalam ilmu Teknik Komputer Jaringan dan Teknik Kendaraan Ringan, SMK Askhabul Kahfi di Semarang cukup dikenal.

Ma’had Aly Pesantren 

Lembaga terakhir yang dimiliki pesantren Askhabul Kahfi adalah lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi. Ma’had Aly Askhabul Kahfi berada satu lokasi dengan pesantren Aska sendiri. 

Berdiri pada tahun 2019 dan berfokus pada ilmu tafsir Al Quran. Mengapa saat ini hanya ilmu tafsir yang dipelajari? Mahad Aly memang didirikan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi perbedaan penafsiran ayat Al Quran. Mahad Aly berharap, lulusannya dapat menjadi alim ulama dalam bidang tafsir Al Quran. 

Tahfidz Quran di Pesantren Askhabul Kahfi

Ada sisi menarik lainnya di pesantren ini, yaitu unsur tahfidz Quran. Di setiap jenjang kami melihat ada program tahfidz Quran. Plus pesantren ini memang memiliki lembaga khusus tahfidz Quran.

Namanya LKTA, yaitu Lembaga Kajian Tafsir Al Quran. Bisa dikatakan pengkajian tafsir Al Quran menjadi salah satu pokok pembelajaran di pesantren.

Bahkan untuk jenjang Ma’had Aly yang fokus pada tafsir Al Quran dikenal sebagai tempat untuk pembelajaran tujuh ilmu tafsir. Profil yang demikian mengingatkan kami dengan PIQ Singosari Malang yang juga fokus pada Al Quran.

Prestasi Santri Pondok Pesantren

Mengapa pesantren ini terkenal, menurut kami adalah prestasinya. Di antaranya adalah, pernah menjuarai lomba pesantren unggulan yang diadakan Bank Indonesia wilayah Jawa Tengah. 

Kedua, juara dua dalam festival ekonomi syariah antar pesantren se Jawa Tengah, beberapa kanal usaha pesantren Aska seperti Aska Mart, Aska Laundry, Aska Barbershop dan lain sebagainya berhasil mendapatkan nilai baik dari dewan juri. 

Selanjutnya, pesantren Aska juga meraih juara ketiga dalam lomba short movie yang diadakan IAIN Salatiga. Prestasi yang tak kalah membanggakan lagi adalah 13 dari 23 santri yang mengikuti Olympiade Sains Nasional piala Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya berhasil masuk ke peringkat 10 besar.

Review Pesantren Askhabul Kahfi

Menurut kami, pesantren ini memiliki posisi yang cukup pas di antara masyarakat Jawa Tengah yang memang menyukai pendidikan berbasis kitab kuning. 

Kedua pesantren ini tetap menjaga tradisinya sebagai pesantren khas NU, yaitu akhlaq, sopan santun, kesederhanaan dengan mamakai sarung namun berjas.

Bisa dikatakan Pesantren Askhabul Kahfi perpaduan antara tiga sisi menarik yaitu pesantren kitab kuning, pesantren modern, dan penjaga tradisi di Jawa Tengah. 

PanduanTerbaik.id

Oleh sebab itu masuk dalam kelompok pesantren terbaik di Semarang. Apalagi jika melihat gedung-gedungnya, cukup bagus. Sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran orang tua yang menitipkan anaknya. 

Pendaftaran Pesantren 

Sebelum membahas Pendaftaran Pesantren Askhabul Kahfi maka kami jelaskan bahwa Pesantren Aska sendiri memiliki 3 kampus, kampus 1 dan 2 diperuntukkan untuk santri putra, sementara kampus 3 untuk santri putri. Kesemuanya terletak di Jalan Raya Cangkiran-Gunungpati, kota Semarang. 

Bagi anda yang ingin mendaftarkan putra putri anda dapat datang langsung ke pesantren kampus 2 dan melaksanakan tes. Jangan lupa untuk membawa dokumen standar seperti KK dan KTP. 

Biaya Masuk Pesantren Askhabul Kahfi

Sedangkan untuk biaya masuk pesantren Askhabul Kahfi cukup standard. Untuk registrasi sebesar 300 ribu. Nantinya setiap jenjang akan berbeda biaya masuknya. Namun untuk mempermudah kami rangkum saja.

Untuk biaya bulanan antara 500-600 ribuan. Paling rendah biayanya SMP, paling tinggi biayanya jenjang atasnya. 

Kemudian untuk biaya masuk dari 3.600.000 hingga 3.900.000 tergantung jenjang yang dipilih. 

Namun kalau masuk di gelombang dua, maka biayanya naik menjadi 4.6 juta hingga 4.9 juta. Maka Anda harus teliti sebelum masuk ponpes tersebut. 

Jalur non reguler lebih tinggi lagi. Daftarnya 350 ribu dengan SPP mencapai 825 hingga 925. Tergantung Jenjang. Kemudian Biaya masuknya dimulai dari 6 juta hingga 6.3 juta.

Untuk non reguler gelombang dua maka biayanya dimulai dari 7 juta, 7.1 juta, hingga 7.350 juta. Tergantung jenjangnya. 

Kalau dari biaya menurut kami di Jawa Tengah standard. Bisa dilihat dari biaya masuk pesantren lainnya di Jawa Tengah di sini. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di  www.ppaska.id

Alamat Google Maps Pesantren

Pesantren ini beralamat di Jalan Cangkiran – Gunung Pati 3KM, Polaman, Mijen. Jika ingin mudah ikuti Google Maps berikut ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *