Ponpes Al Islam Cirebon | Pendidikan Modern, Biaya Lumayan

Posted by

Ponpes Al Islam Cirebon merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren di Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Meskipun belum lama berdiri, namun pertumbuhan santrinya sangat pesat, sekarang surah seribuan.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulasnya lebih jauh berdasarkan website resmi pondok pesantren Al Islam Cirebon. Harapan kami bisa menjadi rangkuman yang bermanfaat.

Di antara yang kami sajikan adalah profil pendidikan, kelebihan pesantren, serta pendaftaran dan biaya masuk Al Islam Cirebon.

Profil Pesantren Al Islam Cirebon

Ponpes Al Islam Cirebon merupakan pondok yang berdiri sejak 2014, tergolong baru jika dibandingkan dengan pesantren semacam Kempek dan Buntet di Cirebon. Pola pendidikannya lebih kepada pesantren modern, semacam Gontor di Jawa Timur.

ponpes AL Islam Cirebon

Oleh sebab itu yang dikedepankan dari pesantren ini adalah pendidikan terpadu dengan sekolah formal SMP dan SMA namun tetap menekankan pendidikan pesantren pola tarbiyah Islamiyah sistematis. Pendidikannya disatukan dalam kelas dengan kurikulum nasional dan muatan lokal khas pesantren.

Karakteristik Menarik Al Islam Cirebon

Ada beberapa karakteristik menarik dari pesantren Al Islam Cirebon yang mungkin bisa menjadi tanda identitas dari pendidikan yang ada di dalamnya. Pertama adalah cara berpakaian yang modern, menggunakan kemeja dan celana rapi. Pecinya hitam. Khas pesantren modern di Indonesia.

Kedua, pertumbuhan santrinya sangat signifikan dari tahun ke tahun baik putra maupun putri. Di tahun awal hanya 175 santri, kemudian naik lebih dari dua kali lipat di tahun 2015 berjumlah 419 santri. Kemudian naik lagi 624, hingga saat tulisan ini dibuat 2021 di website sudah tertera jumlahnya 1.041.

Pertumbuhan yang cukup signifikan ini menjadi tanda daya tarik pendidikan yang ada di dalamnya. Terutama perpaduan antara formal dan diniyyah yang dinamis dalam sebuah kurikulum terpadu.

Ketiga, karena berbasis pesantren modern, maka pendidikan bahasa arab dan inggris menjadi aspek penting keseharian santri. Pesantren modern Al Islam menjadikan santri mampu berkomunikasi aktif dan pasif dengan dua bahasa internasional tersebut.

Keempat, tahfidz Quran. Tidak semua pesantren modern memiliki program tahfidz Quran yang intensif. Karena biasanya lebih menekankan kepada pendidikan formal dan diniyyah saja. Biasanya hanya sebatas satu juz saja. Namun tidak demikian dengan Ponpes Al Islam Cirebon.

Di pesantren ini tahfidz Quran menjadi salah satu kegiatan rutin baik di putra atau di putri. Hal ini cukup bagus, karena menjadikan santri memiliki bekal hafalan Quran untuk kehidupan yang akan datang di masyarakat.

Oleh sebab itu dengan kata lain Ponpes Al Islam Cirebon Kecamatan Beber merupakan kombinasi antara pendidikan formal, diniyyah keislaman, bahasa, dan satu lagi adalah tahfidz Quran. Kombinasi ini yang menjadikan pesantren menjadi salah satu yang terbaik di Cirebon.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Pesantren

Menurut kami ada beberapa keunggulan utama dari pesantren Al Islam Cirebon yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Yang utama menurut kami adalah tempatnya yang dididesain dengan cukup bagus. Tata ruang bagus untuk ukurang pesantren.

Sebenarnya cuacanya di daerah itu sekitar 27-30 derajat, namun karena tata ruangnya, pesantren ini terlihat sejuk. Ada gazebo yang bersih, dinaungi dengan rindangnya pepohonan. Bahkan latar belakangnya pegunungan. Cukup indah.

Apalagi ada lapangan futsal dengan rumput sintetis. Ini juga menjadi daya tarik yang menjadikan ponpes Al Islam Cirebon disukai santri. Mereka bisa bermain, sekaligus aktualisasi diri akan minat bakat yang dimilikinya. Keunggulan Pesantren Al Islam Cirebon dari sisi tempat bisa dilihat lengkap di sisipan video kami.

Pendaftaran Pesantren Al Islam 2021

Bagi Anda yang ingin mendaftar di pesantren Al Islam, perlu diperhatikan beberapa syarat penting. Seperti usia maksimal untuk mendaftar 14 tahun. Selanjutnya ada gelombang pendaftaran yang terbagi dua.

Gelombang pertama dari Januari sampai dengan Februari. Gelombang kedua dari Februari hingga April. Setelahnya ada tes seleksi untuk siswa yang akan masuk pesantren. Kelulusan diumumkan pada bulan Mei 2021.

Untuk biaya pendaftaran sebesar Rp200.000. PPDB Al Islam Cirebon masih cukup terjangkau. Bisa dibandingkan dengan pesantren di Cirebon lainnya di link berikut ini. Sudah kami sajikan beberapa pesantren terbaik di Cirebon.

Biaya Al Islam Cirebon 2021

Adapun untuk biaya Al Islam Cirebon 2021 kami sajikan menggunakan tabel. Bagi Anda yang melihatnya di tahun 2022, atau di tahun 2023, pastinya ada perubahan, namun paling tidak publikasi kami menjadi patokan.

Santri BaruRp14.800.000
Santri LanjutanRp3.800.000

Sedangkan untuk SPP Bulanan Ponpes Al Islam Cirebon sebesar Rp1.300.000. Menurut kami angka ini masih menarik. Jika ingin melihat pesantren lain dengan biayanya, ada beberapa pesantren ternama, kami sudah ulas.

Alamat Lengkap Pesantren Al Islam

Alamat lengkap pesantren Al Islam berada di alamat Desa Kondangsari Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Atau jika ingin menghubungi atau berkomunikasi bisa melalui 0822-1997-1313. Akan ada yang melayani.

Untuk informasi lebih valid bisa kunjungi website resminya di https://ppmalislam.sch.id/. Tersedia update biaya ppdb dan syarat pendaftaran lebih lengkap.

Jika ada lembaga pendidikan lain yang ingin direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan membantu agar informasinya mudah dijangkau masyarakat umum.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *