Pengalaman Pahit Ngeblog Orang Goblok | Jangan Ditiru

Posted by

Sebenarnya kami, tim panduanterbaik.id memiliki pengalaman ngeblog sudah dua tiga tahun. Blog ini berisi sesuatu yang terbaik di Indonesia, salah satunya dunia pendidikan, dari sekolah umum, hingga pesantren.

Blog ini pun pada akhirnya menjadi referensi karena sering nongol di page 1,2, dan 3 Google dalam  beberapa kata kunci “Terbaik” di mesin pencari. Seperti sekolah terbaik di Surabaya, dan beberapa kata kunci lainnya.

Sukses Daftar Google Adsense

Kami pun daftarkan ke Google Adsense, dan tara! Langsung diterima. Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya ya Mbah Google. Adapun bagaimana kami bisa menembus adsense dengan mudah bisa dibaca di pengalaman terbaik daftar Google Adsense, hanya tiga hari.

Kami pun meningkatkan durasi update. Biasanya kami hanya update satu minggu sekali, paling cepat kami update dua kali dalam seminggu. Dengan masing-masing tulisan sepanjang 600 kata. Kami tidak bermaksud untuk membuat tulisan di atas standard Google. Tapi ada alasan lain.

Kami sering menulis tentang sesuatu terbaik berjumlah minimal 5, contoh “5 Hal Terbaik dari Ibu Kota Kaltim”, maka masing-masing 100 kata, sehingga berjumlah 600 kata dengan paragraf pendahuluannya. Jadinya 600-an kata. Jumlah artikelnya ketika baru terdaftar di Google Adsense  mencapai 40-an artikel. 

Yang jadi catatan terbaik, ketika diterima Google Adsense viewer kami hanya 120-an secara natural. Berdasarkan data similarweb.com, website panduanterbaik.id memiliki sumber traffic 97-98% dari mesin pencari. Artinya benar-benar natural.

Sedangkan jika salah satu artikel kami dishare, maka dalam sehari, kami bisa mendapatkan traffic sampai 200-250 viewer setiap hari. Catatan cukup bagus.

Pendapatan Tak Terduga dari Google Adsense

Kami mengira, pendapatan dari Google Adsense langsung ratusan ribu setiap hari. Mimpi! Ckckck. Ternyata setiap hari hanya mendapatkan ratusan rupiah. Bahkan yang paling besar, kami mendapatkana 5000 sehari dengan traffic seperti yang sudah kami ceritakan.

Tapi kami juga memiliki pengetahuan baru, Google Adsense ternyata tidak hanya menghitung per klik. Ketika iklan di website kami nihil yang mengklik, pendapatan kami tetap ada, sekitar 150 perak. Mungkin nilai ini dari veiw yang melihat iklan video seperti Shopee dengan Cristiano Ronaldo sebagai bintangnya. Atau entahlah, pokoknya angka terus bergerak. Ini pengalaman pahit ngeblog pertama.

Maka tidak ada strategi lain dari kami untuk meningkatkan pendapatan dari adsense, update harus ditingkatkan. Lebih sering, agar konten di website semakin melimpah. Sehingga pembaca yang hadir punya pilihan untuk membaca yang lain. Sesuatu yang terbaik lainnya yang bisa menjadi konsumsi pembaca.

Kini kami update seminggu bisa tiga kali. Atau dua kali dalam sehari. Kami paksakan diri. Kami fokus pada target “Menjadi website rujukan, dan hiburan”. Maka tidak hanya segala sesuatu yang terbaik, tapi juga segala sesuatu yang inspiratif. Inilah strategi yang kami tetapkan.

Adapun niche, kami hanya fokus pada kata terbaik, bukan pada unsur tema tertentu seperti tema blogging, atau tema pendidikan, atau tema makanan. Pokoknya yang terbaik. Apakah ini strategi yang benar atau salah, kami pun belum membuktikan. Ditunggu laporan kami aja di bulan-bulan selanjutnya.

pengalaman ngeblog sebulan
Sumber traffic PanduanTerbaik.id

Tujuan meningkatkan update hanya satu, agar viewer kami bertambah, imbas yang kami harapkan, pendapatan kami dari Google Adsense juga bertambah. Mungkin bisa satu hari 10.000, hehehe, terlalu drastis harapannya. Dari ratusan perak langsung loncat ke puluhan ribu. Namanya juga berharap. Boleh kan?

Peningkatan Traffic Blog Membingungkan

Sampai satu bulan kami update rutin setiap dua hari sekali atau seminggu tiga kali, ternyata viewer kami belum juga beranjak dewasa. Belum bertambah banyak. Masih diam di tempat. Belum banyak meningkat. Tetap 130-an, sampai 170-an. Meningkat hanya 10 viewer dari sebelumnya yang 120-an. Ini pengalaman pahit ngeblog kedua.

Kami pun pada akhirnya mengalami pengalaman pahit ngeblog sebulan, setiap hari hanya mendapatkan ratusan rupiah. Padahal perasaan update kami sudah sering. Kurang sabar kali. Timbul rasa putus asa sejenak.

Tapi perasaan itu buru-buru kami hapus.

Kami ingat. Setiap tulisan yang kami buat, sejak awal mula blog panduan terbaik dibangun membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan agar dikenal Google. Meskipun memang ada cara untuk mempercepat terindeks Google, seperti yang banyak beredar di internet, tapi kami memilih secara natural saja. Toh Google mesin yang terlalu cerdas.

Artinya apa yang kami kerjakan sekarang, baru akan terasa hasilnya dua hingga tiga bulan yang akan datang. Tulisan-tulisan yang kami buat akan berimbas di bulan-bulan selanjutnya.

Pengalaman Pahit Blogging

Tapi kami terus bertekad untuk mengisi blog dan hadirkan panduan sekaligus hiburan dengan tulisan. Kegiatan ini tidak membebani. Kami meluangkan waktu sehari satu jam untuk menghasilkan satu tulisan selama 2 sampai 3 hari.

Meskipun demikian, tetap saja, ini pengalaman pahit ngeblog. Ternyata sebulan ngeblog hanya dapat 20-an ribu. Bukan jutaan seperti orang bayangkan.

Namun demikian kami tetap ingin ngeblog. Soalnya blogging adalah hobi kami sebagai penulis. Mengisi waktu luang kalau lagi jeda menulis sesuatu yang serius. Syukur-syukur bisa menghasilkan sebulan 3 juta seperti yang blogger-blogger umumkan. Kan bisa jadi tambahan income. Hihihi.

Niche Blog Yang Tidak Fokus

Ada satu masa di mana niche kami berubah. Awalnya kami ingin fokus dalam aspek dunia pendidikan. Namun ternyata kami tergoda untuk mengunggah info lain, terkait tokoh, berita terbaru, dan lain sebagainya. Padahal tim kami hanya segelintir.

Kamipun sadar, kami harus kembali ke jalan yang benar. Meski kami mulai nulis beragam hal, tapi yang harus tetap kami fokuskan adalah main content, yaitu tentang dunia pendidikan, peta sekolah dan pesantren terbaik.

Kami pun kembali menggarap konten-konten tersebut. Hasilnya traffic blog kami naik. Yang tadinya berkutat pada angka 150-an, menjadi 250-an setiap harinya. Bagi kami itu hal yang memuaskan. Maka rasio kami, ada 50% konten pokok niche, ada 30% konten niche yang lain (ada dua niche utama, pendidikan dan saham), kemudian 20% konten hiburan.

Pikirkanlah Traffic Blog bukan Penghasilan Blog

Entah mindset Anda ketika blogging ingin mendapatkan penghasilan dari iklan atau yang lain, tapi penilaian blog tetap dari traffic, lalu lintas kunjungan ke blog kita. Itulah dasar blog akan melahirkan pendapatan.

Selalu ibaratkan bahwa blog adalah mall. Anda memiliki mall di dunia maya. Ketika mall itu ramai, maka banyak yang ingin menyewa tempat di mall tersebut. Inilah logika sederhananya. Sehingga dari awal kita harus berpikir bagaimana blog kita ramai pengunjung.

Bahkan jika Anda mengharapkan penghasilan dari backlink, artikel review, atau dari iklan mandiri, orang bisa dengan mudah menilai kualitas website Anda dari Traffic dan lain sebagainya. Contoh dilihat dari Alexa.com, atau similarweb.com, mereka cukup input domain Anda. Hasilnya akan memutuskan mereka beriklan pada website Anda atau tidak. Jika Alexa Anda masih di atas 2 juta di posisi global, lebih baik lupakan dulu penghasilan besar. Dapatnya receh.

Sumber Traffic adalah Konten Yang Yahud

Traffic datang karena konten. Tidak ada unsur lain. Anda memiliki seabrek konten kalau tidak ada yang bagus, jadinya sedikit yang baca. Kita bukan seperti Dahlan Iskan yang sudah punya nama. Atau detik.com yang didukung ratusan pegawai, ingat kita blogger, kaki kita di bumi.

Maka buatlah konten-konten yang bisa mendatangkan traffic rutin. Bisa berbentuk tulisan yang dinanti-nanti setiap hari karena enak dibaca, atau tulisan referensi seperti wikipedia.com yang sampai hari kiamat akan dicari orang.

Kalau panduanterbaik.id, strateginya adalah membuat konten-konten yang berusia panjang. Namanya blogger tidak mungkin bisa setiap hari nulis depan laptop. Klenger kita. Kita nulis yang sekali dibuat, tapi mungkin setahun dicari. Contoh 9 Blog Terbaik dan Inspiratif di Indonesia. Konten demikian sudah banyak, betul, kita tinggal ikut masuk dan setiap enam bulan diupdate jika ada tambahan atau revisi. Paling tidak kita muncul di halaman 2 Google. Sehingga mulai muncul traffic ke kita.

Kedua ciptakan konten dengan sungguh-sungguh bagus. 10 saja. Konten ini yang akan membuat basis pendatang di blog kita. Jangan copas, buat semenarik mungkin. Kalau perlu gambarnya lengkap, sisipi video.

Pastinya sebagai pengelola blog harus mau belajar teknik menulis. Perbaiki kualitas menulis, dengan kata lain akan memperbaiki kualitas blog. Jangan sungkan ikut kursus menulis yang khusus untuk blog. Bisa menghubungi 0857-4777-7728 jika Anda menginginkan. Biayanya hanya Rp250.000 selama tujuh hari.

Ketiga, update rutin. Google sungguh pintar. Dulu yang dinilai konten yang bagus. Sekarang itu tidaklah cukup. Google melihat juga, blognya dijaga atau tidak. Sering update atau tidak. Panduanterbaik.id hanya mampu update satu minggu 2-3 kali. Belum sanggup lebih dari itu.

Lebih sering Anda update, dijamin lebih Google sering naksir.

website islam terbaik
Pengalaman pahit menjadi blogger dan blogging

Semua Tergantung Mbah Google

Pengalaman blogging selama beberapa tahun ternyata memberikan kesimpulan bahwa rahasia mendapatkan traffic adalah merayu mbah Google melirik blog kita. Karena hampir semua kunjunga ke blog awalnya berasal dari Google.

Kita bisa buktikan. Kami analisa di similarweb, situs seperti kompas.com mendapatkan traffic di websitenya 53% bersumber pencarian di Google, hanya 36% yang mengakses langsung. Maka kalau blog kita tidak terdeteksi Google, sama saja menjadi website sampah. Pengunjungnya minim. Share berulang-ulang juga akan sangat melelahkan.

Tirto.id yang dikenal memiliki artikel sangat bagus juga memiliki kunjungan dari mesin pencarian Google mencapai 78%, sedangkan kunjungan langsung 11%. Mereka berusaha keras menarik simpati Google. Panduangterbaik.id bahakn 90% lebih trafficnya berasal dari Google.

Maka jika kita mulai masuk dan beraktivitas sebagai blogger yang Andal, maka mulailah menulis dengan teknik yang bisa terdeteksi oleh Google. Atau search engine friendly article. Baca di sini tips menulis untuk blogger.

Bagi kalian yang senasib, tenang saja, kami akan selalu update perkembangan blog ini dari 0 hingga lebih baik lagi dan terus lebih baik. Pendapatan terus membaik. Harapannya, blog ini menjadi inspirasi terbaik bagi para blogger pemula seperti kami di panduanterbaik.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *