3 Kelebihan Pesantren Darul Habib Sukabumi | Bersih dan Modern

Posted by

Pesantren Darul Habib Sukabumi sudah banyak dikenal masyarakat, khususnya Jawa Barat. Pesantren yang dikenal Pondok Pesantren Darul Habib Islamic Boarding School ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena dekat dengan gunung salak.

Untuk mengenal lebih jauh seperti apa Pesantren di Sukabumi ini, simak ulasan selengkapnya berikut ini. Kami rangkum dari beragam sumber, website resmi dan sedikit komentar kami. 

Pendiri Pesantren Darul Habib Sukabumi

Asal mula berdirinya Pesantren hanyalah bangunan asrama yang dulunya berada di semak belukar dan dekat jurang yang dalam.

Hingga pada tahun 1998 dibangunlah Pesantren Darul Habib Sukabumi diatas tanah seluas lebih dari 1.5 hektar oleh Yayasan Pondok Pesantren Darul Habib yang diketuai oleh alm. Abuya Al-Habib Ahmad Naufal bin Abdullah Alkaff.

Secara garis besar, corak yang dimiliki Pesantren ini kental dengan nuansa pondok salafiyah, kegiatan sholawat yang tidak pernah lepas, pembacaan maulid, burdah, hadrah, dan kegiatan lainnya.

pesantren darul habib sukabumi

Lebih dari satu dekade, Pesantren Darul Habib Sukabumi semakin memikat hati masyarakat dan area pesantren juga sudah semakin luas, hingga kini pesantren sudah menampung lebih dari 500 santri dan 200 alumni.

Kurikulum Pesantren Darul Habib Sukabumi

Identitas pendidikan yang ditonjolkan adalah pesantren salafiyah dengan nuansa modern. Yang memprioritaskan pelajaran-pelajaran Al-Qur’an, al-hadist, bahasa arab, akhlaq, nahwu, sharaf, balaghah, tauhid, dan yang lainnya.

Namun ada yang unik dari Pesantren ini, di mana para santri diwajibkan menggunakan peci putih, gamis putih dan imamah (sorban) yang juga berwarna putih ketika sholat dan belajar.

Sedangkan untuk santriwati putri, mereka diwajibkan menggunakan abaya hitam, dan kerudung ketika belajar dan sholat berjamaah.

Cara berpakaian seperti ini mengingatkan kami dengan pondok-pondok pesantren yang ada di jazirah arab. Mungkin ini yang membuat Pesantren Darul Habib Sukabumi berbeda dengan pondok lainnya di luar sana.

Kalendernya menggunakan hijriah, untuk ujian semester diadakan pada bulan Rabiul Awal dan bulan Sya’ban. Mirip dengan pesantren Gontor Ponorogo.

Pusat Masyaikh dan Habaib

Sebutan yang cocok untuk menggambarkan Pesantren Darul Habib adalah pondok pesantren yang bisa digunakan untuk “Tempat ilmu, tempat barokah dari para syaikh dan habaib”.

Mengapa demikian? Karena Pesantren Darul Habib sering sekali dikunjungi oleh para habib. Bukan cuma sekali dua kali, tapi berkali-kali. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Sukabumi.

Di antaranya Asy-Syaikh Ali Bin Abdurrahman Baharmi, Al-Habib Ali Bin Abdullah Alhamid, Asy-Syaikh Usama Al-Azhari, Al-Habib Umar Bin Abdurrahman Al-Jufri, Al-Habib Abdul Qodir Jilani Al-Habsyi, dan masih banyak lagi.

Sehingga Pesantren Darul Habib Sukabumi menjadi pusat ilmu dan berkahnya para syaikh dan habaib, dan sangat disayangkan jika harus terlewat.

PanduanTerbaik.id

Fasilitas Pesantren Darul Habib Sukabumi

Jika Anda berkunjung ke Pesantren di Jawa Barat ini, mungkin Anda tidak percaya bahwa itu sebuah pondok. Bukan, bukan karena kumuh ataupun tak terawat, melainkan sebaliknya.

Semua tertata rapih, dan bersih. Ada taman-taman dan saung yang cantik nan asri, jalanan di sana juga tidak berdebu dan tidak berpasir karena sudah di paving. 

Apalagi letaknya dekat dengan gunung salak. Suhu rata-rata di kisaran 28 derajat celcius. Cukup sejuk. Bahkan sesekali menyentuh angka 23 derajat. Mirip dengan suasana Boarding School di Bogor.

Sebagian jalan juga ada yang ditanami rumput taman yang halus dan batu-batu alam. Keindahan menjadi sisi yang utama dari pesantren ini. Berlatar alam, pesantren ini benar-benar sangat indah.

Asrama Santri Ponpes Darul Habib

Tidak berbentuk gedung bertingkat, Pesantren Darul Habib Sukabumi merancang asrama santrinya secara khusus berbentuk rumah yang besar. 

Tampak depan rumah seperti villa di pegunungan dengan tangga di depannya, dan ketika masuk Anda bisa melihat jejeran ranjang para santri. Seperti Al Hikmah Boarding kalau di Jawa Timur.

Serta disediakan lemari disamping ranjang masing-masing. Untuk kasurnya pun tebal dan disediakan bantal selimut karena sudah termasuk dalam biaya pendaftaran.

Meskipun tidak ber-ac seperti asrama boarding school lainnya, menurut kami karena Pesantren ini dekat gunung dan juga disediakan kipas angin di kamar santri. 

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Untuk biaya masuk Pesantren Darul Habib Sukabumi Anda perlu merogoh kocek sekitar 11.5 juta (sudah termasuk uang pembangunan, uang lemari, uang ranjang, kasur, bantal, selimut, dan seprei, SPP satu bulan pertama, dan biaya kesehatan.

Sedangkan uang syahriahnya / SPP sekitar Rp. 900.000 ribu, termasuk standar untuk seukuran boarding school. Bisa dibandingkan dengan Asy Syifa Subang.

Selain itu, Pondok Pesantren ini menerima santri dari luar negeri, dengan membayar biaya tambahan sekitar 7 juta untuk biaya pembuatan kartu izin tinggal terbatas (KITAS).

Bagaimana tata cara pendaftaran? Caranya cukup mudah dengan mengakses website resmi penerimaan santri baru Pesantren dan membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 20.000 ribu rupiah.

Alamat Pesantren Darul Habib Sukabumi

Pesantren Darul Habib beralamat di Jalan Raya Parungkuda Gg. Ojek Ciambar Kp. Cipamutih Desa Munjul Rt. 004/012 Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat PO. BOX 26

Anda juga dapat menghubungi Ponpes Darul Habib di nomor telepon (+62266) 6541888. Bisa dihubungi terutama di jam kantor. Atau jika ingin lebih lengkap kunjungi website resmi di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *