Pesantren Putri Aris Kendal Kaliwungu | Bagus Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Putri Aris Kendal merupakan salah satu pesantren legendaris. Sesuai dengan namanya, pesantren ini hanya menerima santriwati putri saja.

Berikut ini rangkuman informasi mengenai Pondok Pesantren Putri Aris Kendal yang informasinya disadur berdasarkan brosur pesantren, website, video youtube, dan beberapa artikel terpercaya yang ada di internet.

Adapun topik yang akan kami bahas di antaranya profil pesantren, pendidikan, tradisi unik, hingga biaya masuk calon santriwati. Semoga bermanfaat.

Pesantren Aris Kaliwungu Kendal

Pondok Pesantren Arribathul Islamy atau yang lebih sering disingkat menjadi Pesantren Aris berawal mula dari sebuah madrasah yang didirikan oleh KH. Ahmad Dum pada tahun 1950.

pesantren putri aris kendal

Hingga kemudian estafet perjuangan diteruskan kepada kepanitian pesantren yang terdiri dari KH. Cholil Hasan, KH. Humaidullah Irfan, KH. Ibadullah Irfan, dan KH. Asror Ridwan karena kyai Ahmad meninggal dunia. Dari kepanitian tersebutlah akhirnya Pesantren Aris diresmikan pada tanggal 28 Agustus 1978.

Dari segi identitas, Pesantren Aris adalah pesantren salafiyah yang berorientasi pada pemikiran ahlu sunnah wal jamaah dan tetap kental dengan tradisi maupun pendidikan khas, serta nilai – nilai kultural yang ada di dalamnya.

Pendidikan di Pesantren Putri Aris Kendal

Pendidikan utama yang terselenggara di Pesantren Aris adalah madrasah diniyah yang mengacu pada kurikulum khas pesantren. Pembagian kelas santriwatinya pun disesuaikan berdasarkan tingkatan masing – masing dan metode yang digunakan.

Untuk madrasah diniyah (pembelajaran kitab kuning yang membahas ilmu – ilmu syar’i) menggunakan metode yang berbeda – beda. Mulai dari sorogan, bandongan, lalaran, diskusi, ceramah, maupun tanya jawab (bahtsul masail).

Selain itu bagi santriwati yang ingin belajar menghafal Al Qur’an, nantinya akan dikumpulkan dengan santriwati lainnya ke komplek khusus untuk tahfidz Al Qur’an. Sedangkan pendidikan formalnya sendiri ada madrasah tsanawiyah (MTs).

Tradisi Unik Santri Pesantren Aris

Ternyata Pesantren Aris mempunyai tradisi yang cukup unik untuk menyambut maulid Nabi. Tradisi tersebut adalah Wehwehan atau yang biasa dikenal dengan Ketuwinan. Tradisi ini murni peninggalan para ulama Kaliwungu sejak ratusan tahun lalu.

Tradisi Wehwehan sendiri merupakan kegiatan bertukar makanan satu sama lain. Untuk menyemarakkan kegiatan ini, para santriwati memberikan makanan (bisa berupa kue ataupun minuman) kepada ustadzah atau santriwati lainnya.

Wehwehan bukan hanya sebagai ajang melestarikan tradisi asli masyarakat saja, tetapi juga sebagai sarana mempererat dan menjalin tali silaturahim antar sesama.

Ekstrakulikuler

Ekstrakulikuler santri lumayan variatif. Beberapa di antaranya mujahadah, pelatihan bahasa asing (Arab – Inggris), seni berpidato / muhadloroh, hadroh / seni rebana, karya tulis, voli, basket, dan bela diri.

Fasilitas Ponpes Aris Kendal

Menurut kami nilai – nilai kesederhanaan terlihat jelas dari fisik bangunan pesantren yang identik dengan warna hijaunya ini. Jika Bapak / Ibu datang langsung melihat pesantren, maka kesan pertama yang terlintas adalah pesantren yang asri.

Ponpes Putri Aris Kendal dan masih kental dengan suasana pedesaannya. Representasi khas pesantren salaf. Bisa dilihat dari video yang kami sertakan di bagian bawah.

Sedangkan untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup baik, mulai dari masjid, gedung sekolah, asrama pesantren, perpustakaan, aula, gudang, kamar mandi, dapur, kantin, pos kesehatan, dan koperasi yang menyediakan berbagai kebutuhan santriwati.

Rating di Google

Pesantren Aris di kalangan masyarakat sekitar mendapatkan perhatian yang cukup baik. Di google mendapatkan rating 4.7 dari total 39 ulasan. Salah satu pengguna berkomentar “Banyak alumni dari Pondok Pesantren Aris yang menjadi tokoh masyarakat”.

Pendaftaran dan Persyaratan

Pendaftaran santriwati baru Pesantren Putri Aris Kendal biasanya dibuka ketika bulan syawal. Yang perlu diperhatikan ketika mendaftar adalah calon santriwati wajib diantar langsung oleh orang tua / wali ke pesantren dan santriwati tidak mempunyai riwayat penyakit akut.

Tahap selanjutnya yakni mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas pendaftaran seperti fotokopi kartu keluarga (KK), fotokopi akta kelahiran, fotokopi ijazah terakhir, dan pas foto ukuran 3×4, jangan lupa semua berkas disiapkan sebanyak tiga lembar.

Biaya Masuk Aris Kaliwungu Kendal

Berdasarkan brosur yang kami peroleh biaya masuk santriwati baru adalah sekitar Rp. 385.000 ribu rupiah. Sayangnya informasi biaya ini untuk tahun 2021, kami belum mendapatkan informasi biaya masuk terbaru tahun 2022. Rinciannya sebagai berikut:

KeteranganBiaya
Pendaftaran pondokRp. 75.000
Syahriah pondok 1 bulan (SPP)Rp. 50.000
Perawatan bangunanRp. 100.000
K2SRp. 25.000
Sosial keagamaanRp. 35.000
Pendaftaran madrasahRp. 50.000
Syahriah madrasahRp. 50.000

Menurut kami biaya ini termasuk murah dan terjangkau untuk pondok pesantren daerah Kendal. bisa disurvey dengan pesantren lain di wilayah sekitar yang sudah pernah kami review melalui link ini. Sudah kami sajikan biayanya masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Putri Aris berlokasi di Saribaru, Kaliwungu, Kendal – Jawa Tengah. Alamat ini mudah ditemukan karena dekat dengan jalan raya sehingga untuk akses transportasinya pun mudah.

Informasi selengkapnya dan update bisa pantau di laman resmi facebook pesantren di sini atau telepon ke nomor (0294) 381 877 / +62 858 4735 4301.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *