pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Al Muayyad Solo | Keunggulan dan Biaya Pendaftaran

Posted by

Pesantren Al Muayyad Solo atau Pondok Pesantren Al Muayyad merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang tertua di Surakarta. Oleh sebab itu cukup menarik untuk diulas.

Nah, Pondok Pesantren Al-Muayyad ini didirikan oleh 3 tokoh besar. Beliau adalah K.H. Abdul Mannan, K.H. Ahmad Shofawi dan Prof. K.H. Moh Adnan pada tahun 1930. 

Ingin tahu seperti apa profil salah satu pondok pesantren tertua ini? Kami akan mengulasnya khusus untuk Anda. Sumber kami adalah website resmi pesantren dan beragam informasi di internet lainnya. 

Profil Pesantren Al Muayyad Solo

Berangkat dari cita-cita K.H. Abdul Mannan yang ingin membangun pesantren karena ada keterpanggilan hati untuk menyebarkan agama islam lebih luas lagi. 

Hingga beliau memulainya dari sebuah masjid karena tempatnya masih belum tersedia, tapi dari masjid yang berisi belasan santri itulah menjadi pacuan semangat dalam membangun Pondok Pesantren Al Muayyad Solo. 

pesantren al muayyad solo

Ponpesa Al Muayyad adalah pesantren Al-Qur’an. Di mana tahsin (memperbaiki bacaan agar sesuai dan tepat berdasarkan tajwid) dan tahfidz qur’an sebagai satu kepaduan dasar utama ajaran islam.

Namun, ada yang menarik dari Pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan, yakni adanya pendidikan informal berupa pengajian kitab tiap malamnya. 

Pendidikan Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan 

Pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan Solo memiliki ragam jenjang pendidikan. Mulai dari SMP, SMA, MA, Madrasah Diniyyah Awwaliyyah (MDA), hingga Madrasah Diniyyah Wustha’ (MDW). 

Fokus utamanya memang pada tahfidzul qur’an. Sesuai dengan visinya melahirkan generasi yang cerdas dan mulia bersama Al-Qur’an. 

Meskipun demikian, seperti ada yang kurang jika tidak ada kajian kitab, karena Pondok Pesantren Al Muayyad Solo bermanhaj salafus shalih.  

Oleh karena itu para santri Pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan mempelajari aswaja, mengaji kitab alala, jurumiyah, safinatun naja, munakahat, dan masih banyak lagi. 

Keterampilan Sablon

Ada yang menarik perhatian kami. Yaitu keterampilan sablon. Para santri yang tertarik dengan kegiatan ekstrakulikuler ini akan dibimbing tata cara menyablon, baik itu kaos, terpal, ataupun kemasan plastik. Medianya pun bisa macam-macam.

Selain itu, para santri yang memiliki keterampilan sablon dapat menggunakan kemahirannya sebagai modal untuk membuka usaha sendiri nantinya ketika lulus. 

Dan ternyata, kegiatan sablon – menyablon ini merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak ditemukan di daerah jawa tengah, khususnya Yogyakarta.

Kegiatan Santri Ponpes Al Muayyad

Kegiatan para santri dimulai sejak pukul 3 subuh. Sholat malam, sholat subuh, dan ngaji Al-Qur’an. Kemudian para santri masuk kelas formal biasa dari pukul 7 pagi hingga pukul 12 siang.

Sedangkan kegiatan madrasah diniyyah (kurikulum pondok) dilaksanakan setelah sholat dzuhur dan makan siang.

Adapun kegiatan malam santri diisi dengan ngaji Al-Qur’an, ngaji kitab kuning, belajar malam hingga para santri kembali istirahat malam pukul 10. Di sini terlihat betapa kitab kuning menjadi perhatian besar. 

Fasilitas di  Pondok Pesantren Al Muayyad 

Menurut kami fasilitas yang ada di Pondok Pesantren Al-Muayyad cukup lengkap. Mulai dari asrama pesantren putra putri yang terpisah, gedung sekolah yang tingkat.

Perpustakaan, laboratorium komputer dan bahasa, ruang tamu, kopontren (klinik pesantren), kantin, hingga ruang praktikum keterampilan hidup seperti menjahit, hingga bengkel.

Dilihat dari perkembangannya, kami rasa Pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan Solo mengalami perkembangan yang lumayan pesat dalam memajukan fasilitas yang ada. 

Pendaftaran PPDB

Bagi Bapak-Ibu yang ingin mendaftarkan anaknya ke Pondok Pesantren Al Muayyad, berikut ini jadwal pendaftaran santri baru Pondok Pesantren Al Muayyad berdasarkan informasi yang berhasil kami himpun lewat website resmi.

Ada dua gelombang, gelombang pertama mulai tanggal Januari – Maret. Sedangkan gelombang dua mulai April – Juni. Untuk pendaftarannya sendiri dapat dilakukan secara online melalui website resmi.

Bagi calon santri baru wajib membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 350.000 ribu. Infor tentang pendaftaran bisa tanyakan ke nomor +62 822-2500-6464.

Biaya Masuk Pondok Pesantren

Sedangkan biaya daftar ulang sekitar 10.5 juta untuk gelombang satu dan 11 juta untuk gelombang kedua. Biaya tersebut sudah mencakup infaq gedung, paket siswa, paket santri, dan paket asrama.

Teruntuk Bapak Ibu, Wali Santri yang kesulitan dalam biaya, tidak perlu gelisah karena pihak pondok pesantren memberikan kemudahan yakni biaya masuk dapat diangsur 3x dalam kurun waktu 6 bulan pertama.

Adapun biaya syahriah / SPP sekitar Rp. 900.000 ribu rupiah, yang mencakup SPP sekolah formal, SPP madrasah diniyyah, SPP pondok, uang makan 3x, dan biaya layanan kesehatan pesantren.

Menurut kami biaya ini cukup standard. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Surakarta di sini. Kami sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.  

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Al-Muayyad beralamat di Jl. KH. Samanhudi 64 Surakarta Jawa Tengah 57142. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi call centre di nomor 0271-714821

Atau klik website resmi Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan di sini http://almuayyad.org/. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan calon santri.   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *