5 Pesantren Terbaik di Banyumas | Ada Yang Biaya Murah dan Bagus

Posted by

Pesantren terbaik di Banyumas cukup banyak. Karena kota ini dikenal memiliki pesantren dengan banyak jenis. Mulai dari pesantren tahfidz Quran, pesantren modern, hingga pesantren tradisional dengan pelajar dari seluruh Indonesia.

Namun demikian kami akan memilih lima pesantren terbaik versi kami. Tentu ini sangat subjektif, pertimbangannya adalah kepopuleran, sistem pendidikan, rating dari Google, jumlah komentar, dan ketersediaan informasi yang mudah kami akses. Semoga bermanfaat. Nomor bukanlah rating.

Pesantren Ath Thohiriyah Banyumas

Pesantren ini ada yang menyebut masuk wilayah Purwokerto, tapi kami telisik di alamat berada di Banyumas. Lengkapnya adalah JL. K.S. Tubun, Karangsalam Kidul, Kedung Banteng, Dusun II, Karangsalam Kidul.

Pesantren ini memiliki pendidikan yang khas dengan tradisional. Yaitu pendidikan kitab kuning secara mendalam. Dengan model madrasah diniyyah yang terdiri dari beragam tingkatan. Jurumiyah, Imrithi, hingga Alfiyah menjadi salah satu menu wajib.

pesantren terbaik di banyumas

Di sisi lain juga ada pendidikan tahfidz Quran. Jadi ada program khusus, bagi mereka yang ingin menghafal Quran saja. Pencapaiannya bisa 30 juz. Menurut kami cukup baik. Oleh sebab itu pilihannya lengkap.

Yang membuat kami memilih menjadi salah satu pesantren terbaik di Banyumas adalah ponpes ini bisa untuk remaja, bahkan dewasa atau mahasiswa. Putra juga putri. Biayanya juga cukup terjangkau, sekitar 1.1 juta dengan SPP bulanan sekitar 190 ribuan. Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Modern Zam-Zam

Pesantren terbaik di Banyumas berikutnya adalah Zam-zam Muhammadiyah. Pesantren ini juga dikenal dengan nama pesantren Cilongok, merujuk pada alamatnya yang berada di jalan Pernasidi, Cilongok, Banyumas.

Kelebihan dari pesantren Cilongok Banyumas ini adalah sistem modern yang dimiliki. Pendidikan formalnya tersedia jenjang SMP dan SMA yang merujuk kepada diknas. Sehingga porsi sains cukup proporsional.

Kedua, ada kurikulum KMI, yaitu kurikulum yang mana lebih khusus menekankan pada aspek pendidikan diniyyah, atau keislaman. Jadi santri menguasai ilmu Islam dengan baik. Satu lagi ada tahfidz Quran, program takhassus namanya. Santri bisa menghafal sampai 30 juz Al Quran.

Fasilitasnya juga cukup memadai, mulai dari sarana olah raga, atau fasilitas akademik seperti laboratorium, serta lain sebagainya. Gedung-gedungnya bertingkat. Informasi lebih lengkap dan biayanya bisa dibaca di sini.

Pesantren Tahfidz Quran Miftahus Salam

Satu lagi pesantren terbaik di Banyumas versi kami adalah Miftahussalam yang beralamat di Jl. Kejawar, Karangpucung, Kejawar, Kecamatan Banyumas. Pesantren ini tergolong cukup tua dan berdiri pada tahun 1976.

Kalau dari segi pondok pesantren sistemnya lebih kepada perpaduan klasik dan modern. Jenjang pendidikannya adalah Tsanawiyah atau setingkat SMP, dan Aliyah atau setingkat SMA. Jadi langsung tersedia pendidikan formal.

Tersedia pula madrasah diniyyah yang fokus pada pendidikan keagamaan. Yang menarik ada program khusus tahfidz Quran dengan kuota sangat terbatas untuk santri putra dan putri. Di tahun ajaran 2020-2021 tersedia hanya 10 putra, dan 10 putri.

Adapun fasilitas cukup memadai, lapangan olah raga, laboratorium saintek, perpustakaan. Sedangkan biayanya tergolong lumayan, tahun ajaran 2021-2022 untuk jenjang MTs 7.2 jutaan, sedangkan MA 7.4 jutaan. Informasi lebih detil bisa dibaca di sini.

Pesantren Darul Ulum Kemrajen

Darul Ulum Kemrajen merupakan salah satu pesantren dengan identitas NU yang cukup kuat. Di antaranya adalah kegiatan rutin barzanji, istighosah, kemudian pendidikan berbasis kitab kuning yang khas.

Alamatnya berada di Sirau, Kemranjen, Cijeruk, Sirau, Kec. Banyumas. Pesantren ini tergolong masih baru, tapi pertumbuhannya bisa dikatakan begitu pesat. Apalagi tersedia pendidikan formal, dan juga pendidikan diniyyah.

Namun yang menjadi keunggulan adalah adanya pendidikan kitab kuning dan tahfidz Quran. Bentuknya adalah sorogan dan bandongan yang difungsikan agar transfer ilmu dari guru ke murid berjalan optimal.

Sisi lain yang menjadi pesantren terbaik di Banyumas adalah biaya masuknya cukup terjangkau. Untuk santri putra hanya Rp765.000, sedangkan putri Rp850.000 di tahun 2020. Bahkan SPP hanya Rp260.000. Tergolong pesantren murah berkualitas.

PanduanTerbaik.id

Pesantren Terbaik At Taujieh Al Islamy Kebasen

Satu lagi pesantren terbaik di Banyumas yaitu Pondok Pesantren At Taujieh Al Islamy atau yang sering dikenal dengan sebutan pesantren Leler Banyumas. Berdiri di tahun 2020, pondok ini punya ikatan khusus dengan Al Anwar Sarang karena diasuh oleh menantu Mbah Maimun Zubair.

Pendidikannya kombinasi antara salafiyah dan modern. Salafiyah menekankan pada penguasaan bahasa arab, atau biasa disebut dengan ilmu alat, penguasaan kitab kuning yang dilakukan dengan metode sorogan dan bandongan.

Kedua adalah pendidikan formal dengan tingkat SMP dan SMA yang sering disebut dengan SMP SMA Andalusia. Disamping itu juga dibarengi dengan tahfidz Quran. Kombinasi yang cukup menarik sehingga menjadi salah satu pesantren favorit.

Alamat lengkapnya berada di Leler, Gombolsalak, Randegan, Kecamatan Kebasen. Mudah dijangkau. Bagi yang ingin informasi lebih detil tentang pendidikan serta estimasi biaya bisa kunjungi link ini.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Banyumas. Tentu saja masih banyak pondok pesantren lainnya. Ini hanya pilihan versi kami. Jika ada pesantren yang ingin diulas, cukup kirimkan brosur lengkap ke affany1986@gmail.com, kami akan membantu untuk menjelaskan di internet melalui website ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *