Pesantren Al Asror Gunungpati Semarang | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Asror Gunungpati Semarang merupakan salah satu pondok pesantren legendaris di Semarang. Jenjang lembaga pendidikannya lengkap, tidak lupa memiliki banyak kelebihan, sehingga menarik perhatian banyak santri di Jawa Tengah.

Oleh sebab itu kami akan ulas lembaga pendidikan ini yang bersumber dari website resmi, brosur yang kami dapatkan, dan sumber lainnya di internet. Kami akan membahas profil, pendidikan, dan biaya masuk.

Pesantren Al Asror Gunungpati Semarang

Pesantren Al Asror Gunungpati Semarang memiliki sejarah sangat panjang. Bahkan sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Namun demikian pasang surut hingga tumbuh seperti sekarang, tepatnya setelah 1980-an.

Ponpes Al Asror Gunungpati memiliki basis sistem pendidikan klasik dengan mempelajari Islam dengan cukup mendalam. Seiring berjalannya waktu berkembang dengan kombinasi pendidikan formal dari jenjang RA, hingga jenjang menengah atas.

pesantren al asror gunungpati

Pendidikan di Pesantren Al Asror Gunungpati

Pendidikan di Pesantren Al Asror Gunungpati Semarang cukup lengkap. Jenjang formal ada Mts dengan nilai akreditasi A. Kemudian ada jenjang MA dengan nilai akreditasi A. Sehingga sudah sesuai dengan standar nasional.

Juga ada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurusannya adalah tata busana, satu lagi teknik pendingin dan tata udara. Jurusan menarik. Adapun akreditasinya adalah B. Menurut kami hal ini sudah cukup.

Sedangkan untuk pendidikan diniyyah menggunakan model pesantren klasik, dengan jenjang awaliyah, wustho, dan ulya. Yang masing-masing memiliki fokus pada pendalaman kitab kuning.

Adapun kitab yang dipelajari di antaranya untuk fiqih ada Safinatun Najah, Tahdzib, Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Faraidul Bahaiyah. Ada juga Jurumiyah, Imrithi, dan Alfiyah Ibn Malik. Juga banyak kitab mashur lainnya yang dipakai.

Yang menarik adalah ini pesantren putra putri, serta ada juga pesantren khusus tahfidz Quran, tapi hanya untuk putri, serta ada juga pesantren anak tahfidz Quran. Jadi bagi yang ingin tahfidz Quran pesantren ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ciri Khas Pesantren

Ada beberapa ciri khas pesantren Al Asror Semarang yang menandakan identitasnya. Di antaranya adalah pendidikan intinya terdiri dari tiga aspek, pertama kitab kuning, sehingga memahami Islam mendalam. Kedua adalah madrasah diniyyah, bukan hanya pengajian.

Ketiga adalah tahfidz Quran. Artinya meskipun tidak masuk pesantren khusus tahfidz Quran, tapi tetap tersedia program tahfidz Quran. Adapun banyak sedikitnya bisa dipengaruhi banyak aspek.

Ada juga kegiatan rutin di pesantren, seperti ngaji bandongan, sorogan, bisa dibaca di sini tentang dua model pengajian tersebut. Ada juga manakiban, maulidan, rutin jama’ah shalat, dan ziarah makam. Menurut kami ini ciri-ciri pesantren Nahdlatul Ulama.

Ekstrakurikuler

Ada beberapa ekstra yang menarik. Di antaranya adalah olimpiade matematika dan olimpiade sains dan teknologi. Artinya punya perhatian terhadap sains. Ada juga paduan suara, seni musik, kaligrafi, nasyid, dan lainnya. Olah raga ada futsal, bola voley, pencak silat, tenis meja.

Prestasi Santri

Ternyata prestasi santri juga cukup lumayan. Seperti rangking satu jatim expo. Ada juga juara 1 lomba olimpiade Matematika Aksioma Semarang. Juara 1 olimpiade IPA, belum lagi non akademis seperti tenis meja, kaligrafi, dan juara lainnya. Ini yang kami tulis adalah jenjang Mts.

Pendaftaran Pesantren

Untuk pendaftaran di Ponpes Al Asror Gunungpati Semarang biasanya dimulai sejak Januari sampai dengan Juli yang terbagi ke banyak gelombang. Yang paling penting disiapakn persyaratannya seperti formulir pendaftaran.

  • FC Raport
  • FC Ijazah 3 lembar
  • FC SKHUN 3 lembar
  • FC Kartu Keluarga 2 lembar
  • FC Akte Kelahiran 2 lembar
  • Foto 3×4 empat lembar
  • Foto 2×3 dua lembar
  • Kartu KIP/KKS/KPS/PKH bagi yang memilikinya.

Biaya Masuk Pesantren Al Asror

Biaya masuk ponpes Al Asror Gunungpati Semarang kami sajikan melalui tabel berikut.

JenjangBiayaBulanan
MTS PutraRp2.000.000Rp200.000
Mts PutriRp2.240.000Rp200.000
MA PutraRp2.950.000Rp230.000
MA PutriRp3.125.000Rp230.000
SMK PutraRp2.610.000Rp220.000
SMK PutriRp2.600.000Rp220.000
Siswa PesantrenRp2.850.000Rp420.000
MahasiswaRp2.770.000Rp340.000

Biaya ini kami dapatkan di tahun 2021-2022. Menurut kami biaya ini standar untuk wilayah semarang. Bisa dilihat atau disurvey dengan pesantren lain di Semarang di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pondok pesantren berada di Jalan Legoksari Raya Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jika ingin lebih jelas bisa lihat Google Maps yang kami sajikan di bawah ini.

Informasi lebih lengkap, valid dan update bisa kunjungi website resmi pesantren Al Asror Semarang di sini. Atau untuk bertanya-tanya bisa telpon 024 – 8507908. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *