7 Pesantren Terbaik di Wonosobo

Posted by

Wonosobo merupakan kota yang lebih dikenal dengan wisatanya. Bahkan nama Wonosobo kalah populer dengan Dieng. Memang wisata dataran tinggi sangat melimpah di Wonosobo. Sehingga tempat ini sangat nyaman, baik untuk pensiun, atau untuk kegiatan lainnya. Salah satunya adalah pesantren.

Wonosobo memang memiliki banyak pesantren terbaik. Juga termasuk pesantren terbaik di Jawa Tengah, terutama adalah pesantren tahfidz Quran. Mungkin karena kesejukan wilayah sehingga sangat cocok untuk menghafal Quran.

Berikut kami sajikan 7 pesantren terbaik di Wonosobo. Pesantren ini berdasarkan Analisa kami, yang bisa dijadikan rujukan.

Pesantren Al Asy’ariyah

Pesantren ini merupakan pesantren tahfidz Quran yang bisa dikatakan tidak hanya terbaik di Wonosobo, tapi juga Jawa Tengah. Pesantren ini memang fokus pada Al Quran dalam banyak aspeknya. Yang terkenal adalah wisuda Al Quran yang bisa diikuti oleh santri hingga mencapai lebih dari 800-an orang.

Jika bicara sarjana, maka yang dimaksud adalah sarjana Al Quran. Uniknya adalah pesantren ini menyediakan jenjang anak kecil hingga dewasa, yang rata-rata adalah berkaitan dengan tahfidz Al Quran. Oleh sebab itu disebut sebagai salah satu pesantren terbaik di Wonosobo.

Secara sejarah, diceritakan bahwa pesantren ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Mengalahkan pesantren Gontor, Langitan, bahkan Tebu Ireng. Berdiri di tahun 1832 dalam catatan yang ada di Internet.

Pesantren ini pun kental dengan sejarah Indonesia, yaitu pangeran Diponegoro yang dilucuti oleh belanda. Salah satu bala tentaranya kemudian ke Wonosobo untuk mengajakan tauhid dan Al Quran. Infor lengkap bisa di website ini.

Pondok Pesantren Ulumul Quran

Biasanya di satu kota ada pesantren kokoh yang menebarkan pengaruh warna Pendidikan pesantren kepada yang lainnya. Seperti Sidogiri di Pasuruan. Di Wonosobo Al Asyariah juga menebarkan warna tahfidz Quran kepada pesantren lainnya, termasuk Pesantren Ulumul Quran.

Ini adalah pesantren berbasis Al Quran, baru berdiri di era millennium. Pendirinya memiliki pengalaman di Al Asyariah sehingga fokus di pesantren juga sama tentang Al Quran. Namun demikian Pendidikan yang ada di dalamnya rata-rata adalah siswa dewasa dan mahasiswa.

Pola pendidikannya menggunakan sistem salaf, khas sorogan dan bandongan. Al Quran menjadi inti pembelajaran dengan kitab kuning menjadi kajian bersama pengasuh pondok pesantren. Maka bisa ditemukan kitab-kitab klasik yang diajarkan seperti Fiqih  Wadhi, Safinatunaja, Sulamunaja, Risalah Al Mahid, Fatchul Wahab, Fatchul Qarib, Bishuri, dan Mahali.   Dalam   bidang   ilmu   tauhid   yaitu:   Jawahirul,   Kalamiah,   Fachtul   Majid. Dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Wonosobo.

Pesantren Al Mubarok Manggisan Wonosobo

Jika pesantren sebelumnya adalah pesantren tahfidzul Quran, maka pesantren yang satu ini berbeda. Ini adalah pesantren pendalaman agama Islam. Yang unik adalah kurikulumnya mandiri. Namanya PDF. Yaitu Pendidikan Diniyah Formal.

Ini semacam KMI Gontor yang sudah menjadikan satu antara Pendidikan pesantren dengan Pendidikan formal. Sehingga modelnya bukan Pendidikan formal pagi hari, Pendidikan non formal sore hari. PDF menggabungkan 5 pendidikan formal dan 16 pendidikan agama. Kurikulum demikian sudah diakui oleh kemenag, diakui oleh negara.

Santrinya cukup banyak, pesantren ini menjadi salah satu pesantren unggulan di Wonosobo, pesantren Terbaik di Ponorogo. Dengan model Pendidikan klasik kitab kuning khas NU, pesantren ini menjadi salah satu pilihan masyarakat Wonosobo.

Info lengkap di website ini.

Pesantren Terbaik di Wonosobo
Pesantren Miftahul Huda Siwatu – Facebook.com

Pesantren Miftahul Huda Siwatu

Satu lagi pesantren terbaik di Wonosobo, yaitu Pesantren Miftahul Huda. Ini juga merupakan pesantren tahfidz Quran. Identitasnya adalah pesantren tahfidz Quran yang mampu menghasilkan santri penghafal Quran dalam waktu cepat. Satu tahun bahkan kurang.

Namun menurut kami yang menarik dari pesantren Miftahul Huda Siwatu adalah Pendidikan Al Quran untuk jenjang anak-anak. Tidak banyak pesantren yang mampu menyentuh anak-anak. Pesantren ini justru bisa melakukannya.

Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Wonosobo.  

Baca: Kota Pesantren Terbaik di Indonesia

Pesantren Raudlatut Tholibin Jawar

Orang menyebutnya pesantren API, yaitu Asrama Pendidikan Islam. Pesantren ini memang memiliki ciri khas pada aspek asramanya  yang tertata rapi dengan dominasi wara oranye. Pesantren ini juga dikenal dengan nama pesantren Jawar.

Pesantren ini berdiri pada tahun sekitar 1972. Pesantren ini memiliki identitas salaf dengan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam. Jenjang pendidikannya terbagi menjadi empat. Pertama adalah jenjang Ibtida’iyah dua tahun, Tsanawiyah tiga tahun, ‘Aliyah tiga tahun, serta Ihya’ Ulumiddin selama satu tahun.

Jika Anda ke asramanya akan terasa nyaman dan hangat. Berukuran sekitar 10 x 10 meter dengan alas karpet yang cukup tebal. Sehingga santri bisa betah berada di pondok.

Yang istimewa, biayanya cukup murah sekali. Mungkin pesantren murah di Wonosobo dengan kualitas baik adalah Raudlatut Tholibin. Biayanya hanya sekitar 300ribuan untuk santri baru. Belum lagi pesantren ini memiliki klinik pengobatan, dan pembangkit listrik tenaga micro hidro.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Wonosobo, pesantren unggulan di Wonosobo, juga pesantren tahfidz Quran di Wonosobo. Kami masih mencari dua pesantren lainnya. Jika ada tambahan bisa dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *