Pesantren Al Amanah Krian Sidoarjo | Jenis Pendidikan dan Biaya

Posted by

Pesantren Al Amanah Krian merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup dikenal di wilayah Sidoarjo Jawa Timur. Pesantren ini memiliki letak yang tidak begitu jauh dari jalan utama. Santrinya cukup banyak dari beragam daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi berdasarkan website resmi dan brosur yang kami dapatkan. Di antara yang akan kami bahas adalah profil pesantren, jenis pendidikan, dan biaya masuk ponpes Al Amanah Krian Sidoarjo.

Pesantren Al Amanah Krian Sidoarjo

Pesantren Al Amanah Krian dikenal juga dengan sebutan pesantren Al … Junwangi karena memang berada di desa Junwangi. Berdiri pada tahun 1992, usia pesantren sudah cukup matang selama 30 tahun.

Pondok Pesantren Al Amanah memiliki model pesantren modern. Beberapa aspek terlihat mirip Pesantren Gontor dalam aspek disiplin, cara berpakaian, dan ketika kami silaturahim dalam kegiatan informal, juga banyak guru berasal dari Gontor.

pesantren al amanah krian

Pendidikan di Pesantren

Ada dua program pendidikan yang utama di pesantren ini, yaitu SMP bilingual. Yaitu pendidikan menengah pertama yang mengedepankan unsur penggunaan dua bahasa utama, Arab dan Inggris.

Uniknya ada tambahan kromo inggil sebagai salah satu unsur bahasa. Akreditasinya juga A. Cukup baik untuk ukuran pesantren, yang artinya sudah standar nasional. Programnya ada tiga, yaitu reguler dengan kurikulum dikbud dan pesantren.

Kedua adalah tahfidz Quran, yaitu program pendidikan formal dengan takhassus mengahfal Al Quran. Satu program lagi adalah pendalaman kitab turots dan ilmu falaq. Ini bentuknya adalah pendalaman kitab kuning.

Jenjang kedua di pesantren adalah Madrasah Aliyah Billingual. Akreditasinya juga sudah A. Memenuhi kriteria nasional. Programnya juga ada tiga seperti yang ada di jenjang SMP pesantren Al Amanah Krian. Tersedia jurusan IPA dan IPS.

Tahfidz di Ponpes Al Amanah Junwangi

Untuk program tahfidz Quran terbagi menjadi dua. Kalau mengikuti kelas reguler maka dalam tiga tahun akan menghafal sebanyak tiga juz. Satu tahun satu juz. Menurut kami ini sudah cukup baik, rata-rata pesantren reguler demikian.

Sedangkan yang khusus, yaitu disebut dengan Sanggar Tahfidz Entrepreneur. Memang di dalamnya ada program entrepreneur selain tahfidz. Di mana nantinya jika menghafal 30 juz akan mendapatkan ijazah tahfidz, pesantren, dan ijazah madrasah. Jadi lengkap.

Untuk jenjang SMP, dengan program khusus tahfidz ini akan menghafal 15 juz. Sedangkan untuk tingkat Aliyah mampu menghafal sebanyak 30 juz, dengan durasi tiga tahun. Menurut kami sudah cukup bagus. Tidak lupa bahasa arab dan inggris dibiasakan sebagai alat komunikasi dalam masa pendidikan.

Program Turost di Pondok Modern Al Amanah

Yang satu ini adalah program pendamping di mana dikhususkan untuk kitab kuning. Kalau di pesantren salafiyah ada madrasah diniyyah. Di pesantren Al Amanah Krian program ini memiliki target mahir membaca kitab kuning.

Di antara pembelajarannya adalah nadzom imrithy dan alfiyah. Juga mahir ilmu falaq, syair-syair arab, ilmu balaghoh, dan pendalaman kitab-kitab salaf. Tapi bahasa inggris tetap tidak ditinggalkan. Kalau dilihat fokusnya memang menguasai ilmu alat baca kitab.

Pendaftaran Pesantren Al Amanah Sidoarjo

Bagi yang ingin mendaftarn di pesantren Al Amanah Sidoarjo, bisa melakukan pendaftaran langsung di website pesantren. Link akan kami sertakan di bawah. Yang paling penting beberapa syarat umumnya adalah,

  • Surat keterangan aktif siswa
  • NISN sebanyak dual embar
  • FC Akta Lahir
  • FC KK
  • FC Ijazah TPQ atau surat keterangan dari TPQ terkait membaca Al Quran
  • Surat keterangan bebas narkoba
  • Foto 3×4 tiga lembar hitam putih
  • FC raport

Adapun untuk biaya pendaftarannya tergantung gelombang pendaftaran. Untuk Aliyah, jika masuk gelombang satu biaya pendaftarannya Rp300.000 untuk reguler, sedangkan program khusus dan turots, Rp400.000. Jika masuk gelombang dua maka akan ada tambahan lima puluh ribu.

Sedangkan untuk jenjang menengah pertama biaya pendaftarannya Rp250.000 untuk reguler, dan Rp350.000 untuk khusus dan turots. Pendaftaran sudah dibuka sejak November. Bisa lebih awal mendaftar.

Biaya Masuk Pesantren Al Amanah Krian

Biaya masuk pesantren Al Amanah krian untuk yang Aliyah sebesar 14 jutaan, dan dibayar cash tidak bisa dicicil. Untuk yang jenjang menengah pertama sebesar 11 jutaan, juga dibayar cash tidak dicicil. Ini kami lihat di tahun ajaran 2021-2022.

Menurut kami biaya masuk pesantren ini tergolong cukupan. Bisa dibandingkan dengan pondok pesantren lain di Sidoarjo di link ini. Kami sudah sajikan dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Apalagi fasilitas dan sarana prasana ini pesantren ini sudah cukup baik. Gedungnya bertingkat, luas, juga pembimbingnya banyak. Sehingga terlihat santri tertib dalam menjalankan aktivitas hariannya dan memiliki banyak ekstrakurikuler.

Alamat Lengkap

Jika ingin berkunjung alamat lengkap ponpes Al Amanah berada di Jalan Raya Junwangi, Junwangi, Kec. Krian, Kabupaten Sidoarjo. Atau jika kebingungan bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Informasi lebih lengkap, dan update seputar pendaftaran dan biaya masuk bisa kunjungi website resmi di sini. Atau bisa berkomunikasi di nomor 031-8983363. Semoga rangkuman informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *