Ponpes Nurussalam Sawangan Depok | Kelebihan dan Biaya Masuk

Posted by

Ponpes Nurussalam Sawangan Depok atau yang lebih dikenal dengan Pondok Pesantren Modern Nurussalam merupakan salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Depok.

Hingga kini sudah memiliki lebih yang cukup banyak, baik putra ataupun putri (dengan tempat yang terpisah). Sehingga di Depok pesantren ini memiliki nama yang cukup harum.

Seperti apa Pondok Pesantren Modern Nurussalam ini? Inilah rangkuman dari website resmi pondok pesantren Nurussalam dari kami khusus untuk Anda. Kami sajikan dari profil hingga biaya masuk pesantren.  

Profil Ponpes Nurussalam Sawangan Depok

Pondok Pesantren Modern Nurussalam berdiri pada tanggal 27 Rabiul Awwal 1436 H yang bertepatan pada tanggal 18 Januari 2015. Tergolong pesantren baru.

ponpes nurussalam sawangan depok

Pondok pesantren yang berlokasi di Sawangan Depok ini didirikan oleh seorang pengusaha properti dan pertahanan, yakni Buya H. Effendi Muhajir. 

Berangkat dari kisah keikhlasan, perjuangan, dedikasi dan kerja keras, maka dirintislah sebuah lembaga pendidikan islam modern untuk Indonesia ini.

Secara garis besar, Ponpes Modern Nurussalam ini ala-ala gontori. Pondok Modern Darussalam Gontor yang ada di Jawa Timur. Kurikulum pendidikannya, kegiatan-kegiatannya dan juga organisasi pelajar pondok nurussalam (OPPN) mirip Gontor.

Identitas Pendidikan dan Kurikulum Pesantren

Bernuansa pondok modern Gontor, tentunya kurikulum yang digunakan pondok modern nurussalam sama dengan pondok modern Gontor.

Yakni kurikulum KMI (kulliyatul mu’alimin al-islamiyah). Kurikulum yang memang dipersiapkan untuk mendidik para santri menjadi guru agama islam. Kalau di Bogor ada Pesantren Darussalam yang menggunakan model ini. 

Selain itu, sesuai dengan nama pondok pesantren yang “modern” para santri Pondok Pesantren Modern Nurussalam juga diwajibkan aktif berbahasa inggris dan arab. Dan tidak ditentukan pada waktu-waktu khusus, melainkan 24 jam wajib berbahasa asing.

Menjunjung tinggi sisi modern pada pondok pesantren, ternyata Pondok Pesantren Modern Nurussalam juga memasukkan sisi salafiyah, seperti pembacaan ratib al-haddad ataupun maulid. 

Memang tidak terlalu seintensif modern, mungkin hanya sekitar 30 persen, tapi menurut kami perpaduan ini sesuai dengan kurikulum KMI Nurussalam sendiri, yaitu menjadikan “semua yang kamu lihat, yang kamu lakukan, dan yang kamu dengar adalah untuk pendidikan”.

Pola Pembinaan di Pesantren Nurussalam

Menurut kami, ada yang istimewa dari pola pembinaan Pondok Pesantren Modern Nurussalam ini. Yakni terdapat dua pola dalam proses pendidikan selama di pondok.

Yang pertama adalah pembinaan di jam formal (ketika proses kegiatan belajar mengajar) dari jam 7 pagi – 3 sore. 

Pada pola pertama ini, pembinaan santri selama di kelas seluruhnya ditangani langsung oleh kepala SMP, SMA, bagian kurikulum pondok, bagian pengasuhan, guru BK dan juga seluruh pengajar.

Sedangkan pola kedua yakni pembinaan santri di luar jam formal (setelah selesai kelas pagi). Mulai dari jam 3 sore hingga esok hari sebelum masuk kelas.

Nah di pola kedua ini para santri berada di bawah binaan bagian pengasuhan dan guru mukim yang tinggal di pondok juga dibantu pengurus organisasi santri putra/putri (OPPN). 

Pembinaan santri pada pola dibagi menjadi beberapa kategori. Di antaranya pembinaan dalam shalat berjamaah, disiplin bahasa, disiplin keluar kampus, dan lain sebagainya. 

Dengan adanya pola pembinaan ini, diharapkan para santri memiliki sikap disiplin yang tinggi dan juga dapat bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Oleh sebab itu Ponpes Nurussalam Sawangan Depok menjadi salah satu pesantren favorit.

PanduanTerbaik.id

Pendaftaran Pesantren Nurussalam 

Adapun pendaftaran calon santri baru di Pondok Pesantren Modern Nurussalam ini dapat dilakukan melalui website Pondok Pesantren Modern Nurussalam.

Pendaftaran Pondok Pesantren Modern Nurussalam dibagi menjadi 3 gelombang.

  • Gelombang pertama : 24 November 2020 – 28 Januari 2021
  • Gelombang kedua : 1 Februari 2021 – 31 Maret 2021
  • Gelombang ketiga : 5 April 2021 – 5 Juni 2021

Dan bagi calon santri baru diadakan seleksi masuk. 

Berdasarkan informasi yang kami himpun dari website resmi pondok, biaya pendaftaran calon santri baru sekitar Rp. 350.000 ribu (SMP) dan Rp. 400.000 ribu (SMA)

Biaya Masuk Ponpes Nurussalam Depok

Sedangkan biaya masuk ponpes Nurussalam Depok dengan jenjang pendidikan SMP sekitar 14 juta dan untuk SMA sekitar 16 juta. 

*(Semua sudah termasuk biaya sarana prasarana, lemari dan kasur, buku paket, seragam, biaya kegiatan tahunan, biaya kesehatan, psikotes, juga SPP)

Uang SPP atau syahriah Pondok Pesantren Modern Nurussalam sendiri sekitar 1.5 juta (SMP) dan sekitar 1.7 juta (SMA)

Pondok Pesantren Modern Nurussalam menyediakan jalur prestasi bagi calon santri baru yang berprestasi (juara 1-3) di SD asal, dengan bebas biaya sarana prasarana sebesar 6.5 juta.

Selain jalur prestasi, Pondok Pesantren Modern Nurussalam juga menyediakan program beasiswa bagi yatim piatu dan kaum dhuafa. Khusus program beasiswa ini pendaftaran dibuka mulai dari 24 November 2020 – 14 Maret 2021. 

Kalau ingin alternatif pesantren lain di Depok bisa baca 9 pesantren terbaik di Depok. Atau kalau ingin alternatif di Bogor bisa membaca 7 Pesantren terbaik di Bogor.

Alamat Lengkap Nurussalam Boarding School

Pondok Pesantren Modern Nurussalam Boarding School beralamat di Jalan Madrasah No. 86 RT 1 RW 5 Kp. Panggulan Kel. Pengasinan, Kec. Sawangan Kota Depok Jawa Barat 16518

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi call centre di nomor 0251-8619276. Atau informasi lebih lengkap ke website resmi Pondok Pesantren Modern Nurussalam di sini https://nurussalam.com/.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *