5 Pesantren Terbaik di Batang

Posted by

Batang merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan laut Jawa utara. Selain wilayahnya yang kaya akan sumber daya alam, hutan dan laut, kabupaten ini juga memiliki berbagai tempat wisata menarik.

Menariknya, pesantren-pesantren di kabupaten Batang cukup banyak jumlahnya. Metode pengajarannya pun bermacam-macam, bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan pesantren di Batang, baiknya, kamu simak ulasan kami berikut ini tentang 5 pesantren terbaik di Batang versi panduanterbaik.id

PONDOK MODERN TAZAKKA

Berdiri diatas tanah seluas 1,7 hektar, Pondok Modern Tazakka berlokasi di kecamatan Bandar. Lokasinya pun sangat asri dan hijau sehingga membuat pembelajaran disini cukup kondusif. Didirikan oleh tiga bersaudara, Tazakka sudah memiliki berbagai prestasi, alumninya juga tersebar hingga ke pelosok nusantara dan luar negeri.

Jenjang pendidikan yang dilalui setara dengan SMP dan SMA, setara empat atau enam tahun. Jam pembelajaran dimulai sejak pukul 04.00 hingga 22.00. Menariknya, bahasa yang santri gunakan selama mondok adalah bahasa Arab dan Inggris, bahasa Indonesia digunakan seperlunya saja, sekedar pengantar pada pelajaran berbahasa Indonesia. Maka kami masukkan dalam salah satu pesantren terbaik di Batang.

Alamat Pondok Modern Tazakka : Kampus Pondok Modern Tazakka, Desa Sidayu, Kec. Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah.  Pendaftaran dimulai pada bulan Januari hingga Mei, informasi lengkap di website

PONDOK PESANTREN AL HIKMAH

Pondok ini berbasis salafiyah dengan santri yang memiliki jenjang pendidikan beragam. Mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dapat menimba ilmu di pesantren ini. Diasuh oleh Bapak K.H Suprapto dan K.H Syaifudin, pesantren ini berkembang cukup baik.

Pesantren ini mengajak santri-santrinya untuk kembali kepada ahlusunnah wal jamaah  dengan materi pembelajaran seperti : ilmu tasawuf, tajwid, tauhid, berbagai kitab kuning serta tak lupa pendalaman Al Quran. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Batang.

Alamat Pondok Pesantren Al Hikmah : Desa Sawangan, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah.

PONDOK MODERN SELAMAT

Pondok yang merupakan bagian dari yayasan wakaf Selamat Rahayu ini adalah cabang dari Pondok Modern Selamat Kendal. Berdiri sejak tahun 2012, antusias masyarakat cukup ramai untuk memondokkan anak-anaknya disini.  Lahan seluas 40 hektar di Desa Clapar, Kec. Subah, Kab. Batang, pondok ini memiliki tiga jenjang pendidikan, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Penerapan kurikulum diknas dan pesantren yang terintegrasi diharapkan mampu untuk menjadi bekal santri dan santriwati kelak. Selain kurikulum yang baik, fasilitas dan extra kurikuler yang diperoleh santri juga cukup beragam. Terdapat taman, lapangan dan kolam renang yang cukup luas. Extrakulikulernya yang didapat antara lain seperti seni bela diri, paskibra, PMR dan masih banyak lagi. Maka kami tidak ragu menjadikannya pesantren terbaik di Batang.

Alamat Pondok Modern Selamat : Jalan Raya Batang – Semarang Km 14, Clapar, Subah, Batang.

PONDOK PESANTREN DARUSSALAM

Pondok Darussalam terletak di lingkungan pedesaan yang cukup jauh dari keramaian dan suasana kota. Suasana seperti inilah yang cukup kondusif untuk belajar sehingga diharapkan santri dan satriwati merasa betah. Proses pembelajaran di Pondok Darussalam bersifat klasik dan modern. Pelajaran agama secara klasikal diajarkan berjenjang, mulai dari marhalah satu hingga enam dan dilanjut dengan pendidikan tambahan hingga empat tahun. Sementara itu, pembelajaran modern yang dimaksud adalah pembelajaran wajib umum dari jenjang SD hingga SMA yang terdapat disekitar pesantren.

Pondok Darussalam memiliki tenaga pengajar dari berbagai daerah. Rata-rata pengajarnya adalah lulusan pesantren-pesantren terkemuka di Indonesia. Sebut saja seperti Pondok Tebuireng, Krapyak, Mranggen hingga Pandanaran. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Batang.

Alamat Pondok Pesantren Darussalam : Desa Kemiri Barat, Kec. Subah, Kab. Batang

PONDOK PESANTREN AR ROUDLOH

Pesantren Arraudhoh merupakan pondok rintisan dari K.H Ahmad Sholeh Ma’shum berdasarkan petunjuk dari guru-gurunya, salah satu gurunya adalah K.H Maimoen Zubair, ulama kharismatik asal kota Rembang.

Dasar dari pondok ini adalah salafiyah untuk ahlu sunnah wal jamaah dengan pengajia rutinan. Semua santri wajib mengikuti kaian Al Quran, Sorogan pagi, Tahlilan, Sholawatan dan Manakiban.

Pondok ini mengedepankan kurikulum keagamaan sehingga tidak terdapat pembelajaran modern dan penyediaan extrakulikuler. Perkembangan pesantren ini cukup cepat dengan kurang lebih 800 hingga 1000 santri yang kini menetap disana. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Batang.

Alamat Pondok Pesantren Ar Roudloh : Jalan Syamsuri Gg. MII Babadan. Ds. Babadan, Kec. Limpung, Kab. Batang.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *