Pesantren Al Jauhari Garut | Kelebihan, Biaya dan Pendaftaran

Posted by

Pesantren Al Jauhari Garut merupakan salah satu pesantren terbaik yang ada di Garut. Identitasnya adalah pesantren modern yang cocok untuk masyarakat di era modern seperti sekarang. 

Pesantren ini didirikan oleh Da’i ternama asal Garut, yaitu Dr. KH Jujun Junaedi.  Sehingga sering disebut dengan Pesantren Al Jauhari Jujun Junaidi. Ponpes ini cukup terkenal, salah satu sebabnya memang kemashuran pendirinya.

Oleh sebab itu kami akan mengulas sedikit tentang profil pesantren Al Jauhari Garut, sampai dengan biaya masuk pesantren Al Jauhari bersumber dari review di internet, halaman facebook pesantren, brosur, dan unsur lainnya. 

Profil Pesantren Al Jauhari

Dr. KH Jujun Junaedi mendirikan pesantren Al-Jauhari pada tanggal 5 Juli tahun 2004 lalu. Ini tergolong baru di antara pesantren terbaik di Garut lainnya. Namun demikian dalam soal pertumbuhan, pesantren ini cukup pesan. 

pesantren al jauhari garut

Nama Pesantren ini diambil dari nama kakek dari Dr. KH Jujun Junaedi, yaitu KH Jauhar Makmun. Sarana prasananya cukup lengkap, bahkan tergolong nyaman. Sehingga santri akan merasa nyaman di pesantren ini.

Kurikulum Pendidikan Pesantren

Pesantren ini awalnya berbasis salafiyah yang mengkaji kitab-kitab klasik, seperti pesantren kitab kuning lainnya. Kendati demikian para santri difasilitasi dengan sarana dan prasarana yang modern. Sehingga mereka masih bisa tetap menyalurkan hobi sesuai minat.

Di pesantren ini juga terdapat pendidikan formal setingkat SMP yaitu SMP Islam Al Jauhari dan Madrasah Aliyah Al-Jauhari. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini ada ribuan santri yang belajar di pesantren ini. 

Di pesantren ini, para santri dibagi menjadi dua golongan, yaitu santri yang mengikuti program sekolah sekaligus pesantren dan santri yang khusus belajar ilmu agama/mukim. Atau istilahnya santri kalong dan mukim

Pesantren Al-Jauhari memadukan kurikulum kepesantren dengan sistem boarding school, yang dibina oleh tenaga pembimbing professional. Model demikian menjadikan santri tidak hanya senang belajar, tapi juga tenang belajar. 

Di samping itu, pesantren ini berjuang untuk menumbuhkembangkan kesholehan sosial. Dapat terlihat dari banyaknya aktivitas santri yang mengarah kepada minat dan bakat.

Sehingga ke depannya, para santri diharap dapat menguasai keterampilan hidup yang mampu bersaing dengan dunia luar.

Aktivitas Santri

Dalam sehari-hari, selain belajar ilmu agama (kepesantrenan) mereka juga belajar hidup bermasyarakat yang dibina oleh pengurus. Berikut kegiatan-kegiatan dan pelatihan kemandirian yang ada di pesantren ini, antara lain:

  • a.  Melakukan sholat berjamaah, baik yang wajib maupun sunnah
  • b.  Menjalankan puasa sunnah
  • c.   Tadarus Qur’an
  • d.  Mengkaji kitab kuning serta tarbiyatul mubaligh in

Salah satu yang spesial di pesantren ini adalah kegiatan menghafal Al-Qur’an minimal 2 juz (lanjutan). Sehingga setiap santri akan memiliki bekal hafalan Al Quran untuk terjun di masyarakat nantinya. 

Selain kegiatan keagamaan, para santri juga dibebaskan mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler.  Seperti pramuka, marching band, marawis, pencak silat dan olahraga. Para santri difasilitasi dengan peralatan dan perlengkapan yang semuanya serba modern.

Fasilitas Pesantren Al Jauhari

Pesantren Al-Jauhari berdiri di lahan seluas 2,5 hektar, dengan dilengkapi gedung-gedung yang nyaman dan indah. Masjid pesantren ini juga cukup besar dan megah dengan ukuran 30×30 meter. Sehingga fasilitas ini dapat menjamin para santri nyaman dalam belajar.

Pesantren ini dilengkapi dengan ruang kelas yang representatif digunakan untuk menimba ilmu. Selain ruang kelas, juga tersedia Lab. Komputer dan multimedia yang modern. Sehingga dapat membantu para santri untuk mempelajari teknologi secara lebih mendalam dan dapat  menjadi bekal mengikuti perkembangan zaman.  

Di pesantren ini juga tersedia lapangan olahraga, aula tempat pertemuan, serta kobong untuk santri putra / putri. Tersedia juga lahan perkebunan dan perikanan, perpustakaan serta posko kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh santri.

Nah cuaca di pesantren ini estimasinya rata-rata antara 23 derajat hingga 27 derajat. Bisa dikatakan masih cukup sejuk. Ini mirip cuacanya dengan Asy Syifa Boarding School yang ada di Subang.  

Keunggulan Pesantren

Pendiri pesantren Al-Jauhari adalah da’i terkenal di seantero Garut, sehingga pesantren ini rutin menyelenggarakan majlis Ta’lim dan Dzikir yang diikuti oleh banyak peserta.  Selain itu, pesantren ini juga membuka program belajar tabligh khusus yang hanya merekrut 50 orang setiap Angkatan.

Bagi santri yang ingin mengikuti program tersebut  ada serangkaian tes dan syarat yang harus dilalui.  Selain itu juga berkewajiban untuk mengeluarkan biaya program sekitar Rp. 5.000.000,-

Dengan kata lain bagi yang ingin nyantri di pesantren ini juga memiliki bekal sebagai muballigh, pendai yang mumpuni. Latihan pidato menjadi aspek yang tidak bisa dilepaskan disamping pendalaman ilmu keislaman berbasis kitab. 

Biaya Pendaftaran Ponpes Al Jauhari

Untuk menimba ilmu di Pesantren ini, kami mendapatkan brosur di tahun ajaran 2019-2020, total biaya pendidikan yang harus dikeluarkan sekitar 5.4 jutaan,-. Tahun 2020-2021 kemungkinan jika naik tidak terlalu banyak.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan infaq pesantren, perlengkapan belajar santri dan iuran syahriyah selama enam bulan sebesar Rp. 1.800.000,- . 

Tetapi kalau hanya pendidikan mukim di pesantren saja, biayanya sekitar 4.8 juta untuk 6 bulan. Cukup murah. Sumber di sini.

Sedangkan jenjang Aliyah di tahun 2020-2021, jika dari SMP Al Jauhari, maka hanya dikenakan biaya 1.5 jutaan. Namun jika benar-benar baru sekitar 5 jutaan. Sumber di sini.

Calon santri yang ingin mendaftar di Pesantren Al-Jauhari harus mengikuti tes seleksi yang meliputi:

  • a.  Tes baca tulis Al-Qur’an
  • b.  Tes pelajaran umum

Jika santri yang mengikuti tes pada gelombang pertama tidak lulus, maka boleh mengulang tes di gelombang kedua. Setelah dinyatakan lulus, maka santri harus mengikuti masa ta’aruf peserta didik / santri baru.

Alamat Pesantren Modern Garut Al Jauhari

Alamat lengkap pesantren ini berada di Kp Sangojar RT 01/ RW 01 Ds Sindanggalih Kec. Karangtengah Kab. Garut 44184 Jawa Barat. Kalau bingung Anda tinggal tanya saja. Cukup terkenal kok di Garut.

Profil lebih lengkap bisa kunjungi di sini.

4 comments

    1. Bisa hubungi nomor ini untuk bertanya tentang informasi pendaftaran sudah penuh atau belum, 0819-0323-6491

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *