Istimewanya Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo | Ada Materi Bursa Efek

Posted by

Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo merupakan sebuah fenomena lembaga pendidikan dengan perkembangan yang cukup pesat. Berdiri pada tahun 2010, Islamic Boarding School di Sidoarjo ini selalu kebanjiran pendaftaran.

Oleh sebab itu kami akan mengulas apa sebenarnya kelebihan dari Ponpes Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo ini. Pesantren Gus Ali Sidoarjo ini kami akan rangkum dari beragam sumber di internet, plus website resmi.

Sehingga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus disertai estimasi biaya masuk Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo di tahun 2021.

Profil Pesantren Progresif

Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo merupkan kombinasi pendidikan yang berbasis pesantren namun menekankan pada kemampuan pendidikan formal. Kalau dalam sudut pandang kami, ini modelnya adalah pesantren sains.

pesantren bumi sholawat sidoarjo

Yaitu pesantren yang memiliki penekanan pada aspek sains santri terutama dalam mata pelajaran seperti IPA dan IPS. Untuk wilayah Jawa Timur yang seperti ini ada Trensains Tebuireng Jombang, kalau di wilayah Jawa Barat ada Trensains Salman Cirebon.

Perbedaannya adalah di Islamic Boarding School Sidoarjo ini cenderung pendidikannya lebih variatif. Tidak hanya persoalan sains saja, namun juga mempelajari pendidikan bertaraf internasional. Inilah sisi paling menarik dari Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo.

Yang patut diperhatikan adalah ponpes ini memiliki keunggulan masing-masing di setiap jenjang. Ada tiga jenjang yang nantinya kami jelaskan. Masing-masing membawa sistem pendidikan dengan keunggulan berbeda.

Kurikulum Pesantren Bumi Sholawat

Secara garis besar pesantren yang satu ini memang menggabungkan antara kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Namun yang unik dari kurikulum di pesantren ini adalah kombinasi dengan kurikulum Cambridge.

Kedua pesantren ini juga menggunakan sistem SKS yang diterapkan di perkuliahan. Yang artinya mengembangkan sesuai minat dan bakat siswa secara akademik. Ini mirip dengan program di Al Hikmah Boarding Batu.

Ketiga adalah adanya pengembangan entrepreneurship, atau jiwa wirausaha yang dikerjasamakan dengan Balai Unit Kerja (BLK), dan universitas terkait. Namun yang paling unik adalah kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia.

Kami sudah mereview banyak lembaga pendidikan, pesantren, Boarding School, tapi sangat jarang yang kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia terutama terkait dengan pasar modal.

Karena pengetahuan tentang dunia investasi tersebut rata-rata untuk jenjang dewasa. Oleh sebab itu Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo tergolong istimewa.

Nah masing-masing kelebihan tersebut disebar ke berbagai jenjang pendidikan. Ada jenjang SMP Progresif, SMA Progresif, plus IIS yaitu program khusus persiapan untuk pendidikan yang ingin ke luar negeri.

SMP Progresif Bumi Sholawat

Jenjang pertama yang akan kami jelaskan adalah SMP Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo. SMP yang satu ini memiliki ciri khas pada fokus dalam bidang akademik berkaitan dengan sains. Oleh sebab itu ada ekstra khusus untuk olimpiade Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Inggris.

Selanjutnya adalah minat dan potensi yang dikembangkan di antaranya robotika, ini adalah kebutuhan di era digital, Desain Komunikasi Visual, dan beberapa peminatan lainnya.

Nah yang mengejutkan adalah program mobile application. Pembuatan aplikasi. Kalau dilihat tujuannya adalah melatih struktur logika berpikir. Memang dalam membuat aplikasi yang cukup rumit adalah mengatur logika perintah program.

Dengan beberapa program ini SMP Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo menyita banyak perhatian masyarakat. Terutama yang ingin mendapatkan pendidikan lebih untuk anak didiknya.

SMA Progresif Sidoarjo

Untuk jenjang SMA Progresif berbeda lagi. Kelebihan yang patut menjadi perhatian utama adalah sistem kredit semester. Ini menunjukkan siswa pada bakat dan potensinya, sehingga setiap siswa bisa menyelesaikan tiga tahun atau bahkan kurang dari durasi normal tersebut.

Kedua adalah doble track, ini seperti logika jalur kereta api yang ganda. Setiap siswa bisa memiliki pasangan programnya dalam bidang entrepreunership dan ketrampilan. Untuk putra dan putri pilihannya berbeda-beda.

Untuk putra putri adalah pasar modal. Ini adalah program yang mengajarkan pasar modal dari instrumennya, bahkan trading saham. Padahal bukan perkara mudah, namun hal ini dilakukan di SMA Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo.

Yang khusus putra adalah otomotif, ya semacam SMK tapi lebih intensif yang dikerjasamakan dengan BLK Sidoarjo. Sedangkan yang khusus putri adalah Garmen. Seperti membuat tas, pakaian, yang dikerjasamakan dengan BLK.

Kelas Internasional di Boarding School

Di jenjang SMA ada satu aspek paling menarik, yaitu kelas internasional. Maksudnya adalah peminatan bagi santri yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Seperti Pesantren Darul Hikam Mojokerto.

Yang ditingkatkan dalam kelas ini adalah kemampuan bahasa Inggris sesuai standard TOEFL, TOEIC, dan IELTS. Adapun yang ingin ke China adalah bahasa Mandari dengan standard Nouryouku Shiken.

Untuk bahasa Jepang mengikutiku standard Hanyu Shuiping Kaoshi. Sedangkan bahasa Jerman di mana menjadi kiblatnya teknologi Eropa mengikuti Goethe-Zertifikat seperti Dwi Warna Bogor. Oleh sebab itu Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo benar-benar menyiapkan siswa ke luar negeri sejak dini.

Jenjang IIS Progresif Bumi Sholawat

Paling menarik dari Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo menurut kami adalah jenjang IIS. Ini adalah jenjang pendidikan yang semua kegiatan belajar mengajar menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar utama.

Acuannya adalah standard Common European Framework Reference. Targetnya untuk skor TOEFL 550, adapun untuk skor IELTS sebesar 4.5. Sudah cukup lumayan untuk sekolah Islam dengan nilai standard demikian.

Ada juga program khusus hardskill seperti graphic design, animasi, fotografi, sampai jadi novelis juga disiapkan di jenjang ini. Kami sendiri merasakan ini adalah Islamic Boarding School berstandard internasional di Sidoarjo.

Serta program lain yang intinya menunjang siswa untuk pendidikan internasional, terutama dalam aspek sains seperti IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Ini memang salah satu pesantren terbaik di Sidoarjo.

Fasilitas Pesantren Bumi Shalawat

Untuk masalah fasilitas pesantren ini cukup bagus. Pertama dari sisi kamarnya, ada ranjang bertingkat yang disertai kamar mandi berjumlah dua di dalam. Jumlah penghuninya sekitar belasan.

Memang kalau dibanding boarding school di Bogor, atau Bandung akan sedikit berbeda. Bisa dilihat melelaui link berikut jika ingin melihat lengkap fasilitas boarding school Bogor atau Boarding School di Bandung.

Untuk fasilitas selanjutnya adalah kelas. Satu kelas hanya 20 orang. Sangat sedikit. Dan penampakannya cukup ekslusif sekali, nyaman, satu anak satu kursi dan meja. Seperti di luar negeri.

Adapun untuk fasilitas lainnya tergolong cukup baik. Lapangan olah raga, outdor dan indoor. Masuknya kelas boarding school, karena memang ada perbedaan antara pesantren dan boarding school.

Biaya Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo

Biaya masuk Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo di tahun 2021 belum berhasil kami dapatkan. Namun kalau melihat dari tahun 2019 yang sebesar 27.5 untuk cambride, maka di tahun 2021 estimasinya kurang lebih sekitar 30 jutaan.

Karena untuk menghitung biaya masuk pesantren atau boarding school setiap tahun rata-rata naik lima persen. Atau biaya pendaftaran yang sebesar Rp500.000 dikali 60. Nanti estimasi biaya masuknya akan didapatkan.

Pesantren yang diasuh KH. Agus Ali Mashuri ini memang tergolong pesantren modern, namun biaya pendidikannya masih standard jika dibandingkan dengan Boarding School di Batu yang mencapai 40 jutaan. Bisa diperiksa di sini.

Alamat Lengkap Pesantren Bumi Sholawat

Pesantren ini memiliki alamat lengkap di Jl. Kyai Dasuki No.1, Lebo, Sidoarjo, Jawa Timur. Nomor teleponnya bisa menghubungi 031 8073739. Atau bisa mengunjungi website resminya di sini.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *