7 Inspirasi Terbaik dari Sandiaga Uno

Posted by

Sandiaga Uno populer sebagai pengusaha sukses. Bahkan namanya tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Laki-laki kelahiran Pekanbaru ini kemudian semakin dikenal ketika memutuskan terjun ke dunia politik dan berhasil menjadi wakil gubernur DKI Jakarta pada 2017.

Namanya semakin melejit ketika menjadi cawapres dari H. Prabowo Subianto. Gaya kampanye yang dilakukannya berbeda. Energik, mengundang banyak puja puji. Meskipun kemudian kalah, namun anak dari pasangan Razif Halik dan Rachmini Rachman ini memiliki banyak inspirasi terbaik yang patut dijadikan contoh. Berikut 7 inspirasi terbaik dari Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno, Sosok Cerdas

Sandiaga memang dikenal sebagai sosok yang cerdas sedari kecil. Ketika kuliah, laki-laki yang kerap dijuluki papa online ini lulus dengan predikat Summa Cum Laude di Wichita State University, Kansas, Amerika. Oleh sebab itu Sandiaga termasuk generasi terbaik yang dimiliki Indonesia.

Laki-laki kelahiran 28 Juni 1969 ini juga menerima beasiswa di George Washington University, Amerika Serikat. Hasilnya pun mengagumkan. Sandiaga menjadi salah satu lulusan terbaik karena menamatkan kuliahnya dengan meraih IPK sempurna 4.00. Tentu tidak banyak orang yang bisa demikian.

Sosok Rendah Hati

Inspirasi terbaik dari Sandiaga Uno selanjutnya adalah sosoknya yang rendah hati. Meskipun Sandiaga adalah sosok yang tampan, cerdas, dan super duper kaya, tapi tidak membuatnya arogan, apalagi sombong. Hal ini terlihat dari banyak kesempatan tampil di depan publik. Sandiaga sangat jarang terlihat meledak-ledak. Ia santun meskipun ditekan oleh banyak orang. Bahkan menghormati lawan dalam politik.

Dalam bisnis tidak perlu diragukan. Dahlan Iskan dalam disway.id menyebut, Saya bisnis bumi. Ia bisnis langit. Kalau ada kesulitan di bumi minta tolongnya ke langit. Sandi menawarkan pertolongan itu. Dengan otak cerdasnya. Ia masih sangat muda. Saat itu. Belum 30 tahun.

Tapi Sandi bukan orang sombong. Di mana-mana Sandiaga bilang: bisnisnya mulai berkembang setelah bertemu saya itu.Tentu Sandi hanya merendah. Kenyataannya Sandiaga memang lebih sukses.
Begitulah gambaran rendah hati sosok Sandiaga Uno. Ini adalah inspirasi terbaik.

Karyawan Mahal

Sebenarnya Sandiaga Uno bukanlah seorang pengusaha tulen. Dulunya Sandiaga adalah karyawan. Selepas kuliah dengan nilai istimewa, keluarga Uno ini pernah bekerja di Bank Summa milik William Soeryadjaya.

Pada tahun 1993 sosok berkacamata ini bekerja di Singapura dan bergabung dengan perusahaan Investasi, Seapower Asia Investment Limited sebagai manager Investasi.

Tidak cukup itu, pada tahun 1995, Sandiaga pindah ke Kanada dan menjadi Executive Vice President di NTI Resources Ltd. Mentereng kan. Sudah bekerja di luar negeri, posisinya tinggi, plus gajinya 8.000 Dollar perbulan. Berarti sekitar 100-an juta kalau dikurskan sekarang. Weleh. Gaji terbaik lah.

Pengusaha Yang Kecelakaan

Krisis moneter kemudian mengubah hidupnya. Tahun 1997 di mana awal-awal krisis menerpa dunia, dan President Soeharto di ambang kejatuhan, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. PHK terjadi besar-besaran, termasuk Sandiaga Uno.

Keputusannya ketika itu, pulang ke Indonesia. Ia pun mencari pekerjaan dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun memiliki portofolio yang mentereng, tapi tidak membuat Sandiaga mudah mendapatkan tempat di perusahaan Indonesia. 25 perusahaan sudah menolaknya. Tapi dari sinilah kisah sebagai pengusaha sukses justru dimulai.

Sandiaga kemudian berubah pikiran, dari menjadi karyawan, berubah menjadi pengusaha. Ia kemudian bersama beberapa temannya, seperti Rosan Perkasa Roeslani mendirikan perusahaan penasehat keuangan, PT Recapital Advisors. Artinya menjadi pengusaha terkadang harus terjepit keadaan.

Perusahaannya kemudian berkembang pesat, terutama karena momentum krisis moneter yang membuat para pengusaha kesulitan keuangan perusahaan. Banyak klien, di antaranya adalah Dahlan Iskan.

Sandiaga Uno Menjadi Orang Terkaya

Memang salah satu inspirasi terbaik dari Sandiaga adalah kesuksesannya dalam memimpin perusahaan. Tercatat tidak hanya satu perusahaan, tapi juga beberapa perusahaan, seperti Saratoga Investama, juga Recapital, Adaro Energy, dan lain sebagainya. Apalagi Ia memegang perusahaan investasi dengan pola membeli saham mayoritas perusahaan, kemudian memperbaiki perusahaan, dan menjual kembali perusahaan tersebut.

Di tahun 2011, majalah Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Hasilnya Sandiaga berada di urutan 37. Kekayaannya mencapai US$ 660 juta. Wowowow. Pada tahun 2018, Sandiaga Uno mengungguli Jusuf Kalla. Total kekayaannya US$ 830 juta, berada pada posisi 47. Tentu ini menjadi inspirasi terbaik dari Sandiaga Uno bagi kita semua.

Alasan Jadi Politikus

Ini yang paling banyak ditanya, mengapa Sandiaga Uno terjun ke politik. Padahal, kekayaannya sudah buanyak, perusahaan sudah di mana-mana, tapi kok masuk politik. Habiskan uang, tenaga, waktu, dan lain sebagainya. Ternyata semua karena Prabowo Subianto.

Prabowo menyampaikan bahwa kalau jadi pengusaha, paling efeknya ke 20.000-an karyawan. Tapi kalau jadi pemimpin daerah, pemimpin bangsa, efeknya akan terasa seluruh masyarakat Indonesia. Sandiaga tersentak dengan pesan itu. Tapi juga masih ragu karena keluarga tidak ada riwayat jadi politikus.

Baca: 7 Rahasia Sukses Anies Baswedan

Sandiaga kemudian ingin izin ke ibunya. Sandiaga Uno yakin tidak akan diizinkan. Eh ternyata ibunya sudah ditelepon oleh sang jenderal, Prabowo Subianto. Belum banyak ngomong dan diskusi, langsung diizinkan.

Sandiaga Kalah Pilpres, Dapat 3 Triliun

Setelah pilpres dan Sandiaga ternyata kalah, banyak yang menyayangkan. Sudah habiskan uang, kalah pula. Mungkin itu yang terbesit. Tapi ternyata dugaan ini salah. Dikutip dari market.bisnis.com, selepas kekalahan di pilpres, perusahaan Sandiaga justru untung Rp3.1 triliun. Padahal itu hanya keuntungan satu semester awal di tahun 2019.

Benar tulisan Dahlan Iskan, pengusaha itu pinternya nyari uang. Inilah inspirasi terbaik dari Sandiaga Uno yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *