5 Pesantren Terbaik di Lampung Utara | Fokus Kitab Kuning

Posted by

Pesantren terbaik di Lampung Utara yang kami sajikan merupakan hasil dari beberapa seleksi di internal, terutama memperhatikan review dari konsumen, rating yang ada di Google, ketersediaan informasi untuk disajikan, sehingga menghasilkan ponpes terbaik versi PanduanTerbaik.id.

Beberapa di antaranya adalah pesantren tahfidz Quran, pesantren tradisional, pesantren salafiyah, dengan sebagian di antaranya sudah dilengkapi dengan biaya masuk dan informasi pendaftaran. Nomor bukanlah ranking. Ini adalah daftar pesantren terbaik di Lampung Utara.

Pesantren Walisongo Abung Selatan

Menurut kami ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Lampung Utara dan mungkin terbesar. Berdiri pada tahun 1993, pesantren Walisongo memiliki alamat di jl. Ridho No.03 Desa Bandar Kagungan Raya Kec. Abung Selatan – Simpang Propau.

pesantren terbaik di Lampung Utara

Pesantren ini memiliki jejang pendidikan yang cukup lengkap. Pertama dari jenjang sekolah dasar, kedua dari Tsanawiyah dan Aliyah dengan model seperti sekolah Islam terpadu. Plus masih ada jenjang perguruan tinggi dan akademi kebidanan.

Oleh sebab itu santri di pesantren ini cukup banyak sekali. Sedangkan dari aspek pendidikan, identitas yang kuat dari pesantren ini ada dua. Pertama adalah tahfidz Quran. Di pesantren ini tahfidz Quran menjadi kegiatan rutin.

Kedua adalah aspek madrasah diniyyah. Memang di wilayah Lampung, rata-rata yang kuat adalah madrasah diniyyahnya, yaitu lembaga khusus di luar pendidikan formal yang mempelajari tentang keilmuan Islam, terutama dari kajian kitab-kitab kuning. 

Gedung-gedungnya cukup luas dan representatif. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi biaya masuk. Namun informasi lebih lengkap bisa kunjungi instagram lembaga di sini.

Pesantren Al Mubarok Bukit Kemuning

Pesantren terbaik di Lampung Utara selanjutnya adalah Al Mubarok. Pesantren ini terletak di Bukit Kemuning. Bisa dikatakan ini merupakan pesantren khas NU. Memiliki pengaruh yang cukup besar, bahkan menjadi tempat diselenggarakannya harlah NU ke-94.

Yang menjadi kelebihan dari pesantren ini adalah pembelajaran kitab kuning, fokus pada penguasaan ilmu alat seperti Nahwu dan Sharf. Penguasaan dua ilmu tersebut menjadi kemampuan yang wajib di pesantren ini.

Pesantrennya sebenarnya sederhana, cara berpakaian santrinya pun cukup memakai peci, sarung, kemudian koko, seperti layaknya pesantren model Langitan di Tuban pulau Jawa. Tapi santrinya cukup banyak. Patut menjadi rujukan pesantren di Lampung Utara.

Pesantren Sunan Kalijaga 

Yang satu ini bisa dikatakan sebagai pesantren murah dan berkualitas di Lampung Utara. Alamatnya di Sidamulya Muaradua Abungtinggi. Pesantren ini memiliki biaya masuk hanya puluhan ribu saja untuk jenjang MTs dan MA. 

Mungkin sekarang biayanya sudah naik, karena yang kami lihat infonya di tahun 2017-2018. Namun demikian tetap tergolong murah jika dibandingkan biaya pesantren di Lampung Timur, atau Lampung Tengah

Menurut kami kelebihan dari pesantren ini adalah adanya takhassus dalam pembelajaran kitab kuning. Artinya tidak mengambil sekolah formal, jadi khusus hanya memperdalam kitab kuning. Seperti pesantren Tremas di Pacitan. 

Di pesantren ini pun dilaksanakan majelis shalawat, manaqib, istighosah, seperti layaknya pesantren-pesantren salafiyah. Ekstrakurikulernya juga banyak pilihan, dari barjanji, silat, kaligrafi, dan lain sebagainya. 

Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, atau hubungi nomor telpon berikut Gus Ilyas 0822 2743 2224 & Ning Lulu’ 0858 4147 7990

Pesantren Istiqlal Kubuhitu

Daftar pesantren di Lampung Utara selanjutnya adalah pesantren Istiqlal. Alamatnya di Kubuhitu, Sungkai Barat, Kabupaten Lampung Utara. Pesantren ini menurut kami cukup bagus, meskipun santrinya belum terlalu banyak.

Rujukan dari pesantren ini adalah Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur. Karena di website tercantum resmi rujukan ke pesantren tersebut, plus pengasuh dari pesantren juga menjenguk anaknya yang nyantri di Sidogiri. 

Karakter dari pesantren ini adalah pendidikan salafiyah yang memiliki fokus pada kajian kitab kuning. Bahkan di pesantren ini pula ada lomba mengaji kitab. Artinya santri-santri akan termotivasi untuk memahami kitab kuning.

Jenjang pendidikan yang tersedia adalah Madrasah Tsanawiyah, Aliyah, juga tersedia SMK Teknik Komputer Jaringan, dan SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor. Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Daftar Pesantren di Lampung Utara

Tentu masih banyak pesantren terbaik di Lampung Utara lainnya. Namun sayangnya sangat informasinya sangat minim. Terutama berkaitan dengan pesantren modern. Jika ada kekeliruan mohon dicantumkan di kolom komentar.

Atau kiranya ada lembaga pendidikan yang ingin dipublikasikan profilnya, cukup mengirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan bantu agar bisa mudah dicari di internet. Kami menyisakan satu pesantren yang belum diulas. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *