4 Pesantren Orang Gila di Jawa Timur

Posted by

Pesantren orang gila di Jawa Timur meliputi pesantren yang menangani gangguan mental, atau pesantren untuk gangguan jiwa yang berhasil kami himpun dari beragam sumber. Terutama kami jelaskan metode penyembuhan yang dilakukan. 

Pesantren rehabilitasi mental di Jawa Timur ini rata-rata merupakan panggilan hati. Sehingga mereka melakukan pendampingan dengan cukup bagus. Menurut kami inilah pesantren orang gila terbaik dengan metode Islami. 

Pesantren Az Zaini Malang

Berdiri sejak 2001, pesantren ini beralamat di di dusun Bangilan, desa Pandanajeng, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. Di daerah Malang pesantren ini memiliki nama harum karena mampu memperbaiki gangguan mental.

Namun dalam sudut pandang kami yang istimewa dari pesantren ini adalah bangunan megahnya. Biasanya pesantren orang gila untuk gangguan metal memiliki bangunan yang biasa. Bahkan cenderung ala kadarnya. Namun tidak demikian dengan Az Zaini Malang yang memiliki bangunan indah.

Apalagi Malang dikenal sebagai tempat nyaman dengan udara yang bersih dan memiliki suhu sejuk. Oleh sebab itu banyak Boarding School di Malang. Ponpes Az Zaini hadir sebagai rujukan gangguan mental dengan metode spiritual. Ini pesantren orang gila di Jawa Timur yang sering jadi rujukan. 

Sisi lain istimewa dari pesantren ini adalah terapi kepada santrinya seperti layaknya bukan orang gangguan jiwa. Selepas bangun pagi olahraga, mandi, ada konseling, shalat berjamaah, belajar ngaji.

Ternyata orang gangguan jiwa bisa melalukan. Bahkan kata pengasuhnya lebih mudah diatur daripada yang waras. Hehehee. Website resminya di sini.

Nailul Falah Pasuruan Jawa Timur

Pesantren ini diasuh oleh KH. Muhammad Rosyidi dengan alamat lengkap di Desa Karangjatianyar, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dikenal sebagai pesantren untuk orang gila, atau pesantren terapi gangguan jiwa.

Berdiri sejak 2005 pesantren ini rata-rata menerima pasien yang sudah parah dan sudah dicoba untuk kesembuhan dengan beragam cara pengobatan. Tidak ada biaya tertentu, namun keluarga pasien harus ikhlas dengan terapi yang dilakukan dan apabila kemudian terjadi sesuatu dalam terapi tidak menuntut.

Karena terapi orang gila yang dilakukan di pesantren ini tergolong unik. Yaitu diminta berendam di tengah malam lalu diajak komunikasi. Durasinya sekitar dua jam. Jika sudah bisa diajak komunikasi barulah dipindah ke tahap terapi islami. 

Istimewanya lagi, di masa terapi pasien akan diajak mengaji, dan berkesenian hadrah dengan warga sekitar. Pesantren ini sudah menyatu dengan warga, sehingga masyarakat sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pesantren Nailul Falah Pasuruan. 

Pesantren Al Fitri Fitriani Jombang

Jombang dikenal sebagai gudang pesantren terbaik seperti Tebu Ireng. Di kota ini pula ada pesantren untuk orang gila, untuk terapi gangguan mental, yaitu pesantren Al Fitri Fitriani dengan alamat di Dusun Mrunggi, Desa Ceweng, Jombang.

Pesantren ini berdiri sejak 2012, kalau bicara tempat, masih sangat sederhana. Didirikan karena panggilan hati, tidaak menentukan tarif, tapi tentunya kita selayaknya memberi karena perjuangannya memang luar biasa.

Tapi penyembuhan di sini ekstrim, tahap awal akan menganjurkan penderita puasa dua puluh empat jam selama satu minggu. Bentuk puasanya seperti apa, kami belum mengetahui detil. Bahkan keluarga juga dianjurkan untuk ikut berpuasa. Ini pesantren orang gila di Jawa Timur yang cukup unik dalam penyembuhan. 

Sedangkan kalau sangat parah, dan bisa membahayakan orang lain, maka akan dirantai di ruang bawah tanah dengan melakukan puasa tadi. Selepasnya barulah dilakukan yang namanya terapi melalui ibadah dengan melihat pengasuhnya shalat, nanti tiba-tiba minta shalat. Mengutip akuratnews.com.

Pondok 99 Mojokerto 

Kalau yang satu ini namanya pondok pesantren 99 dengan alamat lengkap di Dusun Pandantoyo, Desa Pandankrajan, Kemlagi, Mojokerto. Di wilayah Surabaya dan sekitarnya pesantren ini cukup dikenal luas sebagai pesantren orang gila di Jawa Timur.

Di pesantren ini metode penyembuhannya sangat fokus menggunakan metode Islami seperti mengajak shalat lima waktu berjamaah, terapi shalat sunnah, hingga mengajak bersama untuk berakhlaqul karimah. 

Pasien yang dirawat di pesantren ini tidak hanya untuk dewasa saja, tapi juga untuk anak-anak. Oleh sebab itu jika berkunjung ke pesantren ini akan melihat santri yang secara usia cukup variatif. Orang menyebutnya sebagai pesantren gangguan mental di Jawa Timur.

Uniknya adalah ada waktu untuk olah raga, caranya menggunakan musik dangdut, jadi mereka berjoget, ini cara ampuh mengajak pasien berolah raga. Pondok ini sudah cukup banyak dikenal sebagai pesantren untuk orang depresi. Dan pengelola menganggap pasien sebagai bagian keluarga. 

Pesantren untuk Orang Depresi Jawa Timur

Inilah beberapa pesantren pengobatan sakit jiwa yang di antaranya juga gratis. Namun alangkah baiknya jika Anda memiliki kelebihan dana bisa memberikan bantuan ke pesantren ini. Karena pondok rehabilitasi mental tidak banyak yang melakukan.

Jika ada kekeliruan informasi mohon cantumkan di kolom komentar. Atau jika ingin menambahkan informasi pesantren sakit jiwa lainnya juga bisa diinfokan ke kami agar dibantu publikasinya.

Yang terpenting kami mengharapkan adalah bantuan perhatian dari pemerintah baik secara langsung atau tidak langsung kepada pesantren khusus gangguan jiwa ini. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *