Insan Cendekia Sukoharjo | Program Istimewa Biaya Lumayan

Posted by

Insan Cendekia Sukoharjo atau yang terkenal dengan singkatan Insan Cendekia Boarding School ICBS, merupakan salah satu sekolah dengan unit pendidikan SMP dan SMA terbaik di kota Sukoharjo. 

Oleh karena itu kami ingin mengulas Insan Cendekia Sukoharjo dengan merangkum berbagai informasi yang ada pada website resmi juga brosur sekolah. Diantara yang kami bahas adalah biaya masuk SMP Insan Cendekia Sukoharjo dan biaya masuk SMA Insan Cendekia Sukoharjo.  

Profil Insan Cendekia Sukoharjo

Insan Cendekia Boarding School dengan dua unit pendidikannya SMP dan SMA ini berada di bawah naungan Lembaga Pengembang Sekolah Islam aunggul (LAPSIG) dan Ikatan Cendekia Muslim (ICMI) Pusat. 

Konsep yang diusung adalah sekolah islam dengan sistem seperti pondok pesantren berasrama (boarding school) untuk putra dan putri dengan lokasi asrama juga kelas yang pisah. 

insan cendekia sukoharjo

Misinya adalah melahirkan generasi muda islam yang bertaqwa, cerdas, berkarakter dan berwawasan lingkungan. Ini konsep boarding school yang menggabungkan antara pendidikan asrama dan sekolah islam unggulan.

Kurikulum dan Akreditasi

Nah, karena itu kurikulum KTSP yang digunakan sekolah disempurnakan dengan program tahfidz qur’an dan bimbingan konseling. Artinya kurikulum yang dijalankan adalah kurikulum nasional, serta pesantren dengan fokus tahfidz Quran.

Yang istimewa sekolah ini sudah terakreditasi A, artinya SMP dan SMA Insan Cendekia Sukoharjo unggul dalam bidang pendidikan. Tidak semua Islamic boarding school memiliki akreditasi A.  

Keunggulan Insan Cendekia Boarding School

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Insan Cendekia Boarding School unggul di bidang pendidikan. Di sekolah ini ada 5 kegiatan penunjang pendidikan siswa sehingga bisa mendapatkan kualitas mutu pendidikan yang baik. 

Klinik mata pelajaran, yaitu program yang bisa digunakan seluruh siswa untuk remedial. Bagi siswa yang tidak mengerti pelajaran dalam mata pelajaran, bisa meminta guru untuk mengulang kembali yang tidak dimengerti tersebut. 

Evaluasi, yaitu sistem evaluasi yang digunakan standar sekolah unggulan Insan Cendekia yang berada dalam bimbingan LAPSIG.

Pembinaan lomba yaitu kegiatan pengayaan minat juga potensi yang dimiliki siswa dan terpacu untuk mengikuti lomba. Hasilnya pun positif, banyak siswa berprestasi yang berani.

Intensif khusus, yaitu program khusus siswa-siswi yang belum mencapai target nilai evaluasi makan akan dibuatkan kelompok khusus yang terjadwal dan akan belajar intensif untuk penguatan materi. 

Menurut kami, kegiatan seperti ini bagus sekali karena siswa tetap mendapatkan bimbingan dari materi yang tidak dimengerti, hal biasanya diabaikan oleh guru dan sekolah. 

Bimbingan dan konseling program. Siswa bisa berkonsultasi dengan mentor terkait hal apapun, mulai dari kesulitan pribadi, sosial, belajar, hingga karirnya di masa depan. 

Kegiatan penunjang pendidikan yang ada di Insan Cendekia Sukoharjo ini memang luar biasa, segala detail akademik siswa diperhatikan dengan baik, wajar saja sekolah ini terakreditasi A. Masya Allah. 

PanduanTerbaik.id

Fasilitas Asrama Siswa 

Untuk asrama, Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo tidak perlu diragukan lagi. Tiap kamar hanya diisi 6 siswa saja, jadi tidak banyak. Selain itu tersedia ranjang susun plus kasur setebal 5 cm, lemari pakaian, dan meja belajar beserta kursinya. 

Sudah pasti siswa bisa belajar dan tidur dengan nyaman di kamarnya, apalagi kamarnya dilengkapi AC. Fasilitas pendukung seperti gudang, ruang belajar mandiri, lobi, hingga kamar mandi bersih juga bisa dinikmati siswa bersama teman-temannya. 

Dan laundry juga termasuk fasilitas tambahan lainnya. Setiap hari siswa bisa menitipkan pakaiannya maksimal 2 stel (plus 2 kerudung khusus putri). 

Pendaftaran Insan Cendekia 2021

Pendaftaran peserta didik baru Insan Cendekia Boarding School dibuka mulai bulan Oktober 2020 dan ditutup jika kuota sudah terpenuhi (100 siswa SMP dan 100 siswa SMA). 

Jadi pastikan terlebih dahulu dengan mengkonfirmasi ke Insan Cendekia Boarding School. Kami bantu dengan menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi. 

Terdapat dua opsi pilihan untuk melakukan registrasi. Online, dengan mengisi formulir yang ada pada website. Atau offline, mendownload formulir registrasi pada website, kemudian formulir registrasi berserta dokumen pelengkap lainnya dikirimkan via pos ke alamat sekolah. 

Selain itu, pihak Insan Cendekia Boarding School juga melayani proses pendaftaran secara langsung. Bapak/Ibu bisa datang ke lokasi sekretariat sekolah. 

Jangan lupa membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 350.000 ribu rupiah dan ditransfer ke Bank Syariah Mandiri di nomor 4141 5151 58 a/n SMP Insan Cendekia SKH dan konfirmasi ke +62 877 3603 7447 (Rahmat Afriyanto, S. Pd) 

Adapun tes seleksi dilakukan secara one day service dan materi yang diujikan bisa dilihat pada website. 

Biaya SMP dan SMA Insan Cendekia

Sedangkan biaya masuk yang perlu dipersiapkan orang tua untuk mendaftarkan buah hatinya di Insan Cendekia Boarding School sekitar 15.5 juta untuk SMP dan 19.5 juta untuk SMA. Dengan rincian sebagai berikut :

  • Dana sumbangan pendidikan sekitar 8.6 juta (SMP) dan 12.6 juta (SMA) 
  • Biaya buku dan kegiatan selama 1 tahun sekitar 3.4 juta
  • Uang seragam sekitar 1 juta, dan
  • SPP syahriah atau perbulannya sekitar 2.5 juta

Dari biaya tersebut tergolong sedikit lebih mahal dibandingkan boarding school lainnya. Tetapi sesuai dengan fasilitas asrama yang diberikan. Jika ingin yang lebih murah bisa memilih beberapa pesantren Solo di link ini.

Alamat Lengkap Pesantren Insan Cendekia

Untuk informasi selanjutnya, Anda bisa datang langsung ke Insan Cendekia Boarding School yang beralamat lengkap di Jl. Ovensari Raya Kadilangu,  Baki, Dusun 1, Kadilangu, Sukoharjo 57556.

Hubungi call center Insan Cendekia Boarding School di nomor (0271) 6727 302 atau email ke smpic.almujtaba@yahoo.com. Klik website resmi di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *