Pesantren Al Masoem Bandung | Fasilitas Oke Biaya Standar

Posted by

Pesantren Al Masoem Bandung merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup terkenal di Jawa Barat. Salah satu faktornya adalah fisiknya yang cukup besar, santrinya ribuan, dan datang dari banyak penjuru daerah.

Oleh sebab itu kami akan membuat rangkuman informasi berdasarkan website resmi. Yang akan kami sajikan adalah profil, kurikulum pendidikan, serta biaya masuk pondok pesantren Al Masoem Bandung.

Pesantren Al Masoem Bandung

Lembaga pendidikan ini sebenarnya berdiri sudah cukup lama, dari tahun 1987-an. Namun demikian untuk pesantrennya berdiri sejak 2000 dengan jumlah santri 1000 lebih. Bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren besar di Bandung.

Model pendidikannya tersedia full day school dan boarding school. Sistemnya modern menggunakan perpaduan sekolah Islam terpadu berbasis asrama. Sehingga cocok di era seperti sekarang.

pesantren al masoem bandung
al masoem bandung

Pendidikan Formal

Jenjang pendidikan Pesantren Al Masoem Bandung lebih fokus di menengah, yaitu menggunakan model SMP dan SMA. Rujukannya diknas, sehingga unsur sains menjadi salah satu perhatian yang cukup penting.

Bahkan keduanya sudah mendapatkan nilai akreditasi A. Artinya standar mutu yang ditetapkan sudah sesuai dengan pemerintah baik dari sistem pendidikan, rasio siswa, bahkan sampai dengan fasilitas.

Nah yang menarik adalah kurikulumnya menggunakan model sistem kredit semester (SKS). Jadi penguasaan materi ditekankan. Yang kami suka adalah di sini tidak ada jam kosong. Semua di awasi, bahkan gurunya juga diawasi.

Bahkan setelah selesai UAS pun tetap ada kelas pembelajaran. Tidak ada waktu mengambang untuk menunggu raport. Kelasnya juga bermodel modern, pembelajaran sering menggunakan laptop dan proyektor.

Pendidikan di Pesantren Al Masoem Bandung

Sedangkan pendidikan di pesantren terbagi menjadi tiga. Ada yang reguler, yaitu kelas yang fokus belajar pada Al Quran dan tajwid, fiqih, akidah akhlaq, nahwu shorf, dan bahasa.

Kedua adalah kelas khusus tahsin dan tahfidz Quran. Tahsin artinya perbaikan bacaan bagi yang belum lancar membaca Al Quran, sedangkan tahfidz memang khusus untuk menghafal Al Quran.

Sebagai informasi, bagi siswa reguler di pesantren Al Masoem Bandung tetap diwajibkan untuk menghafal Al Quran, jenjang SMP 3 juz, sedangkan SMA 1 juz. Maka bagi yang masuk program pesantren tahfidz Quran akan mencapai hafalan lebih dari itu.

PanduanTerbaik.id

Ketiga adalah kelas khusu pendalaman kitab kuning. Yaitu ngaji kitab seperti di pesantren-pesantren, di antaranya adalah safinatunnajah, Tijan Addarori, Al jurumiyah, Ta’lim Muta’alim, Sulamut Taufiq, dan lain sebagainya. Jadi cukup lengkap.

Keunggulan Pesantren Al Masoem Jatinangor

Menurut kami ada beberapa keunggulan Pesantren Al Masoem Jatinangor Bandung yang patut dijadikan pertimbangan. Pertama, pesantren ini tidak ada hukuman, tapi menggunakan sistem poin. Kalau poinnya berkurang drastis langsung panggil orang tua.

Setiap tindakan kriminal akan mendapatkan sanksi dipulangkan. Contoh berkelahi, narkoba, asusila, dan lainnya. Jadi tertib. Begitu juga kebersihan, mengotori menjadi salah satu kesalahan besar.

Ketiga, eskul yang tersedia sangat banyak sekali, baik akademik atau non akademik, jumlah total mencapai 48. Hal ini memiliki sisi positif, di mana siswa akan mengeluarkan bakat terbaik dan betah tinggal di pesantren.

Fasilitas Istimewa

Sisi menarik yang tidak bisa dilupakan dari Pesantren Al Masoem Bandung adalah fasilitas. Pertama akademik, mulai dari laboratorium Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa, Komputer, Seni, bahkan ada studio mini.

Untuk fasilitas non akademik juga sangat banyak. Mulai dari mini soccer, futsal, bulu tangkis, basket, voli, bahkan kolam renang, track berkuda, mini panggung teater, dan banyak lagi. Cukup bagus.

Untuk santri, satu kamar hanya diisi 4-6 orang, jadi nyaman ya. Apalagi berada di wilayah Jatingangor, kalau malam lebih dingin dari wilayah lainnya. Kamar mandi di dalam. Plus gedung-gedungnya rapi dan indah, bisa dilihat video yang kami hadirkan.

Ekstrakurikuler Ponpes Al Masoem

Seperti kami sampaikan di depan, pesantren Al Masoem Bandung memiliki eskul yang sangat banyak. Kami haturkan beberapa yang paling menarik, olah raga bisa dikatakan semua terfasilitasi, sampai memanah, berkuda, berenang, taekwondo, dll.

Kemudian untuk akademik tersedia klinik Matematika, Kimia, Klinik Akuntansi, Robotic, computer club, englis and arabic club, kewirausahaan. Kami jarang menemukan pesantren dengan eskul sebanyak ini.

Begitu juga eskul seni yang cukup melimpah, mulai animasi film making, qasidah rebana, gitar akustik, fotografi, sinematografi, merajut, tilawatil Quran. Di sinilah alasan pesantren Al Masoem Bandung tumbuh dengan pesat. Bakat santri terfasilitasi.

Biaya Masuk

meskipun tergolong memiliki fasilitas yang lengkap, namun biaya masuk pesantren Al Masoem Bandung tergolong standar sekitar 22.7 juta dengan SPP 2.2 juta.

Bisa dibandingkan dengan boarding school di Bandung lainnya di link ini. Atau ingin dibandingkan dengan pesantren lain di link ini. Kami sudah sajikan dengan biaya dan keunggulan masing-masing agar menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkapnya di Jalan Raya Cipacing No. 22 Jatinangor-Sumedang. Kalau dari jalan besar gedungnya terlihat jelas. Atau ikuti Google Maps yang kami sertakan di bawah ini biar lebih mudah.

Untuk informasi pendaftaran agar lebih valid bisa kunjungi website resmi di https://almasoem.sch.id/ atau hubungi via WA di 0811-224-337. Semoga informasi tentang Pondok Pesantren Al Masoem bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *