Pesantren TPI Al Hidayah Batang Berpengalaman dan Biaya Murah

Posted by

Pesantren TPI Al Hidayah Batang merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di kota penghasil emping melinjo terbaik di Indonesia, Batang – Jawa Tengah. Pesantren beridentitaskan salaf ini disebut-sebut sebagai salah satu pesantren yang terbaik di bidangnya.

Berikut ini kami sajikan informasi lengkap terkait profil, program pendidikan, fasilitas, pendaftaran, dan biaya masuk yang tentunya akan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai Pondok Pesantren TPI Al Hidayah.

Profil Pesantren TPI Al Hidayah Batang

Pondok Pesantren TPI Al Hidayah Batang yang berdiri di bawah naungan lembaga Yayasan Islam Al Sya’iriyah (YISA) ini dibangun dan dirintis oleh sepasang suami istri, yakni alm. KH. Sya’ir Assalamah dan Nyai Hj. Siti Amanah pada tahun 1951.

Ponpes yang berusia lebih dari setengah abad ini dulunya berawal dari sebuah majelis taklim dan terus berkembang menjadi Pondok Pesantren terkenal teguh mengajarkan para santri ilmu keislaman ahlu sunnah wal jamaah yang berpedoman pada Al Qur’an dan sunnah.

pesantren TPI Al Hidayah

Oleh sebab itu, menurut kami baik kurikulum dan kualitas pendidikan di ponpes ini patut diacungi jempol karena tetap menanamkan nilai-nilai Islam dalam dimensi pembinaan akhlak, pengembangan keilmuan, dan kesejahteraan lingkungan di dalam maupun sekitar ponpes. Kami akan bahas lebih lanjut di bawah.

Nama Ponpes TPI Al Hidayah Batang

Nama ponpes yang terbuka untuk santri putra dan santriwati putri ini memiliki sejarah yang harus selalu dikenang. Di mana nama “TPI” diberikan oleh Kyai Mustofa Bisri dari Rembang, dan nama “Al Hidayah” diberikan oleh Kyai Ma’sum Lasem.

Pendidikan di TPI Al Hidayah Batang

Seperti apa pendidikan di Pesantren TPI Al Hidayah Batang? Jantung pendidikan ponpes ini adalah kajian ilmu salafussholih melalui kitab kuning klasik yang diajarkan menggunakan metode sorogan dan bandongan dengan tiga tingkatan (ula, wustho, dan ulya).

Dan yang menarik, sistem pembelajarannya tidak monoton seperti zaman dahulu. Kini sistemnya berinovasi secara kreatif melalui pembelajaran digital, spesifiknya kegiatan ngaji ini juga disiarkan secara online melalui streaming youtube.

Selain itu pihak ponpes juga menyelenggarakan kelas intensif atau takhasus, pembinaan tahfidz Al Qur’an, paket kesetaraan, dan juga beberapa pendidikan jenjang formal dari MI, MTs, MA, dan SMK.

Kegiatan Harian Santri

JamKegiatan
04.00 – 05.30Sholat tahajjud, mujahadah, dan sholat subuh berjamaah
05.30 – 06.30Pengajian tafsir Al Qur’anBandongan Al Qur’an dan kitab
06.30 – 07.30Sorogan kitab, sholat dhuha jamaah
07.30 – 08.30Sorogan kitab
09.00 – 11.30Sekolah madrasah
12.00 – 13.00Sholat dzuhur jamaah dan lalaran amtsilati
14.00 – 15.00Bandongan kitab*
15.30 – 17.00Sholat ashar jamaah dan amtsilati*
18.00 – 19.00Sholat maghrib berjamaah, sorogan Al Qur’an
19.00 – 21.00Sholat isya, sorogan/bandongan kitab
21.00 – 22.00Takror (belajar wajib)
22.00 – 04.00Istirahat malam

Untuk bagian yang kami berikan tanda bintang, sebagai penjelas bahwa kegiatan pada waktu diisi dengan sekolah madrasah untuk santri umumiyah.

Ekstrakulikuler Santri Al Hidayah

Beberapa kegiatan ekstrakulikuler santri antara lain tahfidzul qur’an, latihan berpidato (muhadloroh), barazanji, seni tilawatil qur’an (qiro’ah), tata boga, pencak silat, sepak bola, hadroh, seni kaligrafi, pertanian pesantren, dan lembaga pers santri (LPS) Al Fikroh.

Fasilitas Pesantren di Limpung

Adapun fasilitas yang disediakan pihak Pesantren TPI Al Hidayah Batang sudah cukup baik seperti masjid, asrama, gedung sekolah, koperasi pesantren, kantin, aula serbaguna, kantor, dapur, klinik kesehatan, area parkir yang luas, hingga lapangan olah raga.

Jadwal dan Syarat Pendaftaran

Adapun jadwal pendaftaran santri baru dibagi menjadi tiga gelombang. Detailnya sebagai berikut:

  • Gelombang I: 14 Februari – 9 Maret
  • Gelombang II: 15 Maret – 22 April
  • Gelombang III: 11 Mei – 9 Juni

Sedangkan syarat pendaftaran yang harus dipenuhi calon santri antara lain:

  • Sanggup menaati peraturan pesantren
  • Mengisi formulir pendaftaran online (klik di sini), dan melampirkan
  • Akta kelahiran dan KK
  • Ijazah terakhir dan NISN
  • KTP orang tua / wali
  • Surat berkelakuan baik dari desa asal
  • Menandatangani pernyataan santri (janji santri)
  • Menyerahkan uang pendaftaran

Biaya Masuk Tahun 2023 – 2024

Jenis pembayaranJumlah
PendaftaranRp. 300.000
PembangunanRp. 300.000
SeragamRp. 330.000
KitabRp. 300.000
MerchandiseRp. 200.000
SPP syahriah / bulanRp. 100.000
Kos makanRp. 200.000
TotalRp. 1.730.000

Menurut kami, biaya masuk santri baru Pesantren TPI Al Hidayah Batang tergolong standar untuk ukuran pesantren salaf. Bisa dibandingkan dengan pesantren lainnya yang sejenis di Batang yang sudah pernah kami review sebelumnya di sini.

Alamat Lengkap

Jika ingin melihat pesantren lebih jelas, silakan datang langsung ke Komplek Pondok Pesantren TPI Al Hidayah, Ds. Plumbon RT. 06 RW. 01, Kec. Limpung, Kab. Batang – Jawa Tengah.

 Informasi lebih lengkap, valid, dan detail bisa telepon ke kantor sekretariat santri putra (+62 853 2515 6585) / santriwati putri (+62 852 1330 2561). Kunjungi juga laman fanspage resmi Pondok Pesantren TPI Al Hidayah di link ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *