pesantren terbaik di cirebon

Sisi Unik Pondok Pesantren Kempek Cirebon | Biaya Pendaftaran

Posted by

Pondok Pesantren Kempek Cirebon | Jika Anda belum familiar dengan nama pesantren Kempek, di artikel ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa sisi unik yang menarik untuk disimak. 

Pesantren yang satu ini memang salah satu pesantren terbaik di Cirebon, bahkan di Jawa Tengah. Namanya harum karena memang cukup legendaris dan menjadi rujukan untuk pendidikan pesantren di wilayah Jawa Barat. 

Profil Ponpes Kempek

Pondok Pesantren (Ponpes) Kempek adalah sebuah pesantren yang terletak di Desa Kempek, Cirebon, Jawa Barat. Pesantren ini berdiri pada tahun 1908 dengan pendirinya adalah seorang ulama besar, yakni Mbah Kyai Harun, salah satu putra dari Mbah Kyai Abdul Jalil. 

pondok pesantren kempek

Pesantren ini punya identitas pendidikan salafiyah tulen. Seperti layaknya pesantren Sidogiri di Pasuruan. Namun seiring berkembangnya waktu, aspek formal juga tersedia lengkap. Oleh sebab itu pesantren ini sering disebut sebagai pusat pendidikan salafiyah namun berpendidikan formal. Masyarakat banyak tertarik. 

Sejarah Berdirinya Pesantren

Setelah berhasil didirikan oleh Mbak KH. Harun pada tahun 1908, pondok pesantren ini kemudian diteruskan oleh putra dan menantunya. Di awal berdiri, pondok pesantren ini mengajarkan kitab kuning dan ilmu shorof. 

Selain itu, diperkenalkan juga al-Qur’an ala Kempekan. Setelah itu, pada tahun 1960, didirikan Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien (MTM) yang masih bagian dari sistem Pesantren Kempek.

Sepeninggal KH. Aqiel Siroj yang mendirikan MTM, kepemimpinan dilanjutkan oleh Buya H. Ja’far Shodiq Aqiel Siroq, yang kemudian mendirikan Yayasan KHAS (Kiai Haji Aqiel Siroj) pada tahun 1995. 

Tak hanya itu, disediakan pula Kejar Paket B pada tahun 1994, MTs Terbuka di tahun 1996, sekolah reguler (MTs, MA, dan SMP), dan Ma’had Al-Ghazier di tahun 2009. Cukup lengkap. 

Karakteristik Pendidikan di Pondok Salafiyah Kempek

Fakta terbaik Pesantren Kempek yang selanjutnya adalah sistem pendidikan yang diterapkan, yaitu berbasis pada nilai-nilai salaf sebagai manhaj. Terutama dalam rujukan kitab kuning yang dipilih sebagai dasar pemahaman keislaman secara mendalam. 

Pondok pesantren ini melakukan integrasi antara pendidikan umum yang berbasis pada penguasaan teknologi, bahasa, dan humaniora, dengan pendidikan agama, termasuk pendalaman tentang kepercayaan, fiqih atau muamalah, dan tasawuf

Perpaduan kurikulum tersebut juga menjadi standard pendidikan baru yang dianggap pas, tepat, aplikatif, dan sesuai tuntutan zaman saat ini.

Sehingga Pondok Kempek adalah lembaga yang berperan signifikan dalam membentuk para santrinya menjadi insan yang berwawasan ilmiah dengan pendidikan formalnya dan berakhlakul karimah dengan pendidikan adab khas kyai pesantren.. 

Inilah alasan yang membuat lembaga pendidikan ini diterima di tengah-tengah masyarakat dan tetap eksis hingga sekarang.

Kegiatan di Pondok Pesantren Kempek

Sebagai lembaga pendidikan berbasis salafiyah atau tradisional, Pondok Pesantren Kempek berfokus pada materi pelajaran keagamaan dengan kajian kitab-kitab kuning seperti Al-Quran (pola khusus) yang bisa diselesaikan antara 4-6 tahun.

Kajian kitab-kitab klasik karangan Ulam Salaf dengan sistem Bandongan, Sorogan, Musawarah, dan Klasikal. Ini juga adalah salah satu fakta terbaik pesantren Kempek.

Meskipun menerapkan basis pendidikan salafiyah, Pesantren Khas Kempek menerapkan manajemen-manajemen modern, termasuk dalam menyediakan wadah bagi para pembelajarnya untuk berkreasi. Hal ini dapat dilihat dari website resminya yang menyediakan kolom khusus untuk kreasi santri berupa esai, opini, puisi, cerpen, bahkan humor.

Sisi Istimewa dari Pondok Pesantren Kempek

Ada satu lagi fakta terbaik pesantren Kempek yang menarik untuk diketahui, yakni tradisi yang dimiliki. Setiap tahun, pondok pesantren ini memperingati wafatnya salah satu pendiri MTM Kempek, atau yang disebut Haul Kyai ‘Aqiel.

Pada acara tahunan ini, diadakan tahlilan dan resepsi lain, seperti hataman kitab Alfiyah ibnu Malik, hataman Al-Qur’an, mauidzhoh hasanah, dan lain-lain.

Perhelatan yang biasanya akan dihadiri oleh ribuan tamu masyarakat ini, bahkan juga akan dihadiri oleh ketua PBNU. Pelaksana dan penanggungjawabnya pun dipegang oleh para santri Kempek sendiri. 

Haul Kyai ‘Aqiel ini juga menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar Desa Kempek, sebab selain mendatangkan rezeki dari transaksi pakaian, makanan, minuman, dan pameran lain, masyarakat juga mengharapkan karomah dari Kyai ‘Aqiel.

Pembelajaran Al Quran di Pesantren Kempek

Sisi menarik dari Pondok Pesantren Kempek yang sesungguhnya adalah pada aspek pembelajaran Al Quran. Di pesantren ini sangat ketat. Gayanya juga sangat khas. Maka banyak yang kangen.

Panduanterbaik.id

Meskipun sudah bisa membaca Al Quran di Pondok Pesantren Kempek harus lulus Al Fatihah yang bisa mencapai 2 bulan untuk dianggap lulus. Baru kemudian ngaji juz Amma. Inipun cukup lama. Lebih dari lima bulan. 

Barulah kemudian mengaji Al Quran. Untuk mengkhatamkan bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun. Cukup ketat sekali. Di sinilah akan tercipta santri benar-benar mencintai Al Quran. Inilah mengapa Pondok Pesantren Kempek menjadi salah satu yang terbaik di Cirebon, Jawa Barat. 

Suasana dan Fasilitas Ponpes Kempek

Suasananya asri dekat dengan perkampungan Kempek. Dengan ini, diharapkan para santri menjadi orang-orang yang sederhana, membumi, dan dekat dengan masyarakat agar nantinya bisa membagikan manfaat.

Sedangkan dalam aspek fasilitas, menurut kami biasa saja. Bahkan bisa dikatakan sederhana. Sehingga mengajarkan kepada santri untuk terbiasa hidup dengan kesederhanaan. 

Alamat Lengkap Pesantren Khas Kempek

Ponpes Khas Kempek beralamat di Jl. Tunggal Pegagan, Desa Pegagam Blok Kempek, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. 

Untuk berita dan galeri yang lebih lengkap, Anda juga bisa mengunjungi website resmi dari Pondok Pesantren Kempek, yaitu www.khaskempek.com.

Biaya Masuk dan Pendaftaran Pondok Pesantren Kempek

Biaya masuk pendaftaran Pesantren Kempek relatif terjangkau bagi putra-putri yang ingin menimba ilmu di pesantren ini. Pesantren putra akan dikenakan biaya pendaftaran Rp1.500.00 dan Rp110.000 untuk bulanannya. 

Sedangkan Pesantren putri, biaya pendaftarannya sebesar Rp1.790.000 (sudah termasuk 2 stel seragam, kerudung, dan syahriyah 1 bulan) dan juga Rp380.000 untuk bulanannya.

Nah, demikian tadi adalah sisi unik pesantren khas kempek yang menarik untuk disimak. Jika Anda ingin memasukkan putra atau putri Anda ke Pondok Pesantren Kempek yang terletak di Cirebon ini, mungkin beberapa fakta di atas dapat menjadi pertimbangan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *