pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Al Yasini Pasuruan | Keistimewaan dan Biaya

Posted by

Pesantren Al Yasini Pasuruan merupakan salah satu pesantren yang mampu mengembangkan kiprahnya bahkan hampir di berbagai lini pendidikan. Al Yasini memiliki hampir semua jenjang lembaga pendidikan formal.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi bersumber dari website, atau informasi lainnya yang berhasil kami himpun di internet agar menjadi rangkuman ringkas. Mulai dari pendidikan dan biaya pesantren.

Pesantren Al Yasini Pasuruan

Berawal dari pengajian kampung yang diadakan pada tahun 1940, Pesantren Al Yasini Pasuruan tumbuh  dan hingga kini mampu mengelola dua puluh lembaga pendidikan di kota Pasuruan.

Kemampuan pengelolaan lembaga, tak hanya diakui oleh masyarakat sekitar atau pihak dalam pesantren Al Yasini Pasuruan saja, tapi juga pemerintah. Salah satunya buktinya adalah kedatangan menteri-menteri agama di pesantren Al Yasini untuk meresmikan, melihat dan mendukung segala sesuatunya.

pesantren Al Yasini Pasuruan

Nama dari pesantren Al Yasini sendiri diambil dari nama pendirinya, KH. Yasin Abdul Ghoni yang mengadakan pengajian rutin di kampungnya pada tahun 1940. Setelah beliau wafat, pengajian dilanjutkan oleh istrinya yang bernama Nyai Chusna.

Selepas putra bungsu KH. Yasin pulang dari pesantren, maka pada tahun 1953, kepemimpinan berada di KH. Imron Fathullah. Kiprah Al Yasini semakin berkembang, hingga akhirnya mendirikan sekolah keguruan untuk kader-kader pengajar. Hingga kini, ribuan santri telah belajar dan lulus dari Al Yasini.

Pendidikan di Ponpes Al Yasini Pasuruan

Pesantren ini merupakan pesantren salafiyah modern yang selalu mengedepankan kemajuan zaman dalam pengelolaannya. Namun, pesantren juga tidak meninggalkan nilai-nilai agama leluhur.

Santri dan santriwati tetap diajarkan untuk mengenal dan faham kitab kuning, pun  mengerjakan amalan-amalan yang telah menjadi ritual para kyai.  Sehingga santri cukup baik.

Hal ini bertujuan agar para santri dan santriwati pesantren Al Yasini Pasuruan tahu, semaju apapun perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan, kita tetap tidak boleh meninggalkan ajaran dan amalan para kyai sepuh yang sudah meninggal.

Adapun lembaga pendidikan formal yang dimiliki oleh pesantren Al Yasini Pasururan sangatah beragam. Tak hanya di jenjang TK atau SD saja, Al Yasini juga memiliki Mts, SMP, SMK, SMA, MA hingga STAI. Para santri dan santriwati akan bersekolah formal di lembaga-lembaga tersebut, yang tentunya menjadi pilihan para santri sendiri.

Keunggulan Pesantren Al Yasini

Program unggulan agama dari pesantren Al Yasini adalah percepatan baca tulis Al Quran selama tiga bulan, ini tergolong cukup cepat sekali. Biasanya rata-rata enam bulan.

Belum lagi mampu membaca kitab kuning dalam waktu setahun, penguasaan fathul qorib dan gramatika arab dalam dua tahun, ini juga tergolong cukup cepat. Menurut kami pesantren Al Yasini Pasuruan cukup bagus.

panduanterbaik.id

Satu lagi keunggulannya adalah program tahfidzul quran dan mengabdi di berbagai pesantren selepas lulus. Dengan beragamnya program unggulan tersebut, otomatis santri dan santriwati juga memiliki banyak aktivitas yang mendukung tercapainya target di pesantren Al Yasini Pasuruan.

Kegiatan Harian di Pesantren

Pembelajaran Al Quran dan kitab kuning sudah dimulai selepas sholat shubuh. Pada siang hari terdapat kajian shohih bukhori dan ilmu hadist bagi para santri senior. Sementara itu, madrasah diniyah salafiyah dimulai pada pukul 14.00.

Pembelajaran Al Quran dan mengajikitab kuning kembali dilakukan selepas maghrib di rumah bapak pengasuh,untuk kali ini, kitab yang dibahas adalah tafsir jalalain. Waktu terakhir untuk kajian kitab adalah pukul 20.00.

Dengan padatnya pendidikan santri, baik dalam pendidikan formal maupun non formal, santripun harus mendapatkan istirahat yang berkualitas. Asrama representatif adalah salah satu fasilitas dari Pesantren Al Yasini Pasuruan.

Fasilitas dan Ekstrakurikuler

Selain itu juga terdapat balai kesehatan bagi santri yang sakit, toserba, wartel, sarana olahraga dan kesenian, masjid dan mushola yang juga sangat representatif serta banyak lagi fasilitas yang lainnya.

Skill para santri juga diasah dengan bermacam kegiatan. Beberapa diantaranya adalah jamiatul muballigihin atau pidato, jurnalistik, qiraat, sholawat al banjari, kewirausahaan, senam santri, pencak silat dan berbagai kursus keterampilan.

Semua ekstrakulikuler ini dibuat semata-mata agar kegiatan santri lebih produktif dan variatif di ponpes Al Yasini Pasuruan. Waktunya diadakan saat hari libur tiba, santri pun dapat sekedar menyalurkan hobi dan melepas lelah dengan mengikuti macam extrakulikuler tersebut.

Kami rasa, pesantren Al Yasini Pasuruan cukup seimbang dalam membuat dan mengatur jadwal keseharian santri. Pendidikan formalnya pun telah mendapatkan akreditasi A di hampir semua jenjang.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Pendaftaran pesantren Al Yasini Pasuruan dibuka dalam dua gelombang, awal dan akhir tahun. Bagi Anda yang mendaftarkan putra-putri anda di awal waktu, tentu mendapat harga yang cukup lebih murah disbanding harga di gelombang kedua.

Biaya masuknya sebesar Rp4.950.000 untuk putra dan Rp4.890.000 untuk putri. Sudah termasuk syahriyah atau SPP pesantren Rp. 900.000m- per semesternya.

Biaya yang cukup murah untuk pendidikan sebaik ini. Bisa dipertimbangan dengan pesantren lainnya di Pasuruan di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing sebagai pertimbangan.

Alamat Lengkap

Jika ingin informasi lebih akurat, atau lebih update, bisa kunjungi http://psb.alyasini.net. Atau hubungi kontak pesantren di 085755168335.

Alamat lengkap pesantren berada di Areng-Areng, Sambisirah Wonorejo – atau alamat 2 di Ngabar, Kraton dan alamat 3 di Kluwut Wonorejo, semuanya terletak di kota Pasuruan, Jawa Timur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *