Pesantren terbaik di Brebes

5 Pesantren Terbaik di Brebes

Posted by

Kota Brebes dikenal dengan produsen telor asin dan bawang. Jika Anda berkendara melewati pantura, pasti akan melewati Brebes dan melihat banyak toko-toko telor asin. Sedangkan bawang biasanya di pinggiran jalan lesehan.

Namun demikian, ternyata kota Brebes juga memiliki banyak pesantren bagus yang bisa dijadikan destinasi pendidikan bagi anak-anaknya. Oleh sebab itu kami sajikan 5 pesantren terbaik di Brebes, baik pesantren salaf, pesantren klasik, pesantren modern, bahkan pesantren tahfidz Quran di Brebes.

Dasar pemilihan kami adalah sistem pendidikan yang dimiliki, sejarah pesantren, rating di Google dan lain sebagainya yang tentu saja tidak lepas dari subjektivitas panduanterbaik.id

1. Pesantren Al Hikmah, Benda

Pesantren ini bisa dikatakan tidak hanya pesantren terbaik di Brebes, tapi juga tingkatnya sudah Jawa Tengah. Berada di wilayah Brebes selatan, dengan jalan yang berkelok dan dekat dengan perbatasan Cirebon pesantren ini cukup besar. Dari jauh terlihat bangunan sangat luas.

Itulah pesantren Al Hikmah. Tapi orang sering menyebut dengan Benda.

Secara pesantren, Benda lebih bernuansa salaf, atau khas pesantren-pesantren Jawa Timur dengan model ngaji sorogan, wetonan, dan bandongan ke kyai. Pagi sekolah, sore dan malam ngaji. Asrama pun di bawah asuhan anak-anak kyai di pesantren. Oleh sebab itu nuansa NU juga kental. Pakaian pun lebih sering dengan sarung.

Namun demikian identitas ini dibalut dengan gedung-gedung yang cukup modern. Ketika Anda melewati jalan utama, gedung-gedung bertingkat dengan arsitek cukup bagus terpampang. Santrinya sudah mencapai 3000-an. Cukup besar.

Yang istimewa, pembiayaan di pesantren putra dan putri ini tergolong tidak terlalu mahal. Rata-rata berkisar 1.5 juta rupiah. Oleh sebab itu pesantren ini diserbu banyak santri dari beragam wilayah di Indonesia. Tidak lupa, kualitasnya sudah terbukti cukup baik. Sehingga animo masyarakat tidak pernah berhenti.

Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Brebes.

2. Pesantren Salafiyah, Bulakamba

Jika mencari di Google, maka ketik nama Salafiyah Luwungragi, maka muncullah pesantren ini. Sedangkan Bulakamba adalah kecamatan pesantren besar di Brebes ini. Santrinya cukup banyak, sekitar 1500-an. Jika digabung dengan Salafiyah 2, maka jumlah santrinya mencapai 2000-an. Setiap tahun memiliki pertumbuhan stabil.

Baca: 7 Rahasia Sukses Anies Baswedan

Pesantren ini memiliki model pendidikan yang mirip dengan pesantren lainnya di Brebes. Yaitu nuansa salaf yang kental dalam pendidikan, namun dibarengi dengan muatan modern di dalam sistem keseharian. Pagi masuk pesantren, sore mengaji kepada kyai. Oleh sebab itu pesantren ini termasuk pesantren favorit di Brebes.

Yang lebih istimewa, pesantren Salafiyah Luwungragi sering dijadikan destinasi safari program tokoh pemerintah. Contoh ketika ada program Nusantara mengaji bersama Imam Nahrawi, pesantren ini menjadi tuan rumah. Juga kunjunga calon Gubernur, Sudirman Said, pesantren ini juga menjadi destinasi. Oleh sebab itu pesantren ini termasuk pesantren terbaik di Brebes.

Untuk SPP menurut kami juga cukup terjangkau. Untuk biaya pendaftaran sebesar satu jutaan. Adapun untuk bulanan dari website resmi sekitar 100-200 ribuan.

3. Pesantren Al Falah, Songgom

PP Al Falah Songgom sebenarnya baru berdiri di tahun 2010, namun demikian perkembangannya sangat pesat sekali. Hingga sekarang sudah seribuan santri yang bermukim di dalam pesantren. Di samping itu juga banyak santri masih pulang pergi ke pesantren.

Pesantren ini bisa dikatakan nuansa modern-nya sedikit lebih banyak. Meskipun unsur salafnya juga masih kental. Tandanya adalah penekanan kepada bahasa arab dan inggris. Adapun pengetahuan membaca kitab juga diberikan bekal kepada santri.

Pendidikan formalnya lebih variatif. Dari SMK dan SMK, juga ada MTS, dan MA. Bahkan sudah berdiri STKIP. Karena pilihan yang lebih banyak menjadikan jumlah santri juga terus bertambah.

Untuk biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Dalam website yang kami lihat sekitar satu jutaan. Adapun bulanannya sekitar 300-an. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Brebes.

4. Pesantren Darussalam, Jatibarang

Pondok pesantren terbaik di Brebes selanjutnya adalah pesantren Darussalam. Pesantren ini terletak di Jatibarang, yaitu wilayah dengan banyak peninggalan dari Belanda. Seperti pabrik gula dan lain sebagainya.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah keinginan kyai untuk selalu dekat dengan santri. Oleh sebab itu setiap tahun tidak banyak santri yang diterima. Hanya puluhan saja. Ini tidak banyak dilakukan oleh pesantren di Indonesia yang umumnya sangat senang menerima banyak santri. Apalagi salah satu ciri pesantren terbaik adalah intimnya santri dengan kyai.

Namun demikian pesantren ini tidak fokus pada pendidikan formal. Lebih fokus pada pendidikan agama yang menjadikan santri memahami Islam dengan baik. Bahkan beberapa sudah tamat SMA. Pendidikan yang ada di dalamnya lebih banyak pendidikan tarbiyatussalaf yang dikombinasikan dengan pola pendidikan dari Timur Tengah. Sehingga berjalan optimal untuk santri yang hanya fokus dalam pendidikan agama.

Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Brebes.

Baca: Kalah Pilpres, Sandiaga Untung 3 Triliun

5. Pesantren Darunnajah, Bumiayu

Entah mengapa di setiap kota ada pesantren bernuansa Gontor. Di Brebes juga demikian, namanya Darunnajah. Pesantren ini menggunakan kurikulum KMI, yaitu kurikulum khusus pondok pesantren yang dikombinasikan dengan kurikulum kemenag.

Santri yang masuk dari SD akan menghabiskan waktu enam tahun, atau kelas reguler, sedangkan lulusan SMP dan MTS akan menghabiskan waktu empat tahun. Tapi sebelum masuk kelas reguler ada masa persiapan selama satu atau setengah tahun. Terutama untuk pembekalan bahasa dan martikulasi dasar lainnya.

Guru pengajar pun ada yang dari alumni pondok Gontor. Ciri-cirinya pondok modern ini adalah penerapan disiplin yang ketat. Pengaturan jadwal yang baik, juga penggunaan bahasa arab dan inggris dalam keseharian.

Yang istimewa, di pesantren ini juga ada kelas khusus tahfidz Quran. Artinya pilihannya cukup banyak dan variatif. Cocok dijadikan salah satu destinasi pendidikan anak.

Kini santri Darunnajah sekitar 1000an dengan asal daerah tidak hanya dari Brebes dan sekitarnya, tapi juga banyak yang berasal luar jawa. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Brebes.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Brebesa. Jika ada usulan pesantren lain, bisa dicantumkan di kolom komentar. Atau jika menemukan data yang kurang tepat bisa cantumkan pula di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *