Pesantren Darussalam Sengkubang | Fasilitas dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Darussalam Sengkubang dikenal sebagai salah satu pondok yang cukup dikenal, khususnya di wilayah Pontianak. Santrinya sudah cukup banyak, dan berkembang luar biasa dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu kami sangat tertarik untuk mengulasnya lebih jauh.

Sumber kami adalah website resmi, brosur yang kami download, serta beragam sumber lainnya yang berhasil kami himpun sehingga membuat ringkasan informasi tentang Pesantren Darussalam Sengkubang terutama dalam aspek pendidikan dan biaya masuk.

Pesantren Darussalam Sengkubang

Pesantren Darussalam Sengkubang berdiri pada tahun 1992. Waktu itu di Pontianak belum banyak pondok pesantren berdiri. Terutama yang berkiblat modern. Hal inilah menurut kami yang menjadi daya tarik tinggi.

Kalau dilihat dari aktifitas dan lain sebagainya, kiblat ponpes Darussalam Pontianak adalah Gontor Ponorogo. Pertama dilihat dari bendera yang mirip, kedua cara berpakaian, sampai nama organisasi siswa juga mirip. Menurut kami ini adalah pesantren model Gontor di Pontianak.

pesantren darussalam sengkubang

Pendidikan di Pesantren

Jenjang pendidikan di pesantren ini ada beberapa, dari RA hingga SMA. Tapi untuk pesantren mengutip dari websitenya yaitu dua jenjang. Pertama madrasah tsanawiyah, atau setara dengan SMP namun merujuk ke kemenag. Sehingga nuansa keislamannya lebih kental tapi tidak meluapakan sains.

Kedua adalah jenjang pendidikan Madrasah Aliyah, di mana setara dengan SMA, juga modelnya sama. Yang menarik adalah keduanya memiliki akreditasi A. Ini artinya sudah standard nasional dengan kualitas pendidikan yang cukup baik.

Hal ini dikombinasikan dengan pendidikan di pesantren Darussalam Sengkubang Pontianak dengan sistem asrama. Yang artinya terjadi pembinaan selama dua puluh empat jam. Santri betul-betul dididik dengan akademik di kelas, dan non akademik, khususnya karakter di luar kelas.

PanduanTerbaik.id

Ekstrakurikuler di Ponpes Darussalam Sengkubang

Belum lagi ekstrakurikuler yang disediakan menambah antusiasme santri dalam menggali kompetensi. Terutama dalam bidang akademik seperti klub sains. Yang artinya siswa akan mendapatkan pendidikan tambahan seperti IPA, Matematika, dan lain sebagainya di luar kelas.

Kedua adalah ekstra pendalaman pesantren, seperti tilawah Al Quran, Tahfidz Quran, pidato tiga bahasa, nasyid, qosidah, kaligrafi, pendalaman bahasa arab dan inggris, juga seni keislaman lainnya. Jadi santri bisa berkembang dengan baik.

Ketiga adalah ekstra pada olah raga seperti sepakbola, memanah, dan macam-macam. Hal ini menjadikan santri pesantren Darussalam Sengkubang menjadi jauh lebih betah hidup di pondok pesantren modern.

Fasilitas Pesantren Darussalam Sengkubang

Memang ini bukan boarding school yang menyajikan kemewahan, santri diajarkan kesederhanaan sebagai bagian dari pendidikan. Jadi kamar kelas dan lain sebagainya tidak mewas. Standard sekolah negeri. Tapi arsitekturnya menawan.

Adapun untuk fasilitas akademik cukup baik. Di antaranya adalah gedung kesenian, gedung kaligrafi, ada juga laboratorium IPA, Komputer, Bahasa, ruang multimedia, asrama terpisah antara santri putra dan putri. Cukup baik lah.

Kegiatan di Pesantren

Untuk melihat keunggulan dan bagusnya pesantren Darussalam Sengkubang, maka bisa kita lihat dari kegiatannya. Bangun sejak 03:45 untuk shalat subuh dan baca Quran. Nanti 05:30 ada pembelajaran kosa kata bahasa.

Belajar di kelas memakan waktu cukup panjang. Dari 06:45 sampai dengan 14:40, ada jeda makan siang dan beberapa istirahat. Kalau sore digunakan untuk olah raga, ekstra, atau keperluan pribadi.

Barulah 17:10 sampai dengan 19:20 ada baca Quran dan shalat berjamaah dan lain sebagainya. Malam digunakan sebagai pembelajaran mandiri. Artinya di Pesantren Modern Darussalam Sengkubang pendidikan dalam kelas cukup dominan. Bahkan malam juga digunakan untuk mendukung pembelajaran tersebut.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar bisa melalui website resmi di online. Di bawah kami sertakan linknya. Jadi cukup mudah. Biasanya akan dimulai dari Januari. Tapi yang paling penting disiapkan administrasi pendaftaran, atau psbb. Yaitu,

  • FC Ijazah dan SHUN
  • FC kartu keluarga
  • FC NISN
  • FC KTP orang tua
  • FC Akte kelahiran
  • Foto 3×4 empat lembar

Kalau belum dapat ijazah, bisa memakai surat keterangan terlebih dahulu. Yang menarik adalah ada tes membaca Al Quran agar sesuai tajwid, tapi tesnya bisa menggunakan videocall WhatsApp. Sehingga Anda tidak kesulitan.

Biaya Masuk Pesantren

Kami menemukan brosur untuk tahun 2021-2022, setidaknya untuk gambaran tahun berikutnya. Biaya masuk pesantren Darussalam Sengkubang adalah sebesar 3.3 jutaan. Dengan SPP bulanan 500 ribu kurang sedikit.

Biaya masuk sudah termasuk SPP. Adapun SPP sudah termasuk biaya makan, asrama dan lain sebagainya. Menurut kami biaya ini sudah terjangkau. Bisa dibandingkan dengan pesantren di Pontianak lainnya di link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing sebagai pertimbangan.

Alamat Lengkap

Jika ingin berkunjung ke pesantren ini alamatnya di Sengkubang, Mempawah Hilir, Pontianak. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini. Tinggal klik saja dan ikuti.

Untuk informasi lebih update, valid, serta link pendaftaran bisa kunjungi website resminya di https://psb.darussalamskb.sch.id/. Atau bisa hubungi 0852 5073 1601 untuk informasi pendaftaran dan lain sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *