Sabilul Quran Cirebon | Tahfidz 30 Juz dan Biaya Masuk

Posted by

Sabilul Quran Cirebon merupakan pesantren tahfidz Quran di Cirebon yang mulai dikenal luas karena keunggulannya. Apalagi terletak di kota Cirebon yang memang banyak pesantren terbaik di dalamnya seperti Pesantren Kempek.

Oleh sebab itu pada tulisan kali ini kami akan mengulas Sabilul Quran Cirebon, dari TK, SD Tahfidz Quran, hingga pesantren tahfidz Quran berdasarkan website dan brosur resmi dari lembaga tersebut. Kami ringkas agar menjadi informasi bermanfaat bagi calon siswa.

Profil Sabilul Quran Cirebon

Sabilul Quran adalah lembaga yang fokus pada pendidikan formal berbasis tahfidz Quran. Yayasan wakaf ini berdiri sejak 2015, tergolong baru, apalagi pesantrennya yang berdiri sejak 2016, dan Taman Tahfidz di tahun yang sama.

Sedangkan SDIT Tahfidz berdiri sejak 2018. Tapi sekolah dasar Sabilul Quran bukan berbasis pesantren hanya full day school. Meskipun baru berdiri, tapi namanya sudah menyela di antara pesantren-pesantren mapan di Cirebon.

Taman Tahfidz Sabilul Quran

Ada satu jenjang yang unik, yaitu namanya Taman Tahfidz, ini sebenarnya setara jenjang TK. Tapi hal ini bukanlah TK biasa, karena sejak TK siswa sudah memiliki target hafalan sebanyak 1 juz.

Ini cukup berat, kalau di Semarang ada Nurussunnah yang mirip.

Sabilul Quran Cirebon

SD Full Day Sabilul Quran

Sedangkan untuk sekolah dasar memiliki syarat utama minimal berusia 6 tahun pada tanggal 1 Juli. Kurikulum yang digunakan adalah standard kemendikbud. Tapi yang istimewa adalah target siswa selama enam tahun.

Di antaranya adalah mampu membaca Al Quran dengan baik. Tidak hanya itu, tapi setiap siswa memiliki target hafalan Al Quran enam juz. Untuk ukuran SD ini cukup banyak lho.

Bahkan jika masuk program unggulan, maka hafalan yang diterapkan adalah 10 juz. Padahal ini bukan pesantren anak, tapi sekolah full day. Oleh sebab itu menurut kami SD Sabilul Quran luar biasa karena umumnya untuk SD hanya berkisar 2-3 juz saja.

Biaya SD Sabilul Quran Cirebon

Adapun biaya PPDB SD Sabilul Quran Cirebon kami cantumkan di tabel agar lebih sederhana.

PendaftaranRp300.000
Uang PangkalRp7.950.000
Biaya perbulanRp550.000
JumlahRp8.800.000

Menurut kami biaya ini cukup lumayan untuk wilayah Cirebon. Jika ingin lihat SD Islam terbaik lainnya di Cirebon bisa buka link ini. Kami sudah sajikan beberapa review SD Islam disertai dengan biaya masuk.

Pesantren Salibul Quran

Satu lagi jenjang pendidikan yang dimiliki adalah Pesantren Sabilul Quran. Karena fokusnya di tahfidz Quran, orang sering menyebutnya dengan Pesantren Tahfidz Sabilul Quran Cirebon.

Pesantren ini memiliki identitas sebagai pesantren Sunnah. Karena dalam visinya tertulis bermanhaj salaf. Di Cirebon tidak banyak pesantren demikian.

Program pendidikannya khusus putra, putri belum tersedia. Jenjangnya adalah enam tahun selepas SD dengan ditambah satu tahun pengabdian. Jika lulusan SMP atau MTs, maka durasi pembelajarannya tiga tahun dengan satu tahun pengabdian.

Kelebihan Pesantren

Kelebihan utama dari pesantren Sabilul Quran Cirebon adalah kompetensi tahfidz Qurannya yang berjumlah 30 juz. Seringnya pesantren-pesantren hanya hafal 10 juz, tapi pesantren di Kesambi Cirebon ini komitmen 30 juz.

Kelebihan kedua adalah kemampuan komunikasi bahasa yang aktif menggunakan arab dan inggris. Dua bahasa ini merupakan bahasa internasional yang dikenal cukup luas. Seperti layaknya pesantren modern Gontor yang mewajibkan dua bahasa ini.

Yang selanjutnya adalah adanya pendidikan wirausaha. Di pesantren hal ini memang cukup memungkinkan. Apalagi Pesantren Sabilul Quran memiliki banyak unit usaha seperti kantin, aqiqah dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu pesantren Sabilul Quran Cirebon menjadi salah satu pesantren favorit di Kosambi Cirebon dengan beragam kelebihan yang dimilikinya.

Panduanterbaik.id

Pendaftaran Ponpes Tahfidz Quran

Untuk pendaftaran ponpes tahfidz Sabilul Quran di awal membutuhkan biaya Rp300.000, tapi kalau dari dhuafa hanya Rp150.000. Nah di pesantren ini ada beasiswa khusus untuk santri dhuafa, tapi detilnya ditanya ke pihak pesantren saja.

Yang paling penting adalah calon siswa lulus tes masuk. Ada beberapa tes yang harus dilewati, di antaranya adalah baca tulis Al Quran. Ada satu syarat yang menarik, yaitu bersedia tanda tangan surat pernyataan menyelesaikan masa studi dengan disertai masa pengabdian.

Biaya Masuk Sabilul Quran Cirebon

Biaya masuk Sabilul Quran Cirebon kami sajikan melalui tabel agar lebih mudah dibaca, mulai dari biaya pendaftaran, ppdb, hingga biaya lainnya yang tercantum dalam brosur.

PendaftaranRp300.000
Daftar UlangRp9.900.000
SPP BulananRp900.000
TotalRp11.100.000

Yang kami tulis adalah biaya masuk tahun 2021 2022, kalau melihat postingan ini lebih dari tahun itu, maka kemungkinan sudah naik.

Jika ingin melihat opsi lain pesantren di Cirebon, bisa kunjungi link kami 5 Pesantren Terbaik di Cirebon, kami sertakan biayanya, ada yang lebih murah ada yang lebih mahal. Lengkapnya di sini.

Alamat Lengkap Pesantren

Alamat lengkap pesantren berada di Jl. Sekar Kemuning No. 5, RT/RW 01/13, Kel. Kec. Kesambi, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon. Kalau untuk komunikasi bisa bertanya-tanya melalui 0821-1577-6769.

Untuk info lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resmi di https://www.sabilulquran.com. Jika ada kekeliruan informasi bisa cantumkan di kolom komentar agar kami perbaiki.

Kalau ada lembaga pendidikan yang ingin direview, cukup kirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *