5 Pesantren Terbaik di Demak

Posted by

Pesantren Terbaik di Demak

Demak dikenal sebagai kota wali, alasan utamanya adalah masjid demak yang pernah dijadikan perkumpulan para wali untuk berdiskusi. Artinya Demak merupakan tempat strategis dalam dakwah Islam. Di samping itu, Demak memang dikenal sebagai tempat banyak makam tokoh Islam zaman dulu. Seperti Syeikh Abdullah Mudzakir, dan makam Sunan Kalijaga.

Namun demikian yang tidak bisa dilupakan adalah, pesantren yang ada di Demak. Karena posisinya sebagai kota wali, maka Demak memiliki banyak pesantren terbaik tempat para santri menuntut ilmu. Berikut kami ulas beberapa pesantren terbaik di Demak versi PanduanTerbaik.id.

Pesantren Futuhiyah Mranggen

Pesantren ini tergolong salah satu yang tertua di Demak, berdiri sekitar tahun 1901, pesantren ini sangat dekat dengan sejarah NU. Karena pada tahun 1926, ketika NU berdiri di Surabaya, pengasuh pesantren KH. Utsman Abdurrahman bersama dengan pengurus NU lain mendirikan Madrasah Diniyah Awaliyah.

Maka banyak yang mengatakan bahwa Futuhiyah merupakan pesantren yang benar-benar NU. Santrinya hingga sekarang sudah lebih dari 5.000, tergolong cukup besar untuk pesantren di Indonesia.

Pesantren ini memiliki identitas pembelajaran klasik, dengan model sorogan dan bandongan. Pesantren yang demikian, akan mengkaji kitab-kitab kuning. Namun tidak semua santri mukim di pesantren, banyak di antaranya juga bisa mukim di luar pesantren.

Kalau untuk jenjang pendidikan sangat lengkap sekali, dari TK, hingga SMK. Adapun untuk pendidikan pesantren lebih khusus dalam pendalaman kitab kuning. Untuk pendaftaran hanya sekitar Rp550.000.

Pesantren Al Hidayat – Krasak – Guntur

Pesantren ini memiliki nama persis dengan pesantren Lasem Rembang. Dan memang benar ada cerita di baliknya, pendiri pesantren ini merupakan murid dari KH. Ma’sum Ahmad, Lasem, Rembang. Oleh sebab itu pesantren ini diberi nama yang sama.

Pesantren ini memiliki identitas sangat mirip dengan pesantren Futuhiyah, Mranggen. Tetap mempertahankan tradisi salaf, dan tetap mengkaji kitab-kitab kuning sebagai basis pendidikan pesantren. Bahkan di waktu pagi ada waktu khusus untuk menghafalkan 100 bait nadzam.

Namun demikian ada satu hal istimewa dari pesantren di kecamatan Guntur tersebut. Pesantren ini memiliki kedudukan penting dalam peta politik di wilayahnya. Setiap ada perhelatan politik, seperti pemilihan presiden dan lain sebagainya, pesantren ini menjadi tempat kunjungan.

Contoh ketika pemilihan presiden, KH. Ma’ruf Amin berkumpul. Banyak kyai kemudian hadir di pesantren ini. Contoh lain adalah hadirnya ketua umum Plt PPP Suharso Manoarfa yang sampai memijat kaki Kyai Misbahul Munir. Fotonya sampai viral.

Pesantren Raudhatul Quran

Pesantren Raudhatul Quran merupakan pesantren tahfidz Quran. Yang istimewa setahu kami pesantren ini khusus putra. Tidak banyak pesantren yang mengkhususkan putra atau putri saja, jika ada yang demikian, maka bisa dikatakan menjadi salah satu unsur pesantren terbaik di Demak.

Pesantren ini memang memiliki kekhususan dalam aspek hafalan. Tidak hanya hafal Quran saja, tapi juga hafal matan-matan, atau bait-bait aqidah, fiqh, hadist, dan lain sebagainya. Menurut kami ini hal yang sangat baik, karena identitasnya jelas.

Uniknya kuota yang tersedia hanya 60 dalam setiap periode pendaftaran. Meskipun biayanya tergolong cukup lumayan untuk wilayah Demak, sekitar 9 Juta rupiah jika ditotal. Tapi hal ini kembali kepada pilihan wali murid.

Yang selanjutnya, untuk jenjang Aliyah, hanya menerima santri yang lulusan dari Tsanawiyah pesantren tersebut. Ini seperti metode di Madinah, yang hanya menerima santri lulusan dari Madinah untuk bisa melanjutkan program studi S2 di Universitas tersebut.

Ternyata di profil pesantren Raudhatul Quran, memang ada ustadz yang alumni dari Madinah. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Demak.

Salafiyah Syafiiyah Pesantren Gratis

Pesantren ini memang tidaklah besar, ia hanya memiliki sekitar 125 santri. Namun demikian pesantren ini sulit untuk ditandingi. Sebabnya adalah, pesantren ini menggratiskan biaya pendidikan untuk semua santrinya.

Diasuh oleh Kyai Sanipan (82 tahun), pesantren di desa Jatisono, Kecamatan Gajah ini sudah berdiri sejak 2012. Pesantren ini sengaja gratis, karena memang Kyai Sanipan dari kecil, 6 tahun, sudah hidup sebagai yatim piatu, oleh sebab itu sang kyai ingin memudahkan pendidikan semua santrinya.

Bahkan ada beberapa anak yang tidak hanya digratiskan di pesantren, tapi juga biaya pendidikan di sekolah formal. Istilah sederhananya disekolahkan.

Keistimewaan inilah yang menjadikan kami memasukkannya menjadi salah satu pesantren terbaik di Demak. Bahkan santrinya kini berasal tidak hanya dari pulau Jawa, tapi juga Sumatera dan Kalimantan.

Pesantren Darul Mustofa

pesantren terbaik di Demak

Pesantren ini terletak di kampung Krajan  Jogoloyo Demak. Alasan kami memasukkannya ke dalam pesantren terbaik di Demak adalah pesantren ini khusus untuk anak-anak. Maka Anda akan melihat santri yang masih kecil-kecil usia SD.

Tentu hal ini sangat membanggakan. Karena pesantren yang demikian tidak banyak di temukan, baik di Demak, atau bahkan di pesantren Jawa Tengah. Oleh sebab itu pesantren Darul Mustofa termasuk pesantren yang istimewa.

Inilah 5 Pesantren Terbaik di Demak. Jika ada masukan bisa ditulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *