7 Pesantren Terbaik di Garut

Posted by

Pesantren terbaik di Garut terdiri dari beberapa pesantren salaf, tahfidz Quran, modern, dan lain sebagainya. Di Garut pesantren memang menjadi sebuah jamur yang tumbuh subur. Budaya Islam cukup kental di deretan bumi Pasundan seperti Garut, dan Tasikmalaya.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini PanduanTerbaik.id akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Garut. Di mana rata-rata pesantren ini berada di wilayah yang Indah, seperti Malang tapi lebih senyap, sehingga cocok sebagai tempat belajar agama Islam.

Pesantren Persatuan Islam

Pesantren terbaik di Garut yang pertama adalah pesantren persis Tarogong. Pesantren Persatuan Islam sebenarnya banyak di Indonesia. Berbasis ormas, pesantren-pesantren Persis tumbuh pesat. Namun entah kenapa, salah satu yang cukup pesat pertumbuhannya adalah pesantren persis Tarogong Garut.

Persis dikenal dengan pesantren yang mengedepankan tiga hal, pertama adalah aspek ketauhidan yang kuat. Sehingga keislaman yang dimiliki cukup mengakar. Kedua adalah aspek Pendidikan Al Quran. Persis dikenal memiliki kurikulum Pendidikan Al Quran di pesantren, baik tahfidz ataupun yang lain. Ketiga adalah aspek Bahasa Arab. Pendidikan Bahasa Arab ditekankan di pesantren tersebut.

Baca: Tempat Wisata Terbaik di Garut

Nah yang juga unik, tidak seperti pesantren pada umumnya yang membuka kuota santri lebar-lebar, pesantren persisi memiliki kuota, tidak bisa lebih. Hanya berjumlah ratusan. Jadi bukan berarti santrinya sedikit, memang yang diterima hanya sejumlah itu. Sehingga fokus pendidikannya bagus.

Darussalam Garut Kersamanah

Dari namanya pesantren ini memiliki kiblat pondok modern Gontor Jawa Timur. Pesantren ini memang didirikan oleh alumni Gontor yang model kepemimpinannya juga persis Gontor, terdiri dari tiga orang.

Kurikulumnya tidak sama dengan umum, masih berkiblat dengan Gontor yang menggunakan kurikulum khusus dengan memadukan Pendidikan umum dan pesantren dalam satu sistem. Bukan mengikuti kemenag atau diknas, biasanya disebut dengan mu’adalah.

Pesantren dengan model Gontor memiliki kelebihan dalam kerapihan manajemen, kedisiplinan yang cukup baik, plus kemandirian yang terdidik. Tentu tidak seratus persen sama dengan Gontor, karena biasanya sudah disesuaikan dengan unsur kedaerahan masing-masing.

Perkembangan pesantren ini sangat pesat, bahkan perkembangannya melebihi pesantren-pesantren yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu kami masukkan dalam salah satu pesantren terbaik di Garut.  website resmi di sini!

pesantren terbaik di Garut

Daarul Arqom Muhammadiyah Garut

Jika berbicara Pendidikan, maka Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi masyarakat yang konsentrasi untuk mendirikan lembaga Pendidikan. Biasanya adalah sekolah terpadu. Namun di Garut, justru Muhammadiyah mendirikan pesantren.

Namanya pesantren Daarul Arqom. Seperti Pendidikan Muhammadiyah pada umumnya, Daarul Arqom fokus pada aspek Pendidikan agama yang dikombinasikan dengan Pendidikan umum. Sehingga sifatnya dalam sudut pandang kami mirip seperti boarding school yang dipadukan dengan asrama pesantren.

Hal ini juga terlihat dari pembiayaannya yang mencapai 12 juta lebih, bahkan mungkin sudah bertambah setelah tulisan ini dibuat. Namun Daarul Arqom Muhammadiyah tetap menjadi salah satu pesantren terbaik di Garut dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Daarul Muwahhidin Garut

Entah kenapa pesantren ini lebih banyak menghiasi berita terkait politik. Contoh terkait kedatangan KH Ma’ruf Amin selaku cawapres nama pesantren ini mencuat. Kemudian pemilihan bupati nama ponpes ini juga menghiasi halaman media.

Namun demikian di balik itu semua pesantren Daarul Muwahhidin memang pesantren yang dipandang di Garut. Posisinya cukup penting. Hal inilah yang mungkin membuat pesantren tersebut selalu dikunjungi oleh para pejabat dan lain sebagainya.

Identitas pesantren ini lebih kental dengan pesantren salaf, yaitu pesantren yang mengedepankan kajian kita kuning. Sehingga fokusnya adalah pendalaman ilmu-ilmu Islam, oleh sebab itu pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Garut.

Pesantren Al Huda Tarogong

Ini merupakan salah satu pesantren tertua di Garut. Pesantren ini berdiri pada tahun 1935, bisa dikatakan pesantren ini sebagai salah satu tonggak sejarah keislaman di Garut. Pesantren yang bertempat di Tarogong ini pada akhirnya berkembang dengan cukup baik.

Pesantren Al Huda Tarogong memiliki metode khas pesantren sebelum kemerdekaan, yaitu kajian terhadap kitab kuning, pendalaman ilmu-ilmu keislaman. Namun demikian seiring berjalannya waktu, pesantren ini melengkapi dengan Pendidikan formal, yaitu SMP dan SMK. Jika Anda ke Garut, pesantren ini adalah salah satu alternatif pesantren terbaik di Garut.

Pesantren Kudang Limbangan

Pesantren yang satu ini merupakan pesantren spesifik, khusus identitasnya, yaitu pesantren Al Quran. Dalam sudut pandang modern, pesantren yang fokus pada kompetensi tertentu akan menghasilkan Pendidikan yang bagus. Begitu pula di Kudang Limbangan. Ini adalah pesantren Al Quran.

Pesantren Kudang Limbangan dikenal sebagai pesantren yang fokus pada Pendidikan Al Quran, bahkan sampai tujuh cara membacanya, atau Qira’atus Sab’ah. Pesantren demikian tidaklah banyak di Jawa Barat. Oleh sebab itu jika Anda ingin mendalami Al Quran, pesantren Kudang Limbangan merupakan salah satu pesantren terbaik di Garut

Mohon Usulkan Pesantren Terbaik di Garut

Demikianlah tujuh pesantren terbaik di Garut, semoga bisa menjadi pertimbangan Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya, terutama untuk masuk pesantren.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *