Pesantren Syubbanul Wathon Magelang | Keistimewaan dan Pendaftaran

Posted by

Pesantren Syubbanul Wathon Magelang merupakan salah satu pondok pesantren besar dan cukup terkenal. Apalagi masih bagian dari Ponpes Api Asri Tegalrejo yang merupakan pesantren cukup legendaris di Magelang.

Oleh sebab itu kami akan mengulas sedikit tentang pesantren Syubbanul Wahton Magelang bersumber dari website resmi, brosur yang kami dapatkan, juga rangkuman informasi lainnya agar menjadi rangkuman informasi bermanfaat.

Pesantren Syubbanul Wathon Magelang

Pesantren Syubbanul Wathon Magelang merupakan salah satu cabang dari Ponpes Asrama Pelajar Islam ASRI Tegalrejo yang didirikan pada tahun 1944. Jadi sangat terkenal sekali dan santrinya lebih dari sepuluh ribu. Tergolong pesantren terbesar di Jawa Tengah.

Namun demikian menurut kami yang menarik dari ponpes Syubbanul Wathon adalah kelengkapan pendidikan formalnya. Jadi tidak hanya identik dengan pendidikan klasik mengaji kitab kuning. Tapi ada juga pendidikan di sekolah dengan kurikulum nasional.

pesantren syubbanul wathon magelang

Pendidikan di Syubbanul Wathon Magelang

Basis pendidikan di pesantren API ASRI Tegalrejo adalah salafiyah murni. Di mana pendidikan menekankan pada unsur kitab kuning dan mendalami ahlus sunnah wal jama’ah. Ilmu alat seperti nahwu sharf dengan menghafal alfiyah sudah menjadi tradisi yang tidak dilupakan.

Hal ini juga terjadi di pesantren Syubbanul Wathon Magelang. Hanya saja salah satu kelebihan utamanya adalah pendidikan formal dengan jenjang SMP, MTs, MA, SMA, dan SMK. Jadi sangat lengkap sekali.

Adapun sistem yang digunakan adalah asrama, atau orang sering menyebut sekarang dengan boarding school. Jadi santri sekolah, tapi mondok di asrama. Hal inilah yang kemudian menjadi favorit di masyarakat.

Pendidikan Ponpes Syubbanul Wathon Secang

Yang pertama adalah jenjang SMP yang mana lebih menginduk ke diknas. Sehingga unsur pendidikan sains lebih terasa. Sedangkan yang satu lagi adalah jenjang MTs di mana lebih menekankan pada khazanah keilmuan pesantren.

Maksudnya adalah mengkaji kitab kuning. Nantinya jenjang ini selama enam tahun dengan langsung ditambah MA tiga tahun. Di jenjang ini sains juga tidak dilupakan, jadi pendidikan yang dihadirkan seimbang.

Jenjang berikutnya adalah SMA yang mana sudah memiliki nilai akreditasi A. Artinya sudah sesuai dengan standar nasional. Fasilitasnya juga mumpuni dengan dua jurusan utama, IPA dan IPS. Disesuaikan dengan minat santri.

Terakhir di pesantren Syubbanul Wathon Magelang adalah jenjang SMK di mana terbagi menjadi dua. Kalau SMK Tegalrejo memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, dan Tata Busana.

Sedangkan SMK di Secang memiliki jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Perbankan Syariah, dan Animasi. Jurusan ini merupakan yang butuhkan di era millennial seperti sekarang. Jadi cukup bagus.

Prestasi Santri

Untuk melihat kualitas pendidikan, bisa kita lihat dari prestasi yang berhasil diraih oleh santri. Di antaranya adalah juara 3 lomba karya ilmiah tingkat SMA kabupaten Magelang. Adalagi juara dua penelitian bidang sains terapan tingkat SMA se-Magelang.

Serta juara lainnya untuk tingkat SMP juga banyak. Rata-rata adalah kejuaraan seperti tahfidz Quran, tilawah, MTQ dan lain sebagainya. Kompetensi pokok pesantren Syubbanul Wathon Magelang memang di sini.

Pendaftaran Santri

Adapun jika ingin mendaftar maka siapkan kartu keluarga dan akta kelahiran, tapi discan, karena semuanya menggunakan sistem online. Nanti bisa mengisi form di link ini http://bit.ly/formulirpsbsw2021.

Namun yang perlu disiapkan adalah tes masuknya. Di antaranya adalah sebagai berikut

  • Membaca Al Quran
  • Membaca Kitab
  • Menulis ayat Al Quran
  • Membaca dan menulis arab pegon

Adapun untuk akademik memiliki materi tes sebagai berikut untuk SMP dan MTS

  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • IPA
  • Pendidikan Agama Islam

Sedangkan untuk SMA dan SMK ada tambahan bahasa Inggris serta ada tes logika untuk jenjang MTs dan SMA. Jadi perlu diperhatikan baik-baik ya.

Biaya Masuk Pesantren

Biaya yang kami dapatkan hanya biaya pendaftaran Rp200.000, semuanya rata. Sedangkan biaya total kami belum berhasil mendapatkan. Hanya saja kalau untuk pondok pesantren pusatnya adalah hanya sekitar Rp450.000-an (2021).

Bisa ditanyakan lebih detil ke pihak pesantren. Menurut kami biaya tersebut cukup terjangkau bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Magelang di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Pesantren Syubbanul Wathon Magelang beralamat di Jl. Pirikan-Grabag KM. 02 Girikulon Secang. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan di bawah ini. Tinggal klik saja agar tidak bingung.

Informasi lebih lengkap, lebih update, dan lebih valid bisa kunjungi website resminya di https://tegalrejo.com/, atau hubungi nomor telepon (0293) 3149001. Semoga informasi ini bisa menjadi manfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *