Ponpes Al Mukmin Ngruki | Label Teroris atau Pesantren Terbaik?

Posted by

Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo | Kehidupan dan kultur di pesantren memang terkenal unik dan menarik untuk diketahui, salah satunya adalah ponpes Al Mukmin Ngruki. 

Pesantren Ngruki menjadi salah satu pesantren yang banyak dituju oleh para orangtua sebagai tempat menuntut ilmu agama Islam bagi putra-putrinya. Kali ini, kami akan membagikan info tentang pesantren ini.

Profil Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo

Nama asli dari Pesantren Ngruki ini sebenarnya adalah Pesantren Al Mu’min Ngruki. Namun karena terletak di daerah bernama Ngruki, Solo, Jawa Tengah, pesantren ini kemudian lebih dikenal sebagai Pesantren Ngruki. 

Berdiri sejak tahun 1974, pondok pesantren ini dirintis oleh “enam serangkai”, yaitu Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Rosywadi, Abdullah Baradja, Abdul Qohar H. Daeng Matase, dan Hasan Basri. Mereka adalah enam sahabat ulama yang pada mulanya mendirikan sebuah Madrasah Diniyah. 

ponpes al mukmin ngruki

Selanjutnya, muncullah ide untuk mengasramakan para santri tersebut ke dalam sebuah wadah berbentuk lembaga pendidikan pondok pesantren. Tentunya, di awal didirikannya pondok pesantren ini jumlah santrinya masih sangat sedikit, yakni sekitar 30 anak. 

Namun dari jumlah yang kecil tersebutlah, Pondok Pesantren Al Mu’min Ngruki ini terus berkembang. Hingga sampai saat ini, jumlah santri yang menimba ilmu di sana mencapai 1300 anak.

Sosok Pimpinan Pesantren Al Mukmin Ngruki Karismatik

Selain ust. Abu Bakar Ba’syir, salah satu tokoh pimpinan dari Pesantren Al Mu’min Ngruki adalah Ustadz Wahyuddin, yang telah meninggal pada Agustus 2019 dan menyisakan kesedihan bagi warga dan santri di pesantren ini. 

Istri almarhum merupakan salah satu orang yang dulunya juga berperan dalam perintisan Pesantren Al Mu’min Ngruki. Namun beliau terkenal karena tak pernah malu berjualan krupuk dan merangkak dari bawah.

Usai menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Gontor, beliau memulai pengabdiannya di Pondok Pesantren Al Mu’min ini sebagai tenaga pengajar biasa. Selama bertahun-tahun, beliau mengajar di pesantren ini dan dikenal sebagai ustadz yang menguasai enam bahasa, sederhana, dan berwibawa. 

Tinggal tepat di sebelah Abu Bakar Ba’asyir, ustadz Wahyuddin kemudian dipercaya sebagai pemantu direktur yayasan. Selagi terus mengajar, beliau pun diangkat menjadi direktur, yakni pada tahun 80-an. 

Di akhir pengabdiannya, beliau sempat menjadi Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Mu’min Ngruki selama dua tahun, sampai penyakit komplikasi paru-paru yang dideritanya.

Tentu kisah dari Ponpes Al Mukmin Ngruki ini akan selalu diingat oleh para santrinya, yakni beliau sebagai pengajar yang berkesan di hati mereka.

Nilai Khittah Pesantren Al Mu’min Ngruki

Sebagai lembaga pendidikan, Pondok Pesantren Al Mu’min Ngruki tentunya memiliki tuntunan, pedoman, arah perjuangan, dan landasan berpikir (khittah). Khittah dari pondok pesantren ini sendiri adalah mengarahkan untuk dua tujuan. 

Yang pertama, terbentuknya kader generasi yang siap menerima dan mengamalkan Islam secara kaffah (menyeluruh dalam segala aspek kehidupan.

Yang kedua, adalah mempersiapkan kehadiran Ulama. Pondok Pesantren Al Mu’min Ngruki ini juga memiliki sasaran yang ingin dicapai, yakni terbentuknya generasi muslim yang berciri khas salimu’l aqidah, atau generasi bertauhid murni yang mewarnai seluruh kehidupan, dan sahihu’l ibadah, atau generasi yang beribadah dengan benar yakni ikhlas lillahi ta’ala dan mengikuti contoh Rasulullah.

Selain itu, generasi yang ingin dibentuk adalah matinu’l khuluq, atau berakhlak mulia sebagaimana dicontohkan Rasulullah, mutsafaqu’l fikri, atau berwawasan dan berilmu pengetahuan luas.

Qawiyu’l jismi, atau generasi dengan jasmani yang kuat dan sehat, qadiran ala’l kasbi, atau mampu hidup dengan mandiri dan tidak menjadi beban orang lain, nafi’an linafsi wa lighairih, atau bermanfaat bagi dirinya dan seluruh umat.

Dan yang terakhir adalah mujahidan lidinih, atau mengerahkan seluruh potensinya untuk agamanya, menjadi salah satu aspek terbaik pesantren Ngruki.

Pondok Al Mukmin Ngruki Teroris?

Dalam beberapa tahun terakhir stigma ini selalu nempel pada pesantren ini. Terutama karena Abu Bakar Ba’syir ditahan dengan tuduhan terorisme dan radikalisme. Namun demikian kalau kita lebih dekat, pasti akan tahun bagaimana keindahan ponpes Al Mukmin Ngruki. 

Dengan masyarakat mereka dikenal cukup bagus, bahkan animo masyarakat yang mendaftar setiap tahunnya bertambah. Pendidikannya lengkap, dari jenjang paling bawah, sampai ke jenjang perguruan tinggi, Ma’had Aly Al Mukmin Ngruki. 

Alumninya juga berkiprah luas. Pelajarannya tidak ada bedanya dengan SMP dan SMA hanya ditambah dengan unsur keilmuan Islam yang mendalam.

Maka kami melihat ketika dicap Ponpes Al Mukmin Ngruki sarang teroris, justru pesantren ini tidak berhenti tumbuh dan banyak yang mendaftar. 

Panduanterbaik.id

Untuk masuknya saja ada tes seperti matematika, dan psikotes. Apalagi kalau ingin masuk SLTA ada tes Bahasa Arab dan Inggris. Mereka tidak menganggap bahasa inggris bahasa kafir. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Solo.  

Pendaftaran Biaya Ponpes Al Mukmin Ngruki

Untuk pendaftarannya ada banyak tes yang harus dilewati. Di antaranya adalah membaca tulis Al Quran. Juga harus punya modal hafalan surat-surat pendek juz 30. Doa-doa harian juga menjadi menu ujian.

Pesantren ini untuk putra dan putri, lulusan SD atau MI, lulusan SMP juga bisa. Tes tulisnya yang perlu diperhatikan adalah Matematika. Sedangkan kalau ingin masuk jenjang SLTA ujiannya disertakan bahasa arab dan inggris. Maka harus siap-siap. 

Untuk biaya masuk ponpes Al Mukmin Ngruki memang bermacam-macam. Putra dan Putri berbeda. Tapi hampir semua berada di rentang 12-12.6 juta rupiah. Sedangkan kalau mendaftar di gelombang pertama selisih lebih murah 500 ribuan.  

Alamat Pesantren Al Mukmin Sukoharjo

Adapun alamat ponpes Al Mukmin yaitu di Jalan Ngruki, Cemani, Ngruki, Cemani, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Jika Anda naik kereta api, lebih baik turun di stasiun Pringgolayan berjarak 937 meter. Artinya kalau jalan kaki hanya butuh 13 menit.

Yang ingin tahu google maps cukup klik ini. Website resmi di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *