3 Sisi Unik SMA Dwi Warna Boarding School dan Biaya

Posted by

SMA Dwi Warna Boarding School | Bisa dikatakan sekolah ini merupakan salah satu boarding school terbaik di Indonesia. Selain Insan Cendekia Serpong, Dwi Warna juga dikenal sebagai salah satu yang paling populer di mata siswa-siswa nusantara.

Oleh sebab itu kami akan mengulas beberapa sisi unik dari SMA Dwi Warna Boarding School Parung. Terutama dari kurikulum, Fasilitas, Prestasi, kemudian pendaftaran dan biaya masuk. Kami himpun informasi dari beragam sumber.

Profil SMA Dwi Warna Boarding School

SMA Dwi Warna berdiri pada tahun 1998, pada saat itu belum banyak boarding school swasta yang besar di Indonesia. Namun ide cemerlang dari keluarga Prof.Dr.H Ginandjar Kartasasmita. Keluarga ini memang dikenal dalam kancah nasional. 

Dari awal berdiri memiliki cikal bakal dari pengajian, maka secara identitas, sekolah ini Islamic Boarding School. Meskipun jika diperhatikan tidak sekental Insan Cendekia, atau MAN 2 Malang. Tapi sekolah yang demikian dibutuhkan di kota besar Jakarta Bogor dan sekitarnya.

Uniknya adalah sekolah Dwi Warna Boarding School hanya fokus di jenjang SMA saja. Tidak yang lain. Memang peta pendidikan untuk jenjang SMA belum banyak yang kuat. Persaingannya ketat, karena kualitasnya akan dilihat dari seberapa banyak mengantarkan siswanya ke perguruan tinggi. SMA Dwi Warna menjawab tantangan tersebut di akhir tahun 90-an, masa reformasi dengan sistem boarding school.

Kurikulum SMA Dwi Warna Parung

Sisi kurikulum di SMA Dwi Warna memang spesial. Tidak seperti pada umumnya. Dwi Warna memiliki kerjasama dengan beragam institusi. Jadi basisnya kurikulum nasional. Tapi ditopang dengan kurikulum internasional.

Pertama SMA Dwi Warna Boarding School bekerjasama dengan Goethe Institut. Artinya ada program pendidikan bahasa jerman. Targetnya beberapa siswa yang mengikuti hampir 1/3 -nya memiliki kemampuan bahasa jerman berstandar eropa. Tujuannya adalah jika siswa ke Jerman tidak terkendala. Dan Jerman merupakan salah satu kiblat pendidikan dunia.

Kedua, bekerjasama dengan Morioka Chuo High School Japan. Ini artinya berafiliasi dengan pendidikan High School Morioka yang memiliki banyak program menarik. Tentu kemampuan bahasa jepang menjadi utama. Dwi Warna tahu kalau Jepang menjadi pusat industri teknologi.

Ketiga, juga bekerjasama dengan Hunting Tower School, Melbourne Australia. Kelebihannya tentu membuka cakrawala ke Barat dengan pendidikan yang bagus di Australia, plus kemampuan bahasa inggris yang mumpuni.

Ketiga akumulasi ini menjadikan SMA Dwi Warna memang sangat berbeda dengan yang lainnya. Sedangkan untuk kurikulum di asrama menurut kami lebih didominasi untuk menyempurnakan penguasaan pendidikan formal di pagi hari.

Fasilitas SMA Dwi Warna Boarding School

Berbicara SMA Dwi Warna maka tidak bisa dilepaskan dari tempatnya di Parung Bogor. Tidak terlalu panas, meskipun kalau dibilang sejuk masih kalah dengan malang. Cek islamic boarding school terbaik di Malang

Untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya, sekolah ini memberikan kesejukan. Karena lingkungannya hijau. Hamparan rumput dan pepohonannya sangat khas sekali. Kalau ke sana pasti Anda terkesan. 

Meskipun kalau berbicara gedung, terasa klasik. Dari luar biasa. Tapi kalau sudah masuk asrama dan kamar, terasa sangat homi sekali. Ada TV, laundry dan komputer di asrma. Antara putra dan putri terpisah. Setiap kamar ada empat siswa. Ada wifi, tempat tidur bertingkat dan meja belajar. Pasti betah kalau di sini. Hehehe.

Sedangkan fasilitas lain, lapangan olah raga, laboratorium dan lain sebagainya cukup representatif. Bisa dilihat di video yang kami sertakan. Menurut kami di Indonesia, dalam aspek suasana sekolah, SMA Dwi Warna Boarding School adalah salah satu yang terbaik.

Luasnya kurang lebih 7.5 hektar. Sudah kebayang kan bagaimana besarnya SMA Boarding School di Parung ini. Padahal siswanya hanya sekitar 200-300. Jadi ruang gerak siswa sangat luas.

sma dwi warna boarding school

Prestasi SMA Dwi Warna

Prestasi SMA Dwi Warna cukup banyak. Sayang di websitenya tidak dicantumkan di tahun berapa berprestasi. Tapi secara garis besar prestasinya bisa dikelompokkan. Pertama dalam bahasa Jerman, SMA Dwi Warna sering sekali juara, terutama tingkat regional.

Kedua dalam hal sains, rata-rata juara di tingkat bogor. Memang kalau mau mengukur dari lomba OSN, Dwi Warna juara di bidang ekonomi mewakili Jawa Barat. Untuk Matematika, atau mata pelajaran bergengsi lainnya rata-rata tingkat regional. 

Jika dilihat dari hal ini, memang secara prestasi SMA Dwi Warna Boarding lebih banyak regional. Adapun nasional biasanya yang diadakan oleh kampus-kampus. Dalam persoalan ini Anda bisa membandingkan dengan boarding school lainnya di Bogor atau di Jakarta.

Panduanterbaik.id

Pendaftaran Dwi Warna

Untuk pendaftaran ada beberapa syarat umum, tapi beberapa syarat khusus juga diperhatikan. Di antaranya tidak merokok. Maksimal 17 tahun. Kalau sudah terlalu tua, maaf, sudah kelewat. Beragama Islam.

Sedangkan untuk tesnya ada akademik, seperti bahasa inggris, psikologi, kesehatan, juga wawancara. Menurut kami standard. Untuk pendaftaran lengkap bisa kunjungi websitenya di sini.

Biaya Masuk Dwi Warna Bogor

Dalam hal biaya masuk, bisa dikatakan SMA Dwi Warna Boarding School merupakan kelas menengah atas. Untuk biaya pendaftaran saja 2.5 juta. Memang di wilayah Jakarta Bogor masih banyak juga yang lebih mahal.

Sedangkan untuk biaya masuk SMA Dwi Warna Boarding School sebesar Rp60.000.000. Di Jawa Timur yang sebesar ini Al Hikmah Boarding School Batu. Tapi masih ada biaya buku dan seragam 4.5 juta.

Untuk SPP-nya, Dwi Warna Parung Bogor menetapkan 6.5 juta. Tergolong cukup tinggi kalau untuk SPP-nya. Jadi untuk tiga tahun, total biaya di luar lain-lain dan uang saku sekitar 300 juta. Biaya sebesar ini mendapatkan kualitas pendidikan seperti yang sudah kami jelaskan. 

Semoga informasi ini bermanfaat, kurang lebihnya disclaimer on ya.  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *