Istimewanya Pesantren Kaligrafi Lemka | Pendaftaran dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren kaligrafi Lemka terletak di Sukabumi. Pondok Pesantren Kaligrafi Lemka merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dituju oleh banyak orangtua sebagai tempat menimba ilmu untuk putra-putrinya dalam bidang seni Islam.

Pondok pesantren ini dulunya adalah bagian dari Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, yang kemudian diusulkan untuk dirintis menjadi pondok pesantren pada tahun 1998 oleh Drs. H. D Sirajuddin AR, M. Ag. 

Pondok pesantren ini juga bisa dibilang cukup unik karena dekat sekali dengan seni kaligrafi. Apa keistimewaan pesantren ini? Berapa lama durasi belajar di Pesantren Kaligrafi Lemka? Kami akan jelaskan beserta pendaftaran dan biaya masuk pesantren. 

Lembaga Kaligrafi Terbesar di ASEAN

Dari namanya saja, kita pasti sudah mengetahui bahwa pesantren ini sangat dekat dengan dunia seni kaligrafi. Ya, Pesantren Kaligrafi Lemka adalah satu-satunya pesantren kaligrafi (Khat) di Indonesia yang khusus bergerak di bidang pengembangan seni kaligrafi. 

Terletak di Kelurahan Kramat, Kecamatan Burung Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, pesantren ini juga menjadi lembaga kaligrafi terbesar di ASEAN. 

Setelah proses yang cukup panjang, pesantren ini pun akhirnya mendapat respon positif dari masyarakat. Hal tersebut terlihat dari masyarakat yang ikut berpartisipasi dengan mewakafkan tanah mereka dalam pembangunan pesantren ini. 

Hingga akhirnya, pesantren kaligrafi Lemka mampu melahirkan lebih dari 6000 orang kader, guru, penulis, dan tenaga profesional di bidang kaligrafi. Tentu pencapaian yang sungguh luar biasa. Ini adalah pesantren seni di Indonesia.

Prestasi di Kancah Nasional dan Internasional

Prestasi yang telah diraih oleh para santri dan lulusan pesantren ini, tentunya tidak boleh luput untuk menjadi perhatian. Para santri dilatih untuk bersaing dan berkompetisi dalam berbagai event dan lomba, baik nasional maupun internasional. 

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh santrinya, antara lain Juara Kaligrafi Tingkat ASEAN di Brunei, Juara Musabawah Tilawatil Qur’an tingkat lokal dan nasional eksibisi pameran kaligrafi, dan masih banyak lagi.

Sistem Pendidikan, dan Program

Pesantren Kaligrafi Lemka sendiri memiliki tiga program pendidikan, yaitu Program Diklat, Program Kursus, dan Program Privat Kaligrafi (Dekorasi Masjid, Lukisan Kontemporer, Naskah, Mushaf, Dekorasi). 

Kurikulum yang diterapkan di Pesantren Kaligrafi Lemka ini merupakan perpaduan antara kurikulum pesantren Gontor dengan kurikulum sendiri. Kurikulum Gontor untuk pesantrennya, karena sang pendiri merupakan alumni dari pesantren di Jawa Timur tersebut. Sedangkan kurikulum sendiri lebih banyak pada aspek seni kaligrafi. 

Pondok Pesantren Kaligrafi Lemka ini unik dan berani beda karena mengajarkan berbagai gaya khat secara detail dari huruf-huruf tunggal, tata letak, komposisi, harmoni, proporsi, cara menggores, dan teknik gubahan.

PanduanTerbaik.id

Untuk materi khat yang diajarkan di pesantren kaligrafi Lemka yang utama adalah kaidah dasar kaligrafi, dari khat naskhi, tsulus, diwan, dan farisi. Kemudian setiap santri akan terus mengikuti latihan khat. 

Uniknya tidak hanya latihan secara praktis, tapi juga diajarkan wawasan seni Islam. Yaitu berbentuk pengetahuan dan kajian yang nantinya digabungkan dengan safari seni. 

Tapi jangan lupa karena pesantren maka di sini juga tersedia MTQ, Qiyamul Lail, shalat berjamaah bersama. Menurut kami jika Anda seorang seniman akan merasa sangat nyaman berada di lingkungan ini.

Maka Anda akan menemui di pesantren kaligrafi Lemka tinta, kanvas, kertas, cat, kuas, dan beberapa hasil lukisan di pesantren ini. Keindahan seni benar-benar terpampang di setiap sudutnya. 

Saat ini, murid di Pondok Pesantren Lemka berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia, bahkan banyak pula yang berasal dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Inggris, Oman, dan Australia. 

Selain itu juga akan ada banyak gaya kaligrafi yang diajarkan di pesantren ini, diantaranya aliran dekoratif, aliran kontemporer, aliran mushab, dan aliran murni.

Fasilitas di Pesantren Kaligrafi Lemka

Dengan menjadi santri di Pondok Pesantren Kaligrafi Lemka, Anda bisa belajar dengan nuansa rekreatif. Para santri dapat melukis dan berdiskusi tentang kaligrafi di alam terbuka, di bukit, tepi pantai, dan tempat-tempat rekreasi yang indah dan mengasyikkan. 

Tentunya hal ini sangat penting untuk menstimulasi kreatifitas santri dalam melukis. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren favorit terutama untuk mereka yang ingin mendalami seni. 

Para santri akan diberikan wawasan seni ilmiah dengan pengajian seni, mubahasah tafsir Al-Qur’an, teknik mengajar khat, dan organisasi kesanggaran. Untuk mewujudkan pengajaran di bidang seni kaligrafi tersebut, tentunya ada beberapa fasilitas yang disediakan sebagai penunjang pembelajarakan khusus dan diklat pesantren kaligrafi Lemka.

Fasilitas pertama adalah Saung Ekspresi. Di sini, para santri bebas berkreasi di sebuah ruang terbuka, serta menerima materi dan belajar kaligrafi secara intens. Selanjutnya ada perpustakaan yang menyediakan banyak sekali sumber referensi seni kaligrafi. 

pesantren kaligrafi Lemka
sumber Lemka.net

Beberapa koleksi buku-buku seni dan hasil penelitian ilmiah maupun jurnal dan naskah-naskah yang berkenaan tentang kaligrafi pun bisa didapatkan di sini. Pesantren seni ini menyuguhkan kepuasan dalam belajar.

Bahkan di pesantren Kaligrafi Lemka terdapat Bengkel Kreasi. Bengkel Kreasi merupakan sebuah laboratorium kewirausahaan pondok. Di pesantren ini, para santri pun juga diajak berwawasan kewirausahaan dalam menopang aspek ekonomi pondok. 

Di sini, Lemka juga mendorong lahirnya industri kreatif di bidan seni kaligrafi Al-Qur’an seperti NOQTAH Art, Assiry, Saktah, dan lain-lain. Kalau di Jawa Timur pesantren ini spesialis seperti pesantren IT di Magetan. 

Selain fasilitas di atas, Pondok Pesantren Kaligrafi Lemka juga menyediakan asrama yang dinamai Gedung Tinta, Gedung Kanvas, Asputri Jadidah, dan lain-lain. 

Koperasi Seni Santri juga disediakan khusus perlengkapan kaligrafi untuk memudahkan para santri untuk mendapatkan bahan yang dibutuhkan. Bahkan Lemka juga sudah membuat toko online resmi dan membuka galeri karya kaligrafi.

Berapa Lama Belajar di LEMKA?

Kalau Anda ingin datang ke Lemka pahami beberapa jenis pendidikan di pesantren ini. Karena secara garis besar terbagi menjadi dua. Pertama adalah nyantri. Dari website ini diketahui bahwa lama belajar di Lemka untuk jenjang ini selama satu tahun. 

Jenis pendidikan kedua adalah program kursus kaligrafi di Pesantren Lemka di Ciputat Tangerang Selatan. Yaitu program khusus pendalaman beberapa aspek. Durasinya dua bulan selama kurang lebih 32 kali pertemuan. Inilah perbedaan antara diklat pesantren dan kursus di pesantren Lemka. 

Pendaftaran dan Biaya Masuk Pesantren  

Untuk pendaftaran diklat pesantren antara 1 Juni sampai dengan 10 Juli. Anda bisa mendaftar sebelumnya melalui whatsApp di nomor 0813 89289 130. Nantinya Anda harus daftar ulang antara 1-7 Agustus dan datang pada tanggal 9 Agustus. 

Biaya masuk Pesantren Kaligrafi Lemka kurang lebih 5.7 juta. Dengan SPP bulanan sekitar 350 ribuan. Sudah termasuk agenda rihlah ke Ancol dan Dufan. Keren. Ada juga agenda melukis di puncak tangkuban perahu.

Sedangkan untuk kursus di Lemka dibuka pendaftaran pada 24 September sampai dengan 20 Oktober. Nantinya pendaftaran tergantung jenis kursus yang diikuti. Kalau kelas lukis sekitar 600 ribuan. Sedangkan untuk kelas khat sekitar 500 ribuan. 

Ketentuan ini bisa jadi berubah. Hubungi saja nomor (021) 749 6279 atau website resminya di https://www.lemka.net/

Google Maps ke Pesantren Lemka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *