Pesantren Assalam Bangilan Tuban | Sistem Gontor dan Biaya

Posted by

Pesantren Assalam Bangilan Tuban merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup ternama di Tuban. Santrinya cukup banyak dan dikenal cukup berbeda di antara pesantren lainnya karena memiliki unsur sistem modern yang kental.

Oleh sebab itu kami akan mengulas pesantren modern Assalam Tuban yang bersumber dari website resmi, brosur yang kami dapatkan serta informasi lainnya. Kami akan sajikan mulai dari profil pendidikan hingga biaya masuk pesantren.

Pesantren Assalam Bangilan Tuban

Pesantren Assalam Bangilan Tuban juga bisa dikatakan sebagai pondok pesantren alumni Gontor Ponorogo. Pesantren ini bahkan bisa disebut dengan pesantren model Gontor di Tuban. Banyak identitas yang mirip.

Di antaranya adalah dari sisi filosofis, ada unsur panca jiwa pesantren, cara berpakaian, bahkan sistem pendidikan, semua mirip dengan Gontor Ponorogo. Sampai tulisan ini dibuat, santrinya sudah mencapai 1000 lebih.

pesantren assalam bangilan tuban

Pendidikan di Pesantren Assalam Bangilan

Nama lengkap pesantren ini adalah KMI Assalam Bangilan Tuban. KMI artinya adalah sistem pendidikan, yaitu Kulliyatul Mu’allimin wa Mu’allimat Al Islamiyah. Yaitu tempat pendidikan bagi para guru.

Kurikulum ini umum dipakai oleh pesantren-pesantren alumni Gontor dengan komponen pendidikan antara umum dan diniyyah sudah disatukan jadi satu dalam pendidikan di kelas berbasis madrasah. Jadi masuk kelas, sudah belajar ilmu umum dan agama. Kami sudah pernah membahas kurikulum KMI Gontor di sini.

Durasi pendidikannya enam tahun. Di mana tiga tahun pertama setara dengan Tsanawiyah, dan tiga tahun kedua setara dengan Aliyah. Ada ijazah Mts dan MA yang diberikan oleh pihak pesantren.

Kurikulum ini punya kelebihan sudah disinkronkan dengan kegiatan yang di luar kelas. Maksudnya adalah ketika di dalam kelas belajar tentang bahasa arab, maka di luar kelas suasana sudah dikondisikan untuk berbahasa arab. Oleh sebab itu pendidikan di Pesantren Assalam Bangilan Tuban cukup menarik.

Kegiatan Menarik

Ada beberapa ekstrakurikuler yang menarik. Di antaranya adalah kursus menjahit, sablon, kursus batako, buis beton, ada juga pencak silat. Kombinasi kegiatan ini menjadikan santi betah. Belum lagi olah raga yang cukup banyak tersedia di pesantren.

Pentas seni juga diadakan dengan cukup bagus. Sehingga kreativitas santri disalurkan dengan baik. Bahkan panggungnya besar sekali. Kalau di Gontor namanya pentas seni panggung gembira.

Fasilitas Pendukung Pesantren Assalam Bangilan

Fasilitasnya lumayan lengkap. Kalau untuk kamar tidak mewah ya. Biasa kamar santri pondok pesantren, bersama-sama. Satu kamar bisa lebih dari delapan orang. Rame-rame. Tapi fasilitas akademik lengkap, seperti laboratorium IPA, IPS, juga laboratorium komputer.

Keunggulan Pesantren KMI Assalam Tuban

Ada beberapa keunggulan pesantren Assalam Bangilan Tuban yang patut dipertimbangkan. Pertama memang banyak hal mirip sekali dengan Gontor. Ada praktek mengajar juga di kelas akhir. Juga cara berpakaian yang serba rapi.

Disiplin cukup baik. Tandanya adalah waktunya teratur, rapi. Saat masuk kelas, semua masuk kelas. Saat belajar, semuanya belajar. Semua ditata dengan penuh keserasian. Sehingga santri belajar disiplin dalam hidup.

Terakhir adalah aspek bahasa. Kelebihan pesantren berbasis sistem Gontor adalah penggunaan dua bahasa. Inggris dan bahasa arab. Dilatih untuk menjadi sarana komunikasi setiap hari. Pesantren Assalam Bangilan Tuban bisa menjadi pilihan pendidikan.

Pendaftaran Ponpes Modern Assalam Tuban

Bagi yang ingin masuk ponpes Assalam Bangilan Tuban bisa mendaftar secara online atau offline. Bisa dilihat di website resminya. Biasanya dibuka mulai bulan Maret hingga Juli. Jadi harus siap-siap.

Yang perlu disiapkan adalah ujiannya. Bisa membaca Al Quran, bisa ibadah sehari-hari, shalat, bisa menulis arab, wajib tinggal di asrama, serta ada ujian Matematika dasar kelas 6 SD, dan bahasa Indonesia.

Biaya Masuk Pesantren Bangilan

Adapun biaya awal masuk kami sajikan melalui tabel. Yang kami sajikan adalah biaya di tahun 2021-2022. Semoga bisa menjadi pedoman. Kemungkinan di tahun 2022-2023 bisa lebih besar.

Jenjang
Pendaftaran PutraRp1.105.000
Pendaftaran PutriRp1.185.000
Bulanan PutraRp385.000
Bulanan PutriRp380.000
Biaya semester 1 MTsRp710.000
Biaya semester 1 MARp740.000
Biaya semester 2 MTsRp380.000
Biaya semester 2 MARp380.000

Menurut kami biaya ini tergolong murah. Sehingga bisa dikatakan pesantren murah dan bagus di Tuban. Bisa disurvey dengan pesantren Tuban lainnya di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat dan Informasi

Jika ingin datang langsung ke pesantren alamatnya di Jalan raya Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Google Maps sudah kami sediakan di bawah agar lebih mudah.

Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di https://www.assalam.sch.id/. Kalau bingung atau ingin tanya-tanya bisa hubungi nomor berikut ini 6289508777812. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *