3 Fakta Pesantren Jabal Nur Kandis | Biaya Masuk Pendaftaran

Posted by

Pesantren Jabal Nur Kandis | Di Riau, pesantren ini dikenal sebagai salah satu pesantren terbaik di Riau. Namanya menyita perhatian karena perkembangannya tergolong sangat pesat. Panduanterbaik.id pada akhirnya penasaran dan ingin mengulasnya lebih dalam.

Memang secara nama Jabal Nur sangat banyak digunakan oleh pesantren di Indonesia. Namun kami akan mengulas yang di Riau. Kami menghimpun dari beragam sumber, video, dan referensi lainnya sehingga memberikan informasi lengkap pesantren Jabal Nur Kandis. 

Profil Pesantren Jabal Nur Kandis

Pesantren ini berdiri pada tahun 2001. Didirikan oleh seniman Kaligrafi Al Quran bernama Muchsin S.K. Kemudian menerima santri perdana pada Juni 2004, waktu itu berjumlah 36. Selang delapan belas tahun sudah mencapai 900-an santri. Untuk putra dan putri.

pesantren jabal nur kandis

Pesantren ini memiliki identitas kuat dalam tiga hal. Pertama adalah sisi Al Quran. Kedua dari sisi kehidupan pesantren yang modern. Ketiga adalah prestasi yang bisa dibanggakan. Kami akan menjelaskan satu persatu. 

Kurikulum Ponpes Jabal Nur Siak

Menurut kami ada yang berbeda dari pesantren Jabal Nur Kandis dibanding pesantren lainnya di Riau. Yang pertama, pesantren ini memiliki tingkat formal Tsanawiyah dan Aliyah. Tentu hal ini menjadi unsur wajib.

Namun yang menjadi istimewa adalah komposisi diniyah, pelajaran agama di luar kelas. Ada prosentase yang jelas. Pertama ulumul Quran 60%, sedangkan khotil Quran 10%, hifdzil Quran 10% dan kitab kuning 20%. 

Dari sini terlihat begitu dominan unsur Al Quran di pesantren, namun bukan semata-mata tahfidz Quran. Ini yang di pesantren lain jarang ditemukan. Rata-rata saat ini hanya tahfidz, tapi secara pemahaman kurang. 

Oleh sebab itu kombinasi antara formal dan diniyah dengan pola demikian membuat pesantren Jabal Nur Kandis menyebutnya dengan pesantren salafiyah dan haditsah, yaitu bersistem modern namun pembelajaran kitab kuning juga Al Quran tetap menjadi andalan. 

Sistem Asrama Pesantren Jabal Nur

Sistem asrama pesantren Jabal Nur Kadis mengikuti standard modern. Kalau dilihat dari keseharian dan kegiatannya mengikuti model pesantren Gontor Ponorogo. Tandanya adalah ada karya ilmiah di akhir kelas enam.

Kemudian ada latihan pidato tiga bahasa, Arab, Inggris, Indonesia. Juga penguasaan aktif pada bahasa asing tersebut. Tidak lupa adanya organisasi untuk melatih kepemimpinan siswa sejak dini. Yang unik ada life skill las bubut. 

Nah yang paling menonjol dengan identitas modern adalah pentas seni yang diadakan oleh para santri. Pentas ini melatih kepercayaan diri santri, tanggung jawab, serta kebersamaan. Istilahnya salah satu instrumen pengembangan karakter santri. 

Tidak lupa jadwal yang cukup teratur dari pagi hingga malam hari. Juga ekstra kulikuler yang cukup banyak. Tapi yang paling istimewa, karena pendiri merupakan seniman kaligrafi, maka ada saung kaligrafi di pesantren ini. Ada juga tata boga, plus syar’i modelling. Masih banyak lagi. 

Prestasi Jabal Nur Kandis 

Untuk melihat seberapa bagusnya lembaga pendidikan, biasanya kami melihat dari dua hal. Pertama adalah alumni, kedua prestasi. Namun pesantren yang belum lama berdiri tidak mudah melacak alumninya.

Oleh sebab itu kami lihat dari sisi prestasinya. Pesantren Jabal Nur Kandis memiliki banyak prestasi yang kalau kami rangkum bisa dikelompokkan dalam dua hal. Pertama adalah aspek Al Quran, kedua ekstrakulikuler. 

Dalam Al Quran beberapa prestasi yang ditorehkan antara lain adalah juara 1 fahmil Quran tingkat propinsi di tahun 2018, Juara 3 fahmil Quran provinsi Riau tahun 2019. Juga masih ada lagi.

Sedangkan dalam ekstra kulikuler yang berprestasi adalah juara 2 hadroh se-Provinsi Riau pada 2018, juara 1 lomba baca kitab kuning se-Kabupaten Siak. Juara 1 beladiri tingkat Sumatera 2019, serta juara fotografi tingkat kabupaten Siak 2018, serta tidak lupa juara 2 kaligrafi kontemporer tingkat Provinsi Riau 2019.

Jika dilihat dari prestasi, artinya lembaga pendidikan ini memiliki ektra kulikuler yang begitu efektif. Juga dengan kata lain minat dan bakat santri tersalurkan dengan baik. Oleh sebab itu pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Siak.

Fasilitas Ponpes Jabal Nur

Pesantren ini secara lahan memang cukup luas. Terlihat dari bagian tengahnya tanah lapang yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan santri. Bangunan juga belum banyak yang tingkat, artinya masih banyak bisa melebar.

Kalau dari fasilitas, pesantren ini memadai, tidak terlalu mewah, atau kekurangan. Untuk tempat tidur memakai ranjang tingkat. Kemudian kamar ditempati sekitar 10 orang sudah memiliki almari masing-masing. 

Selanjutnya suasana cukup lumayan nyaman, banyak pepohonan, cuacanya sekitar 22-30 derajat celcius, tidak sepanas wilayah Surabaya, hehehe. Maka santri bisa menikmati pendidikan dengan sebaik-baiknya. 

Ada laboratorium, juga beberapa fasilitas lain. Memang yang menonjol adalah fasilitas ektra kulikuler, seperti adanya saung kaligrafi, untuk fotografi, dan lain sebagainya. Intinya membuat santri betah.

Biaya Masuk dan Pendaftaran Jabal Nur

Untuk biaya masuk pesantren ini mematok di kisaran Rp8.000.000. Biaya ini untuk ukuran kabupaten Siak memang tergolong lumayan. Namun kalau di kelas pesantren, ini kelas menengah. Hal yang sangat wajar biaya sebesar ini.

Kemudian SPP-nya masih standard Rp700.000 setiap bulan. Masih di antara 10-15 dari biaya masuk. Yang tidak wajar kalau melebihi angka tersebut. Kalau bisa di bawahnya itu artinya bagus.

Sedangkan ketika mendaftar harus siap-siap untuk diuji membaca tulis Al Quran, serta ujian bahasa Indonesia dan Matematika. Juga menyiapkan ijazah, foto ukuran 3×4 6 lembar. Akta lahir dan kartu keluarga jangan sampai ketinggalan. Tidak sulit kok. Semangat ya. 

Website resmi bisa dikunjungi di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *