9 Pesantren Terbaik di Magelang | Biaya Masuk Standard

Posted by

Pesantren terbaik di Magelang | Konon Magelang merupakan salah satu daerah yang tertua di Indonesia. Hari jadinya ditetapkan pada tahun 907 masehi. Namun kota yang dikenal dengan Candi Borobudurnya ini ternyata menyimpan banyak pondok pesantren terbaik.

Oleh sebab itu kali ini kami ingin mengulas beberapa pesantren terbaik di Magelang berdasarkan informasi yang berhasil kami himpun, rating google, dan beragam unsur subjektif lainnya. Nomor bukanlah ranking. 

Pesantren Terbaik Asrama perguruan Islam API Tegalrejo

Bisa dikatakan pesantren ini merupakan salah satu ponpes tertua di Magelang. Berdiri pada tahun 1944, dengan alamat Jl. Magelang – Salatiga, Ngernak, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo. Pesantren ini sudah teruji dalam lintasan zaman.

Santrinya mencapai 10 ribu lebih, berada di komplek asrama. Di Magelang, pesantren ini merupakan yang terbesar. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Magelang.

Secara kurikulum pendidikan pesantren ini mirip dengan Sidogiri di Pasuruan. Yaitu pesantren salafiyah yang fokus pada pendalaman kitab-kitab kuning dengan delapan tingkatan. Masing-masing tingkat ditempuh dalam satu tahun. Tapi sekiranya hanya menempuh dua tingkatan juga tidak apa-apa. 

Ada juga pendidikan formal, seperti SMP, SMA, dan SMK. Biaya masuk pendaftaran hanya seratus ribu. Info lengkap bisa kunjungi websitenya di sini.

Pesantren Kesederhanaan Tidar

Pesantren ini berdiri pada tahun 1983, alamatnya di Tidar Dudan, Magelang Selatan, Tidar Utara, Kec. Magelang Selatan. Meskipun pesantren ini berdiri sudah lama, namun tidak terlalu besar.

Yang membuat kami memasukkan ke dalam pesantren terbaik di Magelang adalah fokusnya pada kurikulum KMI. Ini adalah kurikulum Gontor yang fokus pada pendidikan karakter. Kemudian dikombinasikan dengan tahfidz Quran. 

Sisi lain adalah pengajaran kesederhanaan hidup pada santri. Di tengah-tengah pendidikan yang penuh dengan kenyamanan, di pesantren ini lebih menekankan pada aspek kesederhanaan. 

Prestasinya pun kebanyakan dalam aspek Al Quran, seperti juara MTQ tingkat kota Magelang pada tahun 2010. 

Pesantren Tahfidz Quran An Nur Pakis

Pesantren ini bernama An Nur, beralamat di Ngalarangan, Rejosari, Pakis. Memiliki manhaj salaf, mengikuti Quran dan Sunnah. Hingga cara berpakaian juga rata-rata menggunakan jubah.

Ada dua fokus program di pesantren ini, pertama adalah bahasa arab, dari membaca kitab gundul, hingga menguasai dasar percakapan. Waktunya bisa sekitar tiga bulan. Biayanya hanya dua jutaan.

Ada satu lagi program khusus tahfidz Quran, tertera di brosur bisa menghafal dalam waktu dua tahun untuk 30 juz mutqin. Artinya benar-benar hafal. Tapi syarat daftarnya harus bisa baca kitab gundul atau lulus program bahasa di An Nur.

Biayanya hanya sekitar 200 ribuan setiap bulan. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Magelang.

Gontor Putra Darul Qiyam

Pesantren yang satu ini merupakan cabang resmi dari Gontor Ponorogo. Sering disebut dengan Gontor 6. Alamatnya di Gadingsari, Mangunsari, Sawangan. Ini pesantren khusus untuk putra. 

Pesantren Gontor dikenal memiliki kurikulum sendiri yang bernama KMI. Yaitu kurikulum yang tidak berkiblat ke diknas atau kemenag. Sudah menggabungkan antara pendidikan agama dan umum. Kemudian komunikasi bahasa arab inggris aktif, dan pengembangan karakter yang mumpuni.

Kelebihan pesantren ini menurut kami selain cabang dari Gontor, adalah faktor tempatnya yang sangat nyaman. Berada di bawah perbukitan sehingga sejuk. Bahkan ada kolam renangnya. Sehingga santri nyaman. Airnya memang sangat melimpah. 

Untuk pendaftarannya mengikuti di Ponorogo, jadi kalau mau daftar di pusatnya. Biayanya sekitar 5.5 juta, biaya SPP bulanannya 640 ribuan. Info lengkap di sini.

Pesantren An Najach Tegalrejo

Satu lagi pesantren terbaik di Magelang yaitu An Najach Tegalrejo. Pesantren ini bisa dikatakan memiliki pengaruh yang cukup besar. Karena tamu-tamunya cukup prestisius. Dari mulai Sandiaga Uno, hingga pejabat lainnya.

Kiblat pesantren ini adalah salafiyah, yaitu model pendidikan dengan kitab kuning melalui metode sorogan dan bandongan. Alamat lengkapnya di Koripan, Koripon, Dawung, Kec. Tegalrejo. 

Namun menurut kami yang istimewa, meskipun kitab kuningnya kental, tetapi tidak meninggalkan pendidikan formal. Jenjang pendidikannya dari SD hingga SMA. Usia santri rata-rata 9-27 tahun. 

Kelebihan lainnya adalah rutin ada pengajian umum yang jumlah pengunjungnya sangat banyak. Bahkan menurut kami pengajiannya sangat terkenal di wilayah Magelang. Tidak afdhol kalau tidak memasukkan pesantren An Najach dalam daftar pesantren bagus di Magelang.

Pesantren Sunnah Al Lu’lu Wal Marjan

Pondok pesantren yang satu ini memiliki sifat yang fokus pada aspek sunnah nabi, mulai dari amalan keseharian, hingga hafalan-hafalan hadist. Namanya ponpes Al Lu’lu’ wal Marjan. Alamatnya di Bumirejo, Mungkid. Jenjangnya SMP.

Lulusan dari pesantren ini memiliki profil hafal 15 juz Al Quran. Kemudian hafal hadist minimal berjumlah 150. Mampu berbahasa arab, dari membaca, menulis hingga aktif berbicara. 

Ada juga penekanan dalam berdakwah, bekalnya adalah kemampuan berbicara, kemudian kuat di akidah dan akhlaq yang baik. Uniknya, setiap tahun hanya menerima 45 siswa. 

Memang secara fasilitas pesantren ini mirip boarding school, nyaman. Namun karena di bawah 20 juta, kami masukkan ke dalam pesantren. Biaya masuknya 14 juta dengan SPP bulanan sekitar 1.2 juta. Informasi lengkap bisa kunjungi link ini.

Pesantren Gratis Magelang Selamat 

Pesantren ini beralamat di Kelontong,, Palumbon, Jambewangi, Kec. Secang. Kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Magelang karena satu alasan, pesantren ini gratis.

Padahal program pendidikannya cukup lengkap. Pertama adalah program nasional, kedua adalah program tahfidz Quran, ketiga adalah program ngaji kitab kuning. Terakhir adalah program kewirausahaan. 

Memang pesantren ini sangat sederhana. Gedung-gedungnya juga masih banyak yang menggunakan bambu. Suasananya teduh di antara pepohonan bahkan sungai. Kembali ke alam. 

Pesantren Modern Magelang Pabelan

Pondok pesantren Modern Pabelan sudah berdiri cukup lama, tercatat 1965. Pesantren ini didirikan oleh alumni pesantren Gontor Ponorogo, maka banyak hal memang mirip dengan sistem pesantren Gontor.

Terutama berkaitan dengan kurikulum, ada KMI khas Gontor, ada MTS, ada MA, ada juga kelas khusus yaitu persiapan ke MA jika bukan dari pesantren. Karena untuk mengejar ketertinggalan bahasa dan lain sebagainya. 

Yang unik dari pesantren ini adalah prestasinya, pesantren ini banyak memenangi kejuaraan Taekwondo atau Pencaksilat. Memang ektrakulikulernya cukup variatif, santri bisa memiliki banyak pilihan. Di tahun 2019 juga menjuarai lomba mapel Kimia se-Kab. Magelang. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Magelang.

Biaya masuknya ada beberapa pilahan dari 8.7 sampai 10.7 juta. SPP-nya kurang lebih 750 ribuan. Info lengkap di sini, https://pabelan.or.id/

Ponpes At Taqwa Al Islamy Borobudur

Pesantren ini berdiri pada tahun 2014. Alamatnya di kanggan rt 4 rw 14, Ringin Putih, Sorotanan, Wringinputih, Kec. Borobudur. Nama pesantren ini At Taqwa Al Islamiy dengan fokus pada tahfidz Quran.

Ini pesantren tidak terlalu besar, sepertinya khusus putra. Sekali pendaftaran hanya menerima 35 santri. 20 SMP, 15 SMA. Ijazahnya adalah kejar paket B dan C plus ijazah pesantren. Biasanya tahfidz Quran khusus memang tidak menerima banyak santri.

Untuk tahfidz Quran, setiap jenjang mendapatkan 15 juz. Artinya khatam 30 juz kalau sudah lulus SMA. Penekanan lainnya adalah bahasa arab, lulus dari sini akan lancar membaca kitab kuning.

Biaya masuknya kurang lebih 3.250.000, sedangkan SPP-nya ada pilihan dari 350-an hingga 500 ribuan. Tidak mahal, oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Magelang. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

pesantren terbaik di Magelang

Daftar pesantren bagus di Magelang

Inilah beberapa pesantren bagus di Magelang yang bisa dijadikan pilihan untuk pendidikan anak. Tentu masih banyak pesantren terbaik lainnya. Namun demikian kami belum berhasil mendapatkan informasinya secara lengkap.

Jika ada pesantren lainnya yang ingin direview, cukup kirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com. Mohon dikoreksi jika ada kekeliruan atau tambahan informasi di kolom komentar. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *