Uniknya Riyadhul Jannah Pacet | Santri Sukses Wirausaha

Posted by

Riyadhul Jannah Pacet merupakan sebuah fenomena. Di tengah maraknya pesantren modern atau boarding School, pesantren ini terkenal karena mempunyai kepedulian dalam pengembangan kemandirian serta kemajuan bisnis UMKM. 

Riyadhul Jannah juga dikenal sebagai pesantren yang ternama di Mojokerto, Jawa Timur. Pesantren ini berada di daerah wisata Pacet di kaki Gunung Welirang. Bahkan, pesantren ini telah mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama RI di tahun 2015. 

Oleh sebab itu kami akan mengulas sisi unik dari pesantren Riyadhul Jannah Pacet. Terutama bagaimana menanam jiwa wirausaha ke dalam santrinya. 

Sejarah dan Profil Pesantren Riyadhul Jannah

Pesantren ini berdiri karena keinginan beberapa tokoh masyarakat Pacet untuk membuat wadah lembaga pendidikan agama. Apalagi, di daerah tersebut merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi orang. 

pesantren riyadhul jannah pacet

Lembaga pendidikan agama, diharapkan dapat menjadi tameng dari pengaruh-pengaruh negatif/ isu kristenisasi yang dibawa oleh pengunjung daerah tersebut.

Sehingga pada tahun 1985 KH. Mahfudz Syaubari MA diminta untuk mendirikan pesantren bernama Darussalam di salah satu rumah warga Pacet. 

Pada tahun 1990, DR. As Sayyid Muhammad yang merupakan guru dari KH. Mahfudz Syaubari MA menyarankan untuk memindah lokasi pesantren. Lokasi pesantren akhirnya dipindah ke tempat yang lebih representatif di lokasi sekarang, dengan nama Riyadhul Jannah.

Sesuai namanya, Riyadhul Jannah yang berarti pertamanan surga, dan berdiri di tanah seluas 9000 m2. Dengan bangunan yang cukup megah dengan beberapa taman dan kolam ikan hias sehingga  menambah keelokan pesantren ini.  

Sistem Pendidikan Pesantren Riyadhul Jannah

Pendidikan yang dijalankan di pesantren ini menggunakan metode salaf berupa sorogan, weton dan sardan. Dengan mengkaji beberapa kitab-kitab salafiyah dari beberapa sumber. Khas pesantren-pesantren NU di Jawa Timur.

Di pesantren ini juga belajar fiqih kitab Fathul Qorib dan Fathul Wahab, Ilmu Gramatika Arab, Ilmu Hadist serta Ilmu Tasawwuf. Berbeda dengan pesantren salaf lainya, bahasa pengantar yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih dominan bahasa Indonesia.

Untuk jenjang diniyyah di pesantren ini terdapat empat tingkatan belajar, yaitu tingkat persiapan (sifir), tingkat tahmidi (Ibtida’iah), tingkat I’dadi, tingkat Takhoshush. Ini mirip dengan tingkatan yang ada di pesantren khusus kitab kuning. 

Sedangkan untuk pendidikan formal terdapat SMP dan SMA RIJAN. Oleh sebab itu secara pendidikan bisa dikatakan kombinasi ada yang formal, juga ada diniyyah. Sehingga kombinasi ini menjadikan Riyadhul Jannah Pacet sebagai salah satu pesantren terbaik di Mojokerto

Menanamkan Jiwa Wirausaha Santri

Memang yang paling identik dengan Pesantren Riyadhul Jannah Pacet adalah jiwa wirausaha yang ditanamkan pada santrinya. Ini seperti Pesantren Orenz di Bogor.

Cara yang diterapkan di Riyadhul Jannah Pacet adalah menjadwalkan santri untuk ikut dalam kegiatan wirausaha yang dibina pesantren.

Ada bidang pertanian yang berbentuk Green House. Kemudian ada perikanan yang bertempat di lingkungan pesantren Riyadhul Jannah. Ada juga Rijan Mart yang bertempat di Prambon, dan beberapa tempat lainnya. 

Ada rumah makan, ada penjahit, air mineral, dan lain sebagainya. Jumlahnya kami melihat di jurnal sejumlah 8, mungkin sudah bertambah. Nantinya santri akan dikelilingkan untuk praktek. Dibuat jadwal. Contoh di perikanan berjumlah 20 santri. Untuk menjahit 9 santri putri. 

Antara satu unit usaha dengan unit usaha lain terdapat satu keterikatan. Perkebunan akan menyuplai rumah makan, kemudian air mineral akan menyuplai pesantren dan lain sebagainya. Inilah yang kemudian menjadikan santri tidak hanya belajar tapi juga langsung praktek wirausaha. 

Di sinilah menurut kami unggulan utama dari pesantren Riyadhul Jannah Pacet Mojokerto. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren wirausaha terbaik di Jawa Timur. 

PanduanTerbaik.id

Jadwal Kegiatan Santri

Para santri wajib bangun dini hari untuk Mujahadah, yang dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah dan membaca wirid. Kemudian jam 5 pagi para santri akan melakukan pengajian Al-Qur’an dan sorogan Fathul Qorib dan Fathul Mu’in. Dilanjut dengan melaksanakan sholat dhuha. 

Untuk santri setingkat SMP dan SMA pada jam 8 pagi, mereka akan melakukan pengajian Ibnu Aqil, sedangkan santri mahasiswa akan melakukan kegiatan wirausaha.

Tepat pukul 10 pagi, para santri akan mengikuti pengajian Ihya’ Ulumuddin yang dilanjut dengan sholat dhuhur. Selepas istirahat, kira-kira pukul 12.45 WIB para santri akan mengikuti sekolah formal. 

Tepat pukul 4 sore, para santri akan mengadakan pengajian Fathul Qorib, Ta’limul Muta’alim, dan Tafsir Munir. Sebelum istirahat malam, setiap santri harus wirid surat Sajadah, Al-Mulk, R. Hadad, R. Attas dan lainnya. 

Selain kegiatan inti di atas, pesantren ini memiliki kegiatan ekstra seperti pembacaan tahlil, ta’limul khitobah, istighosah dan program tahfidz Qur’an.

Fasilitas Pesantren 

Selain Gedung sekolah dan asrama, fasilitas yang terdapat di pesantren ini secara keseluruhan adalah sarana dan prasaran penunjang jiwa kewirausahaan. Seperti adanya kolam ikan, sawah, minimarket, restoran, outlet penjualan makanan, ladang peternakan, outlet kantin dan butik. 

Namun salah satu keunggulan utama pesantren ini adalah terletak di Pacet Mojokerto. Ini adalah lokasi wisata yang cukup terkenal dengan kesejukannya. Pacet rata-rata memiliki suhu udara di musim hujan sekitar 15 derajat. Jika cerah hanya 20 derajat celcius. 

Inilah yang membuat pesantren Riyadhul Jannah Pacet sangat nyaman sebagai tempat belajar. Sejuk dan tenang. Mirip dengan Islamic Boarding School di Batu Malang. 

Biaya Masuk Pendaftaran Pesantren Riyadhul Jannah Pacet

Untuk biaya masuk pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- sedang uang pangkal dan lainnya kurang lebih sekitar Rp. 4.000.000,-. Ini tergolong standard untuk pesantren di Jawa Timur. Bisa dibandingkan dengan pesantren lainnya di sini. 

Adapun untuk biaya SPP setiap bulan sekitar 650.000. Sudah termasuk makan. Biaya ini kalau di Jawa Timur seperti Gontor Ponorogo. Hal ini karena memang ditopang oleh unit usaha. Sehingga tidak mahal. 

Alamat Pesantren Riyadhul Jannah Mojokerto

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah berada di Jalan Hayam Wuruk No.22, Kec. Pacet Kab. Mojokerto. Untuk nara hubung bisa di nomor Telpon: (0321) 690544 atau Whatsapp : 081-3339-43755.  

Informasi ini kami himpun dari website resmi, bisa dikunjungi di sini.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *