Pesantren Maron Purworejo | Pendaftaran dan Kelebihan Nuril Anwar

Posted by

Pesantren Maron Purworejo merupakan salah satu pesantren pilhan yang banyak menjadi tujuan pendidikan santri wilayah Jawa Tengah. Bisa diakatakan bersekolah di Ponpes Maron Loano Purworejo Nuril Anwar adalah pilihan yang tepat.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi dari website resmi pesantren agar menjadi rangkuman informasi yang bermanfaat. Di antaranya adalah sejarah pesantren Maron Laono Nuril Anwar, pendaftaran ponpes, dan biaya. 

Sejarah Pesantren Maron Nuril Anwar

Pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1997 ini terletak di desa Maron, kecamatan loano, kabupaten Purworejo. Sebelum menjadi pondok pesantren Maron, ponpes ini adalah Pondok Pesantren Induk Al Anwar. 

Yayasan pesantren ini pun tidak langsung berdiri megah dengan berbagai fasilitas mewah nan memadainya. Seperti anak bayi yang beranjak dewasa, pondok pesantren tersebut mengalami berbagai perkembangan. 

pesantren maron purworejo nuril anwar

Perjuangan yang dilakukan atas dasar niat ibadah akhirnya membuahkan hasil menjadi salah satu pesantren yang bergengsi. Hingga saat ini santri hadir dari beragam daerah di Indonesia. 

Identitas Pendidikan Ponpes Nuril Anwar Purworejo

Ponpes Maron Loano Purworejo Nuril Anwar memiliki visai bernuansa islami, unggul dalam berprestasi, dan menjunjung tinggi tradisi. Anak didiknya juga akan menjadi lulusan yang santu dalam bersikap, diminati masyarakat, dan meraih kemuliaan hidup dalam kebahagiaan di masa depan. 

Visi ini sangat bagus untuk ukuran sebuah pesantren sehingga anda bisa dengan percaya menyekolahkan sang buah hati.

Misi yang dimiliki oleh pondok pesantren di Purworejo ini ialah membina peserta didik berdasarkan keimanan dan ketakwaan serta mewujudkan tercapainya peningkatan mutu pendidikan. 

Pondok Pesantren Maron Purworejo juga terus berkembang mengikuti perkembangan IPTEK dan kebudayaan. Tidak hanya itu, tentunya pondok pesantren ini juga akan meningkatkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat sekitar.

Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Maron memiliki sarana dan prasarana yang mencukupi yaitu asrama putra dan asrama putri yang tentu berbeda gedung dengan dua lantai. Ada 6 sumur bor dan dilengkapi dengan pemandian yang bersumber langsung dari mata air. 

Ruang belajar yang digunakan tentunya terpisah antara putra dan juga putri sehingga di ponpes ini para santri akan dijaga ketat oleh para tenaga pendidik. Jadi jangan khawatir. 

Pesantren Maron Purworejo Nuril Anwar juga pastinya memiliki minimarket santri, kantin putra, dan juga kantin putri yang terpisah. Kampus belajarnya juga lengkap, mulai dari MI, SMP, dan SMA dengan fasilitas yang tentu memadai.  

Pondok Pesantren Moran Purworejo pun memiliki balai kesehatan, dapur umum, dan juga fasilitas mck untuk warga pesantren. Kehidupan para santri dan warga pesantren pun terbina serta terjaga selama 24 jam sehingga anda sebagai orang tua tidak perlu merasa khawatir dengan buah hati.

Aktifitas Santri di Ponpes Nuril Anwar

Para santri yang sekolah di Ponpes Nuril Anwar Purworejo akan menjalani rutinitas kesehariannya mulai dari jam 3. Anak didik akan dibangunkan pad ajam 3 untuk menjalankan solat tahajud dan memulai aktifitas. 

Diawali dengan mujahadah dan kemudian berlanjut ke solat subuh berjamaah. Tidak lupa Al – Quran di pagi hari agar keseharian menjadi lebih syahdu. Sehingga santri sudah siap secara fisik dan ruhiyah. 

Pada siang hari, santri mendapatkan waktu untuk tidur siang yang mana menjadi program wajib. Sekolah formal pun dimulai setelah melakukan solat zuhur yaitu jam 13.00 – 16.15. 

Setelah sekolah formal di siang hari selesai, anak – anak akan menjalani hari dengan jaamah soalt asar, mujahadah, makan dan juga tartilan al – Quran. 

Di Ponpes Maron Purworejo Nuril Anwar terdapat sesi kedua diniyyah yang dimulai jam 20.00 hingga 22.00. Kelas malam tersebut diakhiri dengan istirahat malam. Rutinitas ini umum di pesantren-pesantren. 

Aktifitas Mingguan dan Bulanan

Pondok pesantren yang ada di Maron Laono Purworejo ini juga memiliki aktifitas mingguan dan bulanan sehingga anak murid tidak akan bosan dengan kesehariannya. 

Untuk ukuran minggu, pihak pesantren mengadakan khotbah dan al barzanji pada malam jumat. Di jumat pagi ada kegiatan ziaroh makan muasis pondok dan kerja bakti bagi warga pondok pesantren. 

Pada hari kami pagi adalah waktunya nadzoman kubro dan ini harus diikuti. Khas pesantren-pesantren berbasis kitab kuning di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Sedangkan aktifitas rutin pada tahap bulanan yaitu melakukan evaluasi belajar. Dengan melakukan evaluasi maka anak – anak akan mengetahui materi belajar apa yang belum dimengerti dan yang sudah.

Pendaftaran dan Biaya Pesantren Maron

Di website resmi tertera pendaftarannya mulai April hingga Juni yang nantinya jika diterima akan diumumkan di website resmi pesantren. Adapun biaya pendaftaran pesantren Maron Purworejo sebesar Rp200.000.

Untuk biaya PPDB lengkapnya bisa menghubungi pesantren di 082-394-461-719. Kantor sekretariat. Yang nantinya bisa dikomunikasikan dengan lebih nyaman. Website resmi pesantren bisa dikunjungi di sini. 

Demikian informasi tentang Ponpes Maron Loano Purworejo Nuril Anwar yang bisa kami berikan kepada anda. Semoga dengan informasi lengkap ini kami dapat membantu anda dalam menentukan sekolah untuk sang buah hati tercinta. 

Jika ingin lembaga pendidikan lain di Purworejo bisa kunjungi link berikut ini. Kami sajikan dengan ringkas disertai dengan biaya masuk. Google maps alamat lengkap pesantren kami sediakan di bawah ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *