5 Pesantren Terbaik di Blora | Silsilah Joko Tingkir

Posted by

Pesantren terbaik di Blora | Blora lebih dikenal sebagai kota Jati. Karena wilayahnya memang banyak hutan jati yang menjadi kebutuhan industri furniture. Wilayah di Jawa Tengah ini juga dikenal dengan kota sate.

Di antara yang istimewa di wilayah ini adalah pesantren. Pesantren di Blora sangat identik dengan pesantren di sekitarnya seperti pesantren di Rembang, juga pesantren di Pati. Oleh sebab itu kami ingin mengulas beberapa pesantren terbaik versi panduanterbaik.id.

Di antaranya adalah pesantren modern, pesantren tradisional, juga pesantren tahfidz Quran. Sumber kami adalah review di internet, rating Google, juga beberapa aspek subjektif yang kami miliki.

Pesantren Al Banjari Kauman

Pesantren yang satu ini memiliki identitas pesantren tradisional yang menggunakan sistem modern. Yaitu pesantren yang fokus pada pembelajaran kitab-kitab namun juga mendalami dua bahasa asing, arab dan inggris.

Di pesantren ini ada beberapa program yang cukup menarik. Di antaranya adalah program Al Quran di mana santri fokus pada pendidikan Al Quran mulai dari pembacaan, tahfidz Quran, bahkan tafsir dari Al Quran.

Kedua adalah pendalaman kitab kuning. Santri memiliki fokus pada cara membaca, dan kemudian berdiskusi tentang hasil bacaan tersebut. Metode pembelajarannya menggunakan sorogan dan wetonan.

Di pesantren ini juga tersedia pendidikan formal seperti SMP. Juga ada SMA Islam Plus. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Blora. Pesantren ini beralamat di JL Mr. Iskandar, No. 3, Jetis, Kauman, Kec. Blora.

Website resmi di sini.

pesantren terbaik di Blora

Pesantren Mambaul Huda

Sejarah Islam di Blora tidak terlepas dari pesantren yang satu ini. Pesantren Mambaul Huda merupakan salah satu pesantren tertua di Blora. Berdiri sejak 1900, pesantren ini sudah kokoh sejak masa pra kemerdekaan.

Pesantren ini tergolong unik, karena pendidikan yang tersedia untuk diniyahnya tidak sampai tingkat paling tinggi, hanya tersedia tingkat ula dan wustho. Sedangkan untuk tingkat lanjutan (atas) dipersilahkan untuk meneruskan ke tempat lain.

Pola pendidikannya menggunakan sistem sorogan dan bandongan. Sedangkan untuk pendidikan formal juga tersedia di pesantren ini, yaitu pendidikan untuk sekolah menengah pertama. Sehingga ada sisi formal dan informal.

Satu lagi yang menjadi identitas dari pesantren ini adalah identitas tarekat yang melekat di pesantren ini. Yaitu sebuah cara melalui ibadah untuk mencapai hakikat lebih dekat pada Allah.

Beralamat di Desa Talokwohmojo, Ngawen, pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Blora.

Pesantren Khozinatul Ulum

Pesantren ini berdiri pada tahun 1981. Ketika itu memang belum banyak pesantren lahir di Blora. Sehingga mengundang keprihatinan dari pendiri pesantren. Nama Khozinatul Ulum langsung diberikan KH. Muhammad Arwani dari Kudus.

Pesantren ini juga meminta restu kepada KH. Abdullah Salam dari Pati, KH. Sahal Mahfudz dari Pati. Sehingga pesantren ini dalam beberapa hal terinspirasi dari pesantren beberapa kyai besar tersebut, seperti Yanbu’ul Quran Kudus.

Identitas pesantren ini adalah pembelajaran tradisional menggunakan sistem sorogan dan bandongan. Santri menyimak kemudian di minta untuk mencoba mengulanginya. Ada pula yang hanya mendengarkan saja.

Di Blora, pesantren ini tergolong yang cukup maju. Di antara sebabnya adalah mengembangkan unit usaha seperti toko ritel, BMT, dan lain sebagainya. Bahkan santrinya sudah mencapai 2000-an. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Blora. Alamatnya di Mr. Iskandar gang XII/2.

Pesantren Al Hikmah Ngadipuro

Satu lagi terbaik di Blora lainnya adalah Al Hikmah Ngadipuro. Pesantren ini konon didirikan oleh keturunan dari kerajaan, dari silsilah Joko Tingkir. Pesantren yang berdiri pada tahun 1988 ini juga berhaluan Nahdhatul Ulama (NU).

Sisi menarik dari pesantren ini adalah fokus kepada pendidikan Al Quran, Hadist, Fiqh, Aqidah dan kitab-kitab salaf. Di tingkat Aliyah ada pendidikan khusus tafsir Al Quran dan Hadist yang ditempuh dalam jangka waktu 2 tahun.

Sisi menarik lainnya dari pesantren ini adalah pendidikan yang sangat variatif. Dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Kejuruan, hingga ada yang namanya Madrasah Muhadarah Sistem (Madrasah Salafiyah Halafiyah). Oleh seab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Blora.

Pesantren Safinatun Najah Tunjungan

Pesantren ini secara psikologis dekat dengan Pesantren Kyai Maimun Zubair, Sarang. Karena pendiri pesantren ini merupakan murid dari kyai karismatik tersebut, yaitu Mohammad Wahib Ja’far Sukorame.

Oleh sebab itu secara pendidikan pesantren ini cukup identik dengan pesantren Sarang. Baik dari segi model pendidikan dan juga model pembelajaran. Di pesantren ini kajian kitab kuning menjadi salah satu aspek penting yang dipelajari.

Untuk pendidikan formalnya tersedia dari tingkat MI, kemudian MTS dan MA. Sedangkan untuk pendidikan non formal tersedia madrasah diniyah. Yang istimewa adalah tertulis di websitenya tagline menyelenggarakan pendidikan gratis untuk siswanya. Tentu bukan perkara mudah.

Oleh sebab itu pesantren Safinatun Najah Tunjungan menjadi salah satu pesantren terbaik di Blora.

Pesantren Safinatun Najah

Inilah beberapa pesantren terbaik di Blora. Jika ada usul pesantren bisa dicantumkan di kolom komentar. Apa yang kami rangkum hanyalah versi panduanterbaik.id, tentu banyak salahnya, namun bisa mempermudah Anda yang ingin mencari lembaga pendidikan pesantren di Blora atau di Jawa Tengah.

Jika lembaga pendidikan Anda ingin diprofil di PanduanTerbaik.id bisa mengisi form di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *