7 Negara Tempat Kuliah Terbaik

Posted by

Negara tempat kuliah terbaik – kuliah di luar negeri adalah impian bagi semua mahasiswa Indonesia. Terutama karena bisa merasakan budaya baru dan suasana baru. Hal lain tentu saja bahasa komunikasi internasional yang bisa menjadi modal di masa depan.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami panduanterbaik.id akan membahas negara tempat kuliah terbaik. Beberapa negara yang kami sebutkan tentu berdasarkan subjektivitas kami pengelola website, dan berdasarkan pengalaman yang kami rasakan. Berikut 7 negara tempat kuliah terbaik bagi mahasiswa Indonesia.

Kuliah di Turki

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa Turki menjadi negara pilihan nomor satu negara tempat kuliah terbaik. Alasannya adalah aspek budaya, pendidikan, dan biaya. Negara ini adalah negara dengan pendidikan yang sudah sama dengan negara-negara di Eropa dalam aspek pendidikan.

Perguruan tingginya bahkan menggunakan credit system yang sama dengan Universitas di Amerika Utara. Oleh sebab itu Turki kini menjadi destinasi pendidikan di seluruh dunia.

Alasan selanjutnya adalah persoalan budaya. Turki merupakan pertemuan budaya Eropa dan Asia. Pertemuan budaya ini menjadikan semua orang menemukan keindahan suasana, kultur, dan lain sebagainya. Negaranya secanggih Eropa, tapi seramah Asia. 

Aspek lain adalah biaya. Pemerintah Turki memang memberikan subsidi pendidikan untuk universitas. Sehingga biayanya sangat murah. Untuk satu semester ada yang hanya berbiaya 2 juta saja. Jauh lebih murah dari Indonesia. 

Kuliah di Amerika

Tentu semua setuju bahwa Amerika merupakan negara terbaik tujuan mahasiswa untuk kuliah. Negara ini memang dikenal memiliki universitas terbaik di dunia. Contoh, Harvad University. Universitas ini cukup terkenal. Untuk prodi humaniora ada Mcgill. Belum lagi Standford University.

Amerika juga surganya penelitian yang didukung teknologi canggih. Inilah mengapa banyak perusahaan teknologi besar lahir dari Amerika. Kita patut mencontohnya. 

Amerika juga dikenal sebagai tujuan semua mahasiswa di seluruh dunia. Sehingga akan memiliki banyak pengetahuan budaya. Inilah mengapa Amerika selalu menjadi destinasi favorit kuliah di seluruh dunia. 

Kuliah di Jerman

Negara tujuan kuliah terbaik selanjutnya adalah Jerman. Negara ini dikenal sebagai pemimpin teknologi dunia, juga ekonomi, filsafat, dan lain sebagainya. Tengok saja mobil Mercedes Benz belum yang lain. Ingat pula bagaimana BJ Habibie juga pernah mengembangkan pesawat di sana. 

Tapi yang paling istimewa adalah meskipun negara ini memiliki kualitas kuliah yang sangat bagus, namun negara hampir menggratiskan semua biaya kuliahnya. Karena kemakmuran, dan pemahaman bahwa pendidikan adalah inti kemajuan bangsa.

Aspek yang tidak kalah penting yang terakhir adalah, kesempatan bekerja di Jerman. Jerman menjadi negara tempat kuliah terbaik karena tidak menutup kemungkinan mahasiswa untuk melanjutkan karir di sana. Kesempatannya besar. Kalau sudah bicara Jerman, itu artinya terdepan dalam teknologi dan inovasi. 

Kuliah di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara tempat kuliah terbaik di luar negeri. Alasannya tentu karena faktor universitas terbaik yang ada di negeri Ratu Elisabeth tersebut. Beberapa adalah Cambridge, dan Oxford. Dua universitas ini dikenal sebagai universitas idaman bagi mahasiswa seluruh dunia. Tidak lupa universitas lain yang populer di sana. 

Hal lain mengapa Inggris menjadi negara tempat kuliah terbaik adalah gaji pekerja yang cukup besar jika ingin kuliah sambil bekerja. Inggris merupakan salah satu negara dengan standard pendapatan terbesar. 

Kuliah di Australia

Australia merupakan salah satu negara tempat kuliah terbaik bahkan favorit bagi mahasiswa seluruh dunia. Selain karena universitasnya termasuk peringkat terbaik dunia (30-an), juga karena Australia memiliki iklim unik dan suasana yang indah. 

Australia juga dikenal sebagai negara yang ramah akan pekerja dari luar negeri sekaligus kuliah. Di sana dikenal negara yang tidak terlalu berbeda kekayaan antara yang kaya dan miskin. Ada standardisasi. Sehingga jika bekerja pendapatannya cukup banyak, bahkan bisa digaji perjam. 

Australia juga negara dekat dengan Indonesia. Sehingga iklimnya ada yang mirip. Bahkan beberapa wilayah cenderung hangat. Inilah yang menjadikan Australia menjadi tujuan kuliah, bahkan hidup untuk beberapa masyarakat Indonesia. 

Kuliah di Malaysia

Kuliah di Malaysia sebenarnya pamornya sudah meredup sejak biaya kuliah di Malaysia semakin mahal. Namun demikian Malaysia tetap menjadi tujuan kuliah karena kedekatan dengan Indonesia, baik geografis dan rumpun.

Kuliah di Malaysia juga cukup bagus karena banyak universitas berkelas Internasional. 

Kuliah di Singapura

Yang terakhir adalah Singapura. Negara kecil ini memang menggemaskan. Negara yang dikenal rumahnya para investor ini memiliki daya saing cukup tinggi antar penduduk. Juga perpaduan antara budaya Barat dan Timur.

Sistem pendidikan negara ini memang cukup maju, bahkan mungkin terbaik, di Asia. Nanyang Technology University dan National University of Singapore adalah buktinya. Oleh sebab itu Singapura hingga sekarang menjadi salah satu negara terdepan di dunia dalam banyak aspeknya. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *