pesantren terbaik di NTB

Pesantren Buntet Cirebon | Pendidikan dan Biaya

Posted by

Pesantren Buntet Cirebon sudah lama dikenal sebagai salah satu pesantren tertua di Indonesia, tepatnya di Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 

Pesantren ini menyediakan empat jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Kami akan mengulasnya mulai dari biaya hingga fasilitas yang dimiliki berdasarkan segala informasi yang beredar di internet. Kami akan merangkum agar menjadi informasi yang ringkas. 

Sejarah Pesantren Buntet Cirebon

Pendiri Pesantren Buntet Cirebon adalah Kiai Muqoyyim, putra Kiai Abdul Hadi yang merupakan keturunan bangsawan dari Kesultanan Cirebon. Kiai Muqoyyim lahir pada saat Kesultanan Cirebon terpecah menjadi beberapa bagian.

Kiai Muqoyyim dikenal ahli di berbagai bidang ilmu agama. Beliau pun menulis buku tentang tauhid, fikih, dan tasawuf, hingga akhirnya diangkat menjadi mufti di Keraton Kanoman. 

pesantren buntet cirebon

Namun, dengan adanya perbedaan sikap antara Kiai Muqoyyim dengan pihak keraton terhadap Belanda membuat Kiai Muqoyyim mengundurkan diri sebagai mufti di Keraton Kanoman. 

Beliau anti-penjajah. Setelah meninggalkan keraton, Kiai Muqoyyim pun mendirikan Pesantren Buntet sejauh 12 kilometer dari Keraton Kanoman. Inilah sejarah pesantren Buntet Cirebon secara ringkas. 

Kurikulum Pesantren

Dulu, Pesantren Buntet dikelola dengan sistem asrama berdasarkan abjad. Pada perkembangan selanjutnya, asrama-asrama tersebut berkembang menjadi pesantren-pesantren. Kajian materinya sama, tetapi sistem administrasinya berbeda atau terpisah alias sendiri-sendiri. 

Pesantren-pesantren tersebut dikelola keturunan Kiai Muqoyyim. Jumlahnya mencapai 50 pesantren dengan berbagai jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi.

Jenjang pendidikan terendah di Pesantren Buntet adalah Taman Kanak-Kanak. Selain madrasah setingkat SD hingga tingkat menengah, di Pesantren Buntet juga terdapat SMK Mekanika dan Akademi Perawat.

Kurikulum pendidikannya merupakan hasil perpaduan antara sistem pendidikan nonformal khas pesantren salaf dengan pendidikan formal, baik dari Kemendikbud maupun Kemenag. Selain itu, sistem pendidikannya selalu mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Review Pesantren Buntet Cirebon

Pesantren Buntet Cirebon bermula dari pengajian dasar-dasar Al-Quran yang disampaikan Kiai Muqayyim bagi masyarakat di Desa Dawuan Sela. Lokasinya terbilang strategis dan sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan jenis apapun, baik kendaraan bermotor maupun mobil.

Kiai dan para pembina Pesantren Buntet selalu berupaya meningkatkan dan memikirkan bentuk dan jenis pendidikan yang sesuai dengan kemauan dan perkembangan zaman. Karena itulah, di pesantren ini setiap jenjang pendidikan tersedia lengkap.

Di sini, setiap santri harus mengikuti jenjang pendidikan formal seperti SD, SMP, SMA, hingga universitas jika mampu. Selain itu, mereka pun diwajibkan mengikuti pendidikan nonformal atau materi-materi keislaman yang digelar di masing-masing asrama.

Atau bisa juga dengan mengikuti pendidikan khusus yang diadakan kiai-kiai yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Oleh sebab itu Pesantren Buntet Cirebon memiliki kelebihan mampu tumbuh dengan identitas kuat di perbedaan zaman. 

PanduanTerbaik.id

Fasilitas Ponpes Buntet

Fasilitas utama yang dimiliki Ponpes Buntet Cirebon terbilang lengkap, mulai dari masjid hingga asrama dan gedung sekolah. Akan tetapi, kenyamanan asrama atau tempat tinggal setiap santri bisa berbeda-beda, tergantung fasilitas yang dimiliki kiai pondoknya masing-masing. Mirip dengan model Darul Ulum Jombang.

Setiap jenjang pendidikan formal di Pesantren Buntet Cirebon sudah memiliki gedung sekolah masing-masing, baik madrasah, SMK, maupun Akademi Keperawatan. Semuanya terpisah satu sama lain.

Pesantren juga memiliki lapangan olahraga yang luas. Di sini juga terdapat lapangan basket dan lapangan voli. Adapun untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder santri, Pesantren Buntet pun sudah menyediakannya di Koperasi Pesantren.

Biaya Pesantren Buntet Cirebon

Untuk mengetahui dengan pasti biaya sekolah di Pesantren Buntet Cirebon, Anda perlu datang langsung ke lokasi. Pasalnya, pesantren ini terdiri dari banyak sekali pondok. Masing-masing pondok menerapkan standar biaya berbeda-beda, sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Namun, setidaknya kami bisa memberikan gambaran biaya yang perlu Anda persiapkan. Salah satu pondok yang berada di lingkungan Pesantren Buntet adalah Pondok Al-Islah. Biaya pendaftaran di pondok ini sekitar Rp500 ribu. Masih ada biaya lain, yaitu untuk kebutuhan listrik per tahun sekitar Rp400 ribu ditambah uang kas Rp300 ribu per tahun. 

Sedangkan uang makan per bulan sekitar Rp350 ribu dan uang dirasah sebesar Rp50 ribu per bulan. Ada juga uang cuci pakaian per bulan sebesar Rp150 ribu, ditambah sumbangan sukarela semampu Anda. sumber kursrupiah.net.

Biaya ini jika melihat di tahun 2021, atau 2022, mungkin sudah naik. Informasi lengkap bisa kunjungi langsung ke lokasi Ponpes Buntet Cirebon.

Rekomendasi Pesantren Cirebon

Demikianlah ulasan kami mengenai Pesantren Buntet Cirebon. Semoga serangkaian informasi ini bisa berguna untuk Anda yang ingin menyekolahkan putra-putri tercinta di pesantren ini.

Jika ingin pesantren lain di Cirebon bisa kunjungi ulasan beberapa pesantren terbaik di Cirebon versi kami di link ini. Atau Anda bisa memilih beberapa pesantren lain di Cirebon seperti, 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *