MBS Bogor Ki Bagus Hadikusumo | Biaya dan Prestasi

Posted by

MBS Bogor atau Muhammadiyah Boarding School Ki Bagus Hadikusumo Bogor merupakan pondok pesantren berbasis organisasi Muhammadiyah. Organisasi masa ini dikenal memiliki kualitas dalam menyelenggarakan lembaga pendidikan. Seperti ulasan kami di sini.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulasnya. Kami akan membuat rangkuman informasi dari website resmi dan sumber lainnya seperti sejarah berdirinya, profil lembaga, serta biaya masuk PPDB atau pendaftaran MBS Ki Bagus Hadikusumo Bogor.  

Sejarah Berdirinya MBS Bogor

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, pesantren ini memiliki sejarah berdiri atas kesepakatan tiga kader muhammadiyah, beliau – beliau tersebut adalah KH. Ahsin Abdul Wahab, MA., DR. KH. Endang Mintarja, MA., dan KH. Nur Achmad, MA.

Dan pada tanggal 5 Mei 2016 didirikanlah MBS Boarding School dengan jumlah santri awal hanyalah 45 siswa SMP dan SMA. Tapi identitas boarding school ini adalah muhammadiyah.

MBS Bogor

Fokusnya adalah membangun kader ulama dengan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan sains, dan kepimpinan, juga keterampilan. Kombinasi ini menjadi identitas utama MBS Bogor.

Pendidikan MBS Ki Bagus Hadikusumo Bogor

Konsep yang diusung MBS Bogor adalah boarding school. Pondok pesantren yang pendidikannya lebih modern. MBS Ki Bagus Hadikusumo memiliki unit pendidikan SMP dan SMA.

MBS KBH menyelenggarakan pendidikan menggunakan  kurikulum kemendikbud (k-13) yang dipadu dengan kurikulum kepesantrenan plus pengayaan sains di dalamnya. 

Selain itu, KBS KBH juga mempunyai program tahfidz qur’an dan al hadist. Masing – masing santri dan santriwati ditargetkan minimal mempunyai 5 juz hafalan Al-Quran, dan 200 hadist.

Untuk santri SMP hafalan dimulai dari juz 30, 29, 28. Sedangkan untuk SMA mulai dari juz 27, 26, 25. Jadi kalau santri mondok dari SMP sampai SMA punya 6 juz hafalan. Oleh sebab itu MBS Bogor cukup diminati.

Program Unggulan dan Prestasi

MBS Ki Bagus Hadikusumo Bogor memiliki 4 program unggulan yang menjadi ciri khasnya. Yakni bahasa asing, robotik, animasi hingga entrepreneurship. Tapi untuk kali ini kami akan membahas 2 program unggulan saja. 

Yang pertama adalah program penguasaan bahasa asing. Pembiasaan bahasa Arab dan Inggris, seperti pondok pesantren modern pada umumnya. Bahkan program ini dibimbing langsung oleh alumnus Al -Azhar Mesir. Syekh Usamah, Lc., MA, dan Syekh Alaa Saber Kandil, Lc., MA 

Kedua adalah program kelas robotic dan sains. Serius membimbing santri menjadi ahli robitik, MBS KBH bahkan mendatangkan Prof. Dr. Tono Saksono (Ohio State University) yang bisa mengajarkan santri cara merakit robot dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana dengan prestasi para santri? Ternyata para santri MBS KBH mempunyai prestasi yang cukup gemilang. 

Pada tahun 2018 misalnya, para santri berhasil menyabet 6 gelar juara sekaligus dalam perlombaan tapak suci yang diadakan oleh Pimda 27 Jakarta Selatan. 

Bahkan di tahun selanjutnya pada 2019, santri MBS kembali membawa pulang 6 medali emas, 6 medali perak, dan 1 perunggu dalam kejuaraan pencak silat paku bumi open ke-6 tingkat nasional, asia dan eropa. Wah, sungguh luar biasa ternyata. 

Review Kegiatan Harian Santri 

Untuk mereview pesantren MBS Bogor, kita bisa lihat kegiatan hariannya. Setiap hari santri bangun pagi sejak pukul 4 pagi, sholat subuh berjamaah, dan dilanjutkan dengan kegiatan tahfidz qur’an pertama. 

Kemudian setelah mandi, sarapan pagi, santri masuk sekolah dan belajar seperti biasa dari jam 7 sampai jam 1 siang. 

Setelahnya ada jeda waktu untuk istirahat tidur siang hingga masuk waktu sholat ashar. Dan di sore hari santri mempunyai kegiatan khusus. Yakni ekstrakurikuler. 

Sebelum dan sesudah maghrib santri kembali disibukkan dengan tahfidz qur’an kedua dan ketiga. Setelahnya santri makan malam, dan kegiatan ditutup dengan belajar mandiri. Santri bisa istirahat pada pukul 10 malam. Terlihat dari kegiatan ini aspek tahfidz cukup dominan. 

Fasilitas MBS Ki Bagus Hadikusumo Bogor

Untuk sarana dan prasarana yang ada di MBS KBH, bisa dibilang sudah cukup lengkap meskipun usia pondok baru 5 tahun. 

Di antaranya gedung yang sudah milik sendiri, laboratorium IPA, bahasa, dan komputer, perpustakaan, masjid, dan lapangan olahraga yang besar dan luas. Apalagi pohon – pohon di sana masih banyak, jadi menambah kesan asrinya. 

Dari segi keamanan, pihak MBS KBH bahkan menyediakan CCTV 24 jam, dan menyediakan wifi area juga. 

Kamar Santri 

Karena boarding school, tentu asrama santri pun dibangun dengan baik. Bangunan dua lantai menjadi asrama santri untuk beristirahat. 

Tiap – tiap kamar diisi beberapa ranjang santri dan lemari seukuran perut orang dewasa. Kasurnya juga cukup tebal, ada sekitar 5 cm. AC pun terpasang di dalam kamar. Jadi santri bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. 

Padahal lokasi MBS KBH juga berada di daerah bogor, jadi udara di sana sejuk, mungkin suhunya sekitar 22-27 derajat celcius. 

Pendaftaran Santri Baru PPDB

Prosedur pendaftarannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir registrasi yang bisa diakses melalui laman resmi MBS Boarding School. Kemudian santri bisa mentransfer biaya formulir sebesar Rp. 300.000 ribu rupiah. 

Pendaftaran santri baru dibuka mulai tanggal September 2020 – Maret 2021. Dengan jadwal seleksi biasanya dilakukan sekali tiap akhir bulan pendaftaran. 

Materi seleksinya sendiri terdiri dari tes Al-Quran, hafalan, pengetahuan dasar (matematika, IPA, IPS), pendidikan agama Islam, bahasa Arab dan Inggris. Dan per-sesinya hanya boleh 25 santri saja. 

Jika santri lulus tes baik tulisan maupun lisan, maka santri wajib mengikuti tes kesehatan dengan biaya tambahan sekitar Rp. 350.000 ribu rupiah. 

Biaya Masuk MBS Jampang Bogor

Adapun biaya masuk MBS Ki Bagus Hadikusumo sekitar 18.9 juta. Dengan rincian sebagai berikut :

  • Biaya perlengkapan santri (ranjang, kasur dan bantal, almari, seragam 5 stel, atribut sekolah) 4.5 juta
  • Uang wakaf pembangunan 12.5 juta
  • Buku pondok Rp. 800.000 ribu
  • Buku sekolah (SMA) 1 juta
  • Iuran kesehatan 1 tahun Rp. 150.000 ribu

Sedangkan SPP syahriah atau perbulannya (sudah termasuk makan 3x sehari) sekitar 1.5 juta untuk jenjang pendidikan SMP dan 1.7 juta untuk SMA. 

Nah, bagi yang lolos seleksi dan dinyatakan diterima, maka santri wajib membayar 50% biaya perlengkapan dan wakaf pembangunan tunai, dan sisanya bisa diangsur selama satu tahun pertama.

Biaya ini tergolong standard. Bisa dibandingkan dengan pesantren di Bogor di sini. Atau boarding school di Bogor di sini. Kami sudah sertakan dengan biaya sehingga Anda bisa membandingkan.

Alamat Lengkap MBS Ki Bagus Hadikusumo 

MBS Ki Hadikusumo beralamat lengkap di Jl. Raya Parung – Desa Jampang, Kec. Kemang – Bogor 16310. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sertakan.

Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi call center MBS Bogor Boarding School di nomor telepon (0251) 8617 602 atau +62 817 0151 699 (Ust. H. Endang Mintarja). Kunjungi juga website resmi di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *