9 Pesantren Terbaik di Kaltim | Biaya Rasional

Posted by

Pesantren Terbaik di Kaltim | Kalimantan Timur dikenal sebagai wilayah yang kaya raya. Bahkan memiliki banyak kelebihan. Lengkapnya di sini. Wilayah ini juga menjadi calon ibu kota baru, terutama di wilayah Penajam Paser.

Namun siapa sangka jika ternyata banyak pesantren terbaik di Kaltim. Oleh sebab itu kami ingin mengulas seperti pesantren tahfidz Quran, pesantren modern, pesantren salafiyah, hingga pesantren unggulan.

Dasar kami adalah review, rating google, dan unsur subjektif lainnya. Semoga bermanfaat. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Al Muttaqien Balikpapan

Berawal pada tahun 1985, pesantren ini sudah berdiri hingga sekarang dengan alamat Jl. Letjen S. Parman No.47, Sumber Rejo, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan. Santrinya mencapai 700 lebih untuk putra dan putri. 

Pesantren Al Muttaqien Balikpapan memiliki identitas khalafiyah, salafiyah, yaitu pendidikan yang menekankan pada aspek kajian kitab-kitab kuning melalui diniyah Ula, Wustho, dan Ulya. Pendalaman ilmu bahasa arab agar bisa ngaji kitab kuning juga ditekankan. Ada pula khusus tahfidz Quran. Banyak pilihannya.

Untuk jenjang formalnya ada MTS Akreditasi A dan SMK. Keduanya mengikuti kurikulum pemerintah, jadi yang nyantri tidak perlu khawatir tentang pendidikan formal berijazah. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Kalimantan Timur.

Untuk fasilitas menurut kami cukup standard. Satu kamar berisi lima belas santri. Rata-rata santrinya berasal dari Balikpapan, mungkin sekitar 70% lebih. Untuk biaya masuk sekitar lima juta rupiah, terjangkau. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Modern As Syifa Balikpapan

Satu lagi pesantren terbaik di Kaltim yaitu Pesantren Modern As Syifa Balikpapan. Pesantren ini memiliki alamat Jl. Giri rejo km. 15 Rt.29 No. 100 Kel. Karang joang Kec. Balikpapan Utara Kota Balikpapan. 

Yang menarik dari pesantren ini adalah kurikulumnya yang menggabungkan antara diknas, depag, dan kurikulum Gontor. Namun ada juga program yang khusus seperti Gontor dengan kurikulum KMI. Sehingga bisa dipilih MTs, MA atau KMI Gontor.

Dari moto pesantren, panca jiwa pesantren juga mirip dengan Gontor. Bisa dikatakan memang pesantren alumni Gontor. Kelebihannya berada pada pengembangan karakter, terutama kemandirian dan kreativitas. Ekstra kulikulernya cukup banyak. 

Dengan jumlah santri sekitar 700-an, pesantren ini tergolong pesantren besar. Santrinya putra dan putri. Biaya masuknya sekitar 3.8 juta, dengan SPP bulanannya sekitar 1 juta sudah termasuk makan. Informasi lengkap di https://asy-syifa.com/

Nabil Husein Samarinda

Pilihan pesantren terbaik di Kaltim selanjutnya adalah Nabil Husein yang beralamat di Jl. Rapak Indah, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Pesantren ini memang besar, dengan luas sekitar 10 hektar.

Salah satu cita-citanya bisa menjadi seperti Gontor di Pulau Jawa. Memang santrinya saat ini sudah ribuan. Jenjangnya variatif, dari MTs, MA, hingga SMK dengan akreditasi A. Gaya kesehariannya berkiblat pada sistem modern.

Namun demikian yang unik adalah tradisi salafiyahnya tetap berjalan dengan baik. Ngaji kitab kuning dan lain sebagainya tetap konsisten. Diniyah ula wustho dan ulya. Hal inilah yang membuat pesantren ini berkembang dengan baik. 

Untuk fasilitas menurut kami standard pondok pesantren, tidak kurang. Tidur bersama dalam satu kamar dan lain sebagainya. Biaya masuknya sekitar 3.9 juta, untuk SPP sekitar 600 tapi belum termasuk biaya pendidikan, ketika kami melihat belum tercantum. Informasi lengkap bisa kunjungi https://ppnhsmd.ponpes.id/

Pesantren Modern Ibadurrahman Kutai

Kali ini pesantren terbaik di Kaltim berasal dari Kutai Kertanegara. Daerah yang dikenal kaya ini ternyata menyimpan satu pesantren modern ternama, Ibadurrahman dengan alamat di Bangun Rejo, Kec. Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pesantren ini memiliki jenjang MTs, MA, juga khusus KMI seperti Gontor Ponorogo. Santrinya ribuan. Dari kegiatan sehari-hari, cara berpakaian lebih berkiblat pada pesantren modern. Terutama melatih komunikasi sehari-hari dengan bahasa arab dan inggris. 

Pendidikan karakter menjadi salah satu aspek yang utama di pesantren ini. Seperti ekstra kulikuler yang melimpah, bahkan ada videography. Tentu menjadi ekstra yang cukup millenial. Tempatnya juga cukup representatif, tidak mewah tidak juga kekurangan. Bisa dilihat dari banyak videonya.

Untuk biayanya menurut kami rasional. Di tahun 2012 pendaftaran sekitar 1.4 jutaan. Di 2020 kemungkinan di angka 3.5 jutaan. Informasi lengkap bisa kunjungi website resmi di sini.

Hidayatullah Gunung Tembak

Kalimantan Timur tidak akan bisa dilepaskan dari pengaruh besar pesantren Hidayatullah Gunung Tembak Balikpapan. Berdiri luas di atas tanah puluhan hektar, memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Pesantren besar Hidayatullah lainnya ada di Bontang Kaltim.

Ponpes Hidayatullah memiliki karakter kuat dalam penanaman aqidah kepada santrinya. Bentuknya adalah pembiasaan ibadah sunnah dan wajib dalam keseharian. Bahkan hingga cara berpakaian. Sehingga tauhid dari santri berjalan dengan begitu baik. 

Untuk jenjang pendidikannya juga cukup lengkap, dari untuk madrasah ibtidaiyah hingga perguruan tinggi. Pesantren ini memilikinya. Unit usaha juga begitu banyak. Maka seringkali menjadi kiblat dalam pembinaan pesantren di Kaltim terutama di Balikpapan. 

Tempatnya indah, berdampingan dengan danau, dengan identitas masjid yang cukup besar sebagai pusat pembinaan santri. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kaltim. Lengkapnya di sini. 

Pesantren Terbaik di Kaltim Trubus Iman Paser

Alamat pesantren ini di Jl. Salak Pondoh, Padang Pengrapat, Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Tanahnya seluas 30 hektar. Cukup besar sekali, namanya Trubus Iman. Tempat untuk menanamkan dan menumbuhkan keimanan. 

Menurut kami tempatnya didesain dengan cukup apik, banyak pepohonan yang masih tumbuh di antara bangunan, terasa lebih hijau, banyak pula gazebo, gedungnya juga cukup baik. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kaltim. 

Kurikulum di pesantren ini gabungan antara tiga kiblat, pertama adalah kurikulum diknas, kurikulum kemenag, plus kurikulum tahfidz Quran. Sehingga terasa lengkap. Adapun model keseharian berkiblat pada pesantren modern, bahkan hingga cara berpakaian.

Jenjang pendidikannya juga cukup lengkap, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dengan jurusan ilmu bisnis dan lainnya. Biaya masuk pesantren putra putri ini sekitar 7.5 juta, dengan biaya bulanan sekitar 750 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resmi di sini. 

Islamic Boarding School Mujahidin Balikpapan Kaltim

Pesantren yang satu ini menurut kami lebih cenderung bersifat islamic boarding school dibanding sebagai ponpes. Namanya Mujahidin dengan alamat Jl. Soekarno Hatta KM 10 Balikpapan. 

Hal ini bisa dilihat fasilitasnya yang cukup memadai, seperti ruang kelas yang full ac, kemudian disediakan laundry, dan beberapa kemudahan lainnya. Tempatnya bisa dikatakan memang cukup baik. 

Penekanannya lebih kepada pendidikan umum dengan nuansa pesantren. Oleh sebab itu prestasinya lumayan. Seperti juara OSN IPS tingkat SMP se-Balikpapan 2019. Rata-rata tingkat kabupaten. 

Sedangkan untuk pendidikan keislaman seperti tahfidz Quran ada di aspek ekstra kulikuler. Biaya masuk ponpes Mujahidin pada tahun 2010 sekitar 3.5 juta. Mungkin 2020 di angka 8 jutaan. Bisa kurang bisa lebih. Info lengkap di https://mujahidinbalikpapan.com/

Ponpes Salafiyah Sabilarrasyad

Satu lagi pesantren terbaik di Kalimantan Timur, kali ini kami memilih pesantren di Samarinda yaitu Ponpes Sabilarrasyad. Identitas pesantren ini lebih kepada salafiyah. Alamatnya di Lok Bahu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda. 

Sisi terbaik dari pesantren ini adalah pembelajaran keislamannya. Terutama dalam kajian-kajian kitab kuning. Ada fiqh, tauhid, nahwu, sharf, muthalaah, tamrin, insya’, lebih banyak dalam aspek bahasa arab. 

Bahkan pesantren ini sering menjuarai lomba baca kitab tingkat Samarinda, bahkan tingkat provinsi Kalimantan Timur, seperti di tahun 2008, bidang studi Fiqh Ulya dan lain sebagainya. Jika ingin mendalami keislaman, pesantren ini bisa jadi rujukan.

Untuk tempat, menurut kami sangat sederhana, tidak ada yang istimewa, asrama juga biasa. Santri diajarkan untuk benar-benar hidup dalam kesederhanaan. Kegiatan ibadah untuk pembinaan akhlaq di pesantren ini juga cukup banyak.

pesantren terbaik di kaltim

Daftar Pesantren Terbaik di Kaltim | Kalimantan Timur

Inilah beberapa pesantren terbaik di Kaltim. Tentu masih banyak pesantren terbaik yang belum masuk. Silakan diusulkan di kolom komentar agar kami bisa mengulasnya dan bermanfaat bagi pencari informasi lembaga pendidikan.

Jika ada kekeliruan, atau tambahan informasi cantumkan di kolom komentar. Kami akan membantu review lembaga pendidikan. Cukup dikirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com.

One comment

  1. Alhamdulillah saya sudah dapat gambaran tentang ponpes yg baik di kaltim tetapi apa daya saya sebagai orang tua calon santri sebagai petani dengan biaya daftar jutaan dan bulanan anak saya ke pesantren sementara biaya2 lain untuk mencukupinya saja kami susah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *