9 Pesantren Terbaik di Lombok | Biaya Masuk Terjangkau

Posted by

Pesantren Terbaik di Lombok | Dikenal sebagai kawasan yang memiliki keindahan, Lombok menjadi salah satu bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat yang sering dikunjungi wisatawan. Oleh sebab itu wilayah ini juga memiliki banyak lembaga pendidikan berasrama. 

Di antaranya adalah pesantren, di wilayah ini banyak pesantren terbaik di Lombok. Sehingga kami akan mengulasnya berdasarkan review, rating di Google, juga pertimbangan subjektif dari kami. Semoga bermanfaat bagi siapa saja pencari informasi tentang pondok pesantren di Lombok. Nomor bukanlah ranking.

Nurul Haramain Lombok Barat

Alamatnya di Jl. Tegal Banyu Kebon, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Pesantren ini secara nasional dikenal luas karena perhatian tingginya terhadap lingkungan. 

Pimpinan pesantren Nurul Haramain yaitu Tuan Guru Haji (TGH) Hasanain Juaini bahkan mendapatkan penghargaan nasional, bahkan dunia yaitu Ramon Magsaysay Award, Nobel Versi Asia 2011 atau kiprahnya di bidang pembangunan pesantren. 

pesantren terbaik di Lombok

Hingga saat ini, pesantren sudah memiliki santri mencapai puluhan ribu. Tentu jumlah yang sangat besar untuk ukurang pesantren. Oleh sebab itu masuk ke salah satu pesantren terbaik di Nusa Tenggara Barat. Apalagi di wilayah Lombok. 

Pesantren ini banyak terinspirasi dari Gontor Ponorogo, karena pemimpin pesantren pernah nyantri di pesantren terbaik di Ponorogo tersebut. Tokoh-tokoh pun silih berganti datang ke pesantren ini, dari Moeldoko, dan lain sebagainya. 

Hebatnya lagi dari pesantren ini adalah biaya masuknya yang terjangkau dengan kualitas bagus pesantren. Biaya masuk pesantren Nurul Haramain sekitar 4.3 juta, adapun biaya bulanannya sebesar 550 ribu setiap bulan. Informasi lengkap bisa kunjungi website resmi di sini.

Pesantren As Sunnah Lombok Timur

Kali ini adalah pesantren tahfidz Quran, dengan alamat Bagik Nyaka Santri, Kalijaga Tim., Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Namanya pesantren sunnah, jenjangnya cukup lengkap. Identitas dari pesantren ini sesuai namanya yaitu amalan sunnah.

Maksudnya adalah yang ditekankan di pesantren ini ada dua. Pertama terkait hafalan Al Quran. Dalam satu jenjang pendidikan memiliki target lima belas juz. Itu kalau khusus tahfidz Quran. Jika tidak, targetnya tiga juz. 

Kedua, pendidikan formal di pesantren ini juga cukup baik. Karena dominasi hanya dua, tahfidz dan pendidikan formal. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Lombok. 

Yang terakhir adalah pembiasaan sunnah. Inilah menurut kami mengapa pesantren ini disebut dengan pesantren sunnah. Ada pembiasaan dari cara berpakaian, ke masjid, akhlaq dan lain sebagainya.

Untuk biaya masuk pesantren ini sekitar 8.7 juta. Sedangkan untuk SPP sekitar 700 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Modern Nurul Bayan Lombok Utara

Yang ini merupakan pesantren alumni Gontor, yaitu pesantren yang didirikan oleh alumni Gontor dan dalam beberapa hal terinspirasi dan mengaplikasikannya di pesantren. Namanya Nurul Bayan dengan alamat, Telaga Bagek, Anyar, Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Pesantren ini secara kurikulum juga mirip dengan Gontor, yaitu sudah menggabungkan antara pendidikan formal dengan pendidikan agama dalam satu momentum di kelas. Tidak memisahkan antara formal dengan diniyah di sore hari.

Kelebihan dari pesantren model demikian adalah efektivitas waktu untuk penumbuhan pendidikan karakter di luar kelas. Sehingga santri bisa mengikuti pendidikan leadership, pendidikan bahasa, dan pendidikan keorganisasian dengan optimal. 

Salah satu pesantren terbaik di Lombok Utara ini juga memiliki kelebihan tempatnya berada tidak jauh dari pantai, sehingga menciptakan kesan keindahan tersendiri. Sehingga memunculkan rasa nyaman bagi para santri. 

Pesantren Nahdhatul Wathan Anjani Lombok Timur

Ini merupakan pesantren yang paling terpandang di Lombok, terutama karena memang bernama sebuah organisasi Nahdhatul Wathan, sebagai salah satu organisasi keagamaan terbesar di Nusa Tenggara Barat. 

Alamatnya di Anjani Kecamatan Suralaga Lombok Timur. Pesantren ini menjadi salah satu kunjungan Pak Jokowi di masa kampanye. Yang artinya pesantren ini merupakan salah satu titik penting dari pergerakan Islam di wilayah Lombok. 

Santrinya ribuan, kalau berkumpul seperti lautan manusia, lingkungan pesantren juga cukup luas. Nuansanya khas seperti pesantren-pesantren salafiyah (bukan salafi) di Jawa Timur seperti Sidogiri Pasuruan, Langitan Tuban, dan lain sebagainya. Kajian kitab kuning menjadi salah satu inti pendidikan di pesantren ini.

Oleh sebab itu tidak ada yang meragukan bahwa pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Lombok. Untuk biaya masuk dan pendaftaran bisa mengunjungi langsung di kantor pendaftaran resminya. 

Darunnahdhatain Pancor Lombok Timur

Satu lagi pesantren dari Nahdhatul Wathan yaitu Darunnahdhatain yang berada di bawah naungan Yayasan Hamzanwadi. Antara yang satu ini dengan Anjani memang awalnya satu organisasi, namun terjadi pemisahan karena beberapa hal. 

Adapun pesantren ini adalah tergolong terbesar di Lombok dengan total santri mencapai 12.000. Tentu jumlah yang sangat besar. Jika Anda mengenal Tuan Guru Bajang, maka inilah pesantren beliau. Sosok ini dikenal dalam kancah perpolitikan nasional.

Pesantren ini cukup berpengaruh, dalam beberapa silaturahim tokoh nasional selalu menjadi tuan rumah. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Lombok. Gedungnya pun cukup megah. 

Yang istimewa adalah sistem pendidikannya. Di waktu non formal, pesantren ini masih menggunakan pola lesehan. Pendalaman kitab-kitab kuning klasik menjadi salah satu inti dari pesantren ini. 

Tapi menurut kami yang istimewa juga pendidikan formalnya. Beberapa kali juara di tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat. Seperti lomba olimpiade Fisika tahun 2016, meraih juara pertama. Juga pesantren ini mendapatkan penghargaan nasional dari BI terkait pesantren unggulan di tahun 2019. 

Ponpes Nurul Hakim Lombok Barat

Satu lagi pesantren terbaik di Lombok adalah Nurul Hakim yang berada di Lombok Barat dengan alamat, Jalan Taruna No. 05 Kediri. Pesantren ini sejarahnya cukup panjang, awal rintisan kegiatannya sudah dimulai sejak 1939.

Kini pesantren ini tumbuh menjadi salah satu yang besar dengan kurikulum pendidikan mengikuti kemenag, ada MTs, ada MA, dengan akreditasi A. Ada SMK dengan akreditasi B. Namun yang menarik adanya program KMMI. Menurut kami dari sisi pendidikan pesantren ini yang bagus. 

Alasan kami adalah kemampuan santri di program KMMI, seperti KMI Gontor. Lengkap untuk bekal secara formal dan keagamaan. Targetnya jelas, mampu membaca kitab kuning. Mampu berbahasa arab lisan dan tulisan. Juga bahasa inggris. Tahfidz Quran 6 juz. Hafal hadist-hadist pilihan. Mampu menjadi imam shalat di masjid. 

Sedangkan untuk biaya masuk cukup terjangkau. Inilah kelebihan dari pesantren Nurul Hakim, yaitu sekitar 2 juta. Sedangkan untuk SPP bulanannya sekitar 250 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://nurulhakim.or.id

Pesantren Tahfidz Quran Al Madani Lombok Timur

Jika sebelumnya kebanyakan fokus tentang pendidikan diniyyah, keagamaan di pesantren. Satu ini adalah pesantren yang fokus pada aspek tahfidz Quran, namanya Al madani dengan alamat lengkap Jl. Jalan Cendikia No. 1, Lengkok, Mamben Lauk, Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur.

Sebenarnya pesantren ini baru, sekitar tahun 2006, pesantrennya juga tidak terlalu besar, namun demikian programnya menarik. Terutama dalam aspek tahfidz Quran. Sedangkan untuk formal lebih cenderung model Sekolah Islam Terpadu. 

Salah satu program unggulan adalah tahfidz Quran 30 juz, juga hafal hadist disertai dengan pembelajaran bahasa asing. Adapun untuk pendidikan formalnya lebih mengaju ke dinas pendidikan. 

Biaya masuknya standard, di angka 3.6 jutaan. Sedangkan untuk biaya SPP bulanannya sebesar 600 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://almadani.id.

Ponpes Al Aziziyah Kapek

Nama pesantren ini merujuk kepada sang pendiri yaitu Tuan Guru Umar Abdul Azizi. Alamatnya di Jln. TGH. Umar Abd. Azizi Kapek, Gunungsari, Lombok Barat. Pesantren ini memiliki santri kurang lebih 3000-an. Ini jumlah yang cukup besar.

Pesantren Al Aziziyah memiliki pendidikan formal untuk santri putra putri yaitu Tsanawiyah dan Aliyah dengan akreditasi masing-masing adalah A. Namun ada yang menarik di program pesantren ini yaitu Madrasah Quran dan Hadist. Yaitu pendidikan yang fokus pada aspek Quran dan hadist. 

Memang secara sejarah, pesantren ini dulunya lebih kental dengan pendidikan tahfidz Quran. Namun seiring berjalannya waktu memberikan banyak pilihan program pendidikan kepada santrinya. Mirip dengan Tebu Ireng di Jawa Timur. 

Bahkan meskipun Anda masuk pendidikan reguler, akan tetap memiliki jadwal harian dengan banyak unsur tahfidz Quran, terutama pagi dan siang. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Lombok. 

Info lengkap bisa kunjungi websitenya di sini.

Daftar Pesantren Bagus di Lombok 

Inilah beberapa pesantren terbaik di Lombok yang bisa dijadikan rujukan lembaga pendidikan. Kami meyakini masih banyak pesantren bagus di Lombok lainnya. Namun karena keterbatasan informasi kami belum berhasil menghimpunnya. 

PanduanTerbaik.id

Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami akan membantu publikasi agar pesantren Anda diketahui masyarakat melalui internet. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *