Amanatul Ummah Pacet Mojokerto | Biaya dan Kelebihan

Posted by

Amanatul Ummah Pacet merupakan salah satu pesantren terbaik di Mojokerto. Pesantren ini dikenal memiliki sebaran alumni yang merata di perguruan tinggi, bahkan di luar negeri. Sehingga menjadi salah satu pondok pesantren unggulan.

Kami tertarik untuk merangkum informasi pesantren di Mojokerto ini berdasarkan website resmi dan juga informasi yang tersedia di internet lainnya. Harapan kami menjadi ringkasan informasi yang bermanfaat.

Yang akan kami sajikan di antaranya adalah profil Pesantren Amanatul Ummah, jenjang pendidikan, serta biaya Pondok Amanatul Ummah 2021.

Profil Amanatul Ummah 

Pesantren ini sebenarnya juga ada di Surabaya, namun demikian yang cukup terkenal adalah di Pacet Mojokerto, sebuah kawasan wisata, mirip dengan suasana Batu Jawa Timur. Sehingga sangat pas menjadi kawasan pendidikan.

amanatul ummah pacet

Berdiri pada tahun tahun 2006 pesantren ini memiliki identitas utama lebih kepada penekanan pendidikan formal berbasis pesantren. Sehingga yang dikedepankan adalah bagaimana santrinya bisa melanjutkan di perguruan tinggi negeri favorit semacam ITB, ITS, UGM, dan lain sebagainya. 

Bahkan seringkali disebut dengan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI), yaitu madrasah dengan standard kelulusan yang bisa melanjutkan ke luar negeri seperti Jerman, Australia, Rusia, dan lain sebagainya. 

Kurikulum Pendidikan

Pesantren Amanatul Ummah Pacet memiliki jenjang pendidikan yang spesifik yaitu Aliyah setingkat SMA ada juga MTs. Di jenjang SMA persiapan yang disedaiakan lebih kepada bagaimana diterima di perguruan tinggi terbaik. 

Oleh sebab itu seperti ujian MIPA akan dilaksanakan menggunakan bahasa inggris. Bahkan untuk setiap santri akan memiliki sertifikan Toefl ITP. Di sinilah santri memiliki sisi keunikan tersendiri.

Adapun secara kurikulum menggunakan standard nasional K12 revisi. Sedangkan untuk pesantren menggunakan kurikulum Al Azhar. Sederhananya pagi sekolah sore/malam diniyyah. Di antara kelebihannya adalah kajian kitab kuning. 

Sehingga secara ijazah santri akan mendapatkan dua, ijazah nasional mengikuti pemerintah, plus ijazah muadalah untuk diniyah yang disetarakan dengan Al Azhar. 

Kelebihan MA dan MTs Amanatul Ummah 

Dalam sudut pandang kami kelebihan utama dari MA Amanatul Ummah adalah fokusnya mempersiapkan siswa dalam perjalanan pendidikan ke jenjang berikutnya. Sehingga seperti MIPA, ditekankan.

Kemudian untuk bahasa juga arab dan inggris seperti umumnya Islamic Boarding School yang menerapkan demikian. Sudah menjadi standard.

Kelebihan lain adalah di pesantren ini model pendidikannya seperti Boarding School atau sekolah unggulan lainnya yang satu kelas hanya 27 siswa.

Bahkan untuk jenjang MTs sekitar 20-25 siswa, kelas kecil. Meskipun belum moving class, namun hal ini membuat pendidikan di kelas berjalan cukup optimal.

Sedangkan untuk MTs salah satu kelebihannya adalah adanya kelas khusus olimpiade, ada juga pilihan tahfidz Quran bagi yang bersedia, ada hari bahasa setiap Rabu, Kamis, dan Sabtu.

Ekstrakulikulernya juga melimpah, Olimpiade IPS, Olimpiade PAI, Matematika, sains, dan lain sebagainya. Sehingga minat dan bakat santri terwadahi.

Namun salah satu kelebihan utama di pesantren ini memang faktor tempat. Pacet dikenal memiliki suasanya yang cukup sejuk dengan udara di bawah 30 derajat, bahkan kalau pagi bisa mencapai 20 derajat celcius. Sehingga nyaman.

Kamar Pondok Pesantren

Untuk fasilitas pesantren menurut kami standard, tidak semewah boarding school yang ada di Batu Malang. Di antaranya adalah kamar pondok Amanatul Ummah terdiri 10-14 santri. 

Kamarnya luas, ada almari kayu, dengan kasur busa tebal, seperti model pesantren modern. Untuk kelas dari fotonya satu bangku dua anak. Kalau untuk pesantren sudah cukup nyaman. 

Pendaftaran Pesantren PPDB

Untuk pendaftarannya yang perlu disiapkan adalah tes tulis. Soalnya ada tes kemampuan MIPA, di antaranya adalah Matematika, Biologi, Fisika, Bahasa Inggris. Mirip akan masuk sekolah berprestasi.

Kemudan ada tes potensi akademik. Biasanya untuk peminatan. Nantinya tes dilakukan di MBI Pacet dengan gelombang yang sudah ditentukan. Ya siap-siap saja. Kecuali anak Anda berprestasi, maka bisa masuk jalur prestasi. 

  • Gelombang pendaftaran I 1 Okt – 14 Jan 2021 
  • Gelombang pendaftaran II 17 Jan 2021 -29 Mei 2021

Biaya Pondok Amanatul Ummah Pacet

Adapun biaya pondok Amanatul Ummah Pacet kami sajikan di tabel. Yang kami tulis adalah biaya pondok tahun 2021, kalau melihatnya di tahun 2022 bisa jadi sudah berubah. 

Biaya MA Amanatul Ummah

PendaftaranRp350.000
Daftar Gel IRp8.250.000
Daftara Gel IIRp8.750.000
SPP perbulanRp1.600.000
Buku pertahunRp2.300.000
Daftar Kenaikan KelasRp400.000/tahun
Penilaian semesterRp450.000/semester
Daurah kelas XIIRp5.000.0000

Biaya MTs Amanatul Ummah Pacet

PendaftaranRp350.000
Daftar Gel. 1 SKS 2 TahunRp7.500.000
Daftar Gel. 2 SKS 2 TahunRp8.500.000
Daftar Gel. 1 SKS 3 TahunRp6.500.000
Daftar Gel. 2 SKS 3 Tahun Rp7.000.000
SeragamRp750.000
SPP SKS 2 TahunRp1.575.000
SPP SKS 3 TahunRp1.850.000

Jika ingin alternatif pesantren di Mojokerto bisa kunjungi link kami Pesantren Terbaik di Mojokerto. Atau alternatif yang kuat wirausahanya, yaitu Riyadhul Jannah. 

Alamat Lengkap Amanatul Ummah Mojokerto

Untuk alamat lengkap Amanatul Ummah berada di Jl. Tirto Wening No.2, Kembangbelor, Pacet, Mojokerto. Jika Anda sering wisata ke Pacet, maka akan terlihat komplek gedung indah di perjalanan, itulah Amanatul Ummah.

Kalau ingin bertanya-tanya bisa hubungi nomor +62812-1671-4699, atau jika ingin informasi yang lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di https://www.mbi-au.sch.id/.

Sedangkan untuk MTs Amanatul Ummah website resminya di sini, Anda bisa mendapat tambahan informasi lebih banyak. Call Centre di 0812-3969-0022.

Kiranya ada lembaga pendidikan yang ingin dibantu publikasi di website kami cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami berharap semua lembaga pendidikan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk kebaikan Indonesia. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *