pesantren terbaik di Riau

7 Fakta Pesantren Langitan Tuban Termasuk Biaya

Posted by

Pesantren Langitan Tuban | Jika Anda belum familiar dengan nama pesantren Langitan, di artikel ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa kelebihan Pesantren Langitan Tuban yang menarik untuk disimak. 

Pondok Pesantren Langitan terletak di samping Bengawan Solo dan menempati lahan seluas 7 hektar. Pondok Pesantren Langitan Tuban ini menjadi salah satu lembaga pendidikan tertua yang berdiri pada tahun 1852. Satu masa dengan Tremas Pacitan 1830.

Pesantren ini juga masuk sebagai salah satu pesantren terbaik di Jawa Timur, masuk di jajaran pesantren salafiyyah seperti Sidogiri Pasuruan. Berikut beberapa fakta terbaik pesantren Langitan. Semoga bermanfaat. 

Mengapa Bernama Pesantren ‘Langitan’

Tak banyak orang yang tahu dari mana kata langitan akhirnya disematkan menjadi nama pondok pesantren ini. Justru banyak yang salah paham, mengira nama pesantren ini ada hubungannya dengan langit. 

pesantren langitan tuban

Padahal, awalnya sederhana saja. Ketika pesantren ini berdiri di daerah Widang, terdapat dua papan nama atau plang dalam bahasa Jawa.

Papan nama tersebut adalah plang kulon (sebelah barat) dan plang wetan (sebelah timur). Penyebutan plang wetan inilah yang kemudian mengilhami nama ‘Langitan’ untuk pondok pesantren ini dan menjadi salah satu fakta menarik pesantren Langitan. 

Selain itu, pondok ini ternyata dahulu hanya bermula dari sebuah surau kecil tempat KH. Muhammad Nur sebagai pendirinya mengajarkan ilmunya kepada orang sekitar. Seperti layaknya pesantren-pesantren besar yang memulai pendidikan dari pengajaran di surau-surau kecil. 

Mencetak Tokoh-Tokoh Besar

Dalam rentang waktu satu setengah abad setelah berdiri, Pondok Pesantren Langitan telah berkembang dengan pesat. Pondok pesantren ini kemudian menjadi lembaga pendidikan Islam yang representatif dan populer di mata masyarakat luas, baik di dalam negeri maupun mancanegara. 

Yang tak boleh dilupakan dari pesantren Langitan Tuban adalah bahwa banyak sekali tokoh-tokoh besar yang lahir dari pesantren ini. Dari sinilah nama Langitan terus dikenang sebagai pesantren rujukan. 

Tokoh-tokoh besar yang awalnya adalah santri yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Langitan, beberapa diantaranya kemudian menjadi pendidik. Contohnya adalah KH. Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy’ari pendiri organisasi NU, KH. Syamsul Arifin, yang merupakan ayah dari KH. As’ad Syamsul Arifin, dan lain-lain.

Sistem Pendidikan dan Tingkatan yang Berlaku

Di dalam Pondok Pesantren Langitan, Anda bisa menemukan 3 tingkatan pendidikan, mulai dari MI, MTs, dan MA. Sedangkan untuk sistem pendidikannya, Pondok Pesantren Langitan memberlakukan salaf, yaitu sistem pendidikan tradisional dan memfokuskan diri pada materi pelajaran ilmu-ilmu agama. 

Sebagai pondok pesantren tipe salaf, Pondok Pesantren Langitan menerapkan sistem pendidikan klasik seperti wetonan, bandongan, dan sorogan. Di sinilah yang menjadi salah satu fakta terbaik pesantren Langitan. 

Ciri khasnya adalah adanya penekanan pada penguasaan kitab klasik atau kitab kuning, dan sering disebut dengan kitab gundul. Plus penguasaan secara mendalam. Mirip dengan karakter Pesantren Sidogiri Pasuruan.

Dengan sistem pendidikan salaf ini, hubungan emosional kyai dan para santri di pesantren jauh lebih dekat dibandingkan pesantren modern. Hal ini dikarenakan terdapat tokoh sentral, yakni ustadz atau kyai yang berperan sebagai edukator karakter, pembimbing rohani, dan pengajar ilmu agama.

Selain itu, ditekankan juga tentang pengembangan akhlak yang santun. Di dalam pesantren tipe salaf seperti Pondok Pesantren Langitan ini, para santri diajarkan untuk selalu berperilaku sopan dan santun ketika berinteraksi dengan orang lain, baik guru, orang tua, masyarakat sekitar, dan juga antar sesama santri. Adab menjadi inti dari pendidikan di pesantren Langitan. 

Kelebihan Pesantren Langitan Tuban lainnya adalah karena ponpes ini memiliki batasan-batasan yang konkrit. Pembaharuan dan modernisasi tidak boleh mengubah atau mereduksi orientasi dan idealisme dari pesantren ini. 

Hal tersebut adalah sebagai upaya agar sebagai lembaga pendidikan, Pondok Pesantren Langitan tidak ikut terombang-ambing dalam arus globalisasi yang kian deras saat ini. Inilah mengapa hingga sekarang pesantren Langitan Tuban sangat kokoh sebagai lembaga pendidikan terpercaya. 

Fasilitas Pendidikan yang Lengkap

Keberadaan fasilitas-fasilitas yang lengkap sangatlah penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain itu, fasilitas tersebut juga dapat memudahkan para santri dalam menuntut ilmu. 

Fasilitas yang terdapat di Pondok Pesantren Langitan mulai dari masjid, asrama santri, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, hingga klinik kesehatan.

Memang tidak seperti Boarding School, atau pesantren Modern. Di pesantren Langitan santri diajarkan untuk kesederhanaan dan terbiasa dengan hidup tanpa kemewahan. 

Pesantren Langitan Menjadi Kawasan Tanpa Rokok

Fakta terbaik pesantren Langitan Tuban berikutnya adalah diterapkannya larangan merokok yang tegas di kompleks pondok pesantren ini. Tentunya hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan sehat bagi santri maupun pengajar di dalamnya. 

Di pesantren lain, mungkin aturan ini masih belum ditegaskan dan masih banyak ditemui santri maupun para pengajar yang merokok sesuka hati. Namun di Langitan merokok adalah satu aspek yang dilarang.

Di lingkungan Pondok Pesantren Langitan, awalnya aturan ini diberlakukan secara bertahap, di mana izin merokok hanya diberikan kepada santri di atas 17 tahun. Kemudian direvisi menjadi di atas 20 tahun, 25 tahun, hingga akhirnya dilarang sama sekali. 

Aturan ini tak hanya ditekankan kepada santrinya saja, tapi juga kepada seluruh pengajar. Menurut kami ini sangat berbeda dengan pesantren sejenis lainnya. 

Biaya Pendidikan Relatif Murah

Seperti halnya pondok pesantren tipe salaf lainnya, Pondok Pesantren Langitan ini mematok biaya yang relatif murah, terutama jika dibandingkan dengan pondok pesantren tipe modern. 

Tidak ada sistem seleksi yang rumit di pondok pesantren ini. Semua santri yang ingin mendaftar umumnya akan langsung diterima untuk belajar di sini. Karena niat pengasuh pesantren ingin mendapatkan pahala melalui mendidik santri. 

Biaya pendidikan di pesantren ini untuk masuk antara 600-700 ribuan. Tergantung jenjang dan beberapa hal yang dipilih. Tentu biaya ini sangat murah, padahal kualitasnya bagus. 

Oleh sebab itu Pesantren Langitan Tuban merupakan salah satu pesantren dengan santri terbanyak di Indonesia dengan jumlah santri lebih dari 5000.

panduanterbaik.id

Alamat Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pesantren ini beralamat di Jln. Langitan, Slawe, Widang, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Atau mengunjungi website resminya di sini, https://langitan.net/.

  • Kantor Pusat PP. Langitan putra : (0322) 451156
  • Kantor Pusat PP. Langitan Putri Barat : (0322) 452797
  • Kantor Pusat PP. Langitan Putri Timur : (0322) 459649

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *