pesantren terbaik di salatiga

5 Pesantren Terbaik di Jayapura | Modern dan Berprestasi

Posted by

Pesantren terbaik di Jayapura | Jayapura merupakan salah satu kota yang paling banyak dikenal dari Papua. Diantara sebabnya adalah keindahan alam yang dimilikinya. Bahkan Jayapura memiliki lebih dari 15 spot indah untuk dikunjungi. Paling terkenal adalah danau Sentani.

Ternyata selain menyimpan keindahan alam, Jayapura juga memiliki pesantren terbaik. Tentu hal ini menjadi sinyal positif bagi pencari lembaga pendidikan Islam di Jayapura. Ada pesantren salafiyah, pesantren modern, dan pesantren tahfidz Quran.

Pesantren Modern DDI

Salah satu pesantren terbaik di Jayapura adalah pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad. Berdiri pada tahun 1991, pesantren ini tergolong yang tertua di Jayapura. Sudah hampir tiga puluh tahun, tentu bukanlah usia yang muda.

Gedung-gedungnya cukup representatif, bertingkat. Sudah sangat layak sebagai lembaga pesantren terbaik di Jayapura. Pendidikan formalnya tersedia MTS dan Aliyah, setara SMP dan SMA. Prestasinya cukup banyak, di antaranya kompetisi sains nasional pada tahun 2014. Artinya pendidikan formalnya cukup bagus di wilayah Jayapura.

Pesantren yang bisa untuk putra putri ini memiliki pendidikan pesantren di waktu selepas sekolah. Di antaranya adalah kajian kitab-kitab, pembinaan bahasa arab, dan tahfidz Quran. Untuk tahfidz ada dua pilihan, bisa mengikuti penuh atau hanya sebagian. Kalau penuh berarti fokus menghafal saja. Kegiatan keagamaan lain dibebaskan, hanya setor hafalan.

Pesantren yang beralamat di Jalan Masuk SMU 4 Entrop, Jayapura ini bisa dihubungi melalui  0812-4898-8444.

Pesantren Gratis Jayapura Al Payege Angkasa

Nama Al Payege merupakan nama pendiri yang masih sangat muda, yaitu KH Saiful Islam Al Payage. Sosok kelahiran 1979 ini terpanggil untuk mendirikan pesantren di Jayapura setelah mengenyam pendidikan di Situbondo. Cita-cita mulianya adalah ada pesantren yang asli didirikan oleh masyarakat Papua sendiri.

Berdiri pada tahun 2015, pesantren ini memiliki lahan yang lumayan luas. Sekitar 1 hektar lebih. Santrinya masih sedikit, di bawah seratus. Tapi yang istimewa, semua santrinya adalah asli dari tanah kelahiran Papua.

Hebatnya lagi adalah semua yang mondok di pesantren ini gratis. Tidak dipungut biaya. Dari jenjang SD hingga Perguruan Tinggi. Maka pendidikan di pesantren ini cukup baik, terutama adalah pendidikan Al Quran. Apalagi suara masyarakat Papua dikenal bagus-bagus.

Pesantren Hidayatullah

Pesantren ini berpusat di Gunungtembak Balikpapan (baca: di sini), kemudian memiliki banyak cabang di Indonesia, di antaranya di Jayapura. Beralamat di Jalan Kelapa Dua, Entrop, Holtekamp, Jayapura Selatan, pesantren ini menjadi salah satu pilihan favorit di Jayapura.

Pesantren Hidayatullah memiliki identitas fokus pada pendidikan umum, dengan disertai target tahfidz Quran sekian juz, dan beberapa pendidikan agama Islam seperti Nahwu Sharf, Aqidah, dan lain sebagainya. Hidayatullah juga memiliki karakter mendidik santri mengamalkan Islam dalam keseharian.

Yang terbaru, pesantren ini mampu meraih juara umum pada lomba MTQ yang ke-28 di Muara Tami, Jayapura. Kategorinya ada pemahaman Al Quran, hafalan Al Quran 1 Juz, 5 juz, dan lain sebagainya. Pesantren ini layak dijadikan destinasi pendidikan di Jayapura. Info lengkap bisa menghubungi nomor 0853-3177-2533

Pesantren Modern Jayapura Al Muttaqin

Pesantren ini berdiri pada tahun 2007. Belum lama, namun demikian berkembang cukup baik dengan identitas pesantren modern yang dimilikinya. Pesantren putra dan putri ini beralamat di Jl. Merah Putih Buper Waena, Heram.

pesantren terbaik di jayapura
Sumber facebook Al Muttaqin Jayapura

Dari cara berpakaian, pesantren ini memang berbeda. Menggunakan jas, kemeja, dan celana, seperti pesantren modern di pulau Jawa pada umumnya. Disiplin menjadi menu utama yang diajarkan kepada santri.

Pesantren ini memiliki penekanan pada empat aspek. Pertama pendidikan formal dengan jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Akreditasi lembaga pendidikannya A.

Kedua, aspek pendidikan bahasa yang menekankan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara aktif. Ketiga, memiliki kemampuan menghafal Al Quran dengan target Tsanawiyah 3 juz, dan Aliyah 6 juz. Di wilayah Jayapura, target demikian cukup bagus.

Terakhir adalah kemampuan membaca kitab kuning dengan baik. Ini menjadi penting karena untuk mendalami agama Islam. Dari ektra kulikulernya juga melimpah, beladiri, jurnalistik, ada pula panggung apresiasi seni dan lain sebagainya. Mirip dengan model pesantren Gontor.

Pesantren Boarding School Jayapura Ulil Albab

Boarding school memiliki karakteristik lebih kepada penekanan pendidikan umum. Adapun kehidupan pesantren sebagai tempat menempa hidup sehari-hari bernafaskan Islami. Di Jayapura hal itu diwakili oleh Ulil Albab.

Untuk pendidikan formalnya tersedia SMP Islam Terpadu dan SMA Islam Terpadu. Oleh sebab itu prestasi yang banyak menonjol juga di bidang umum. Seperti nilai UN tertinggi pada tahun 2018.

Untuk pendidikan Islam di antaranya adalah hafal 5 juz Al Quran. Sedangkan untuk Aliyah 7 juz Al Quran. Gedung-gedungnya cukup representatif. Bertingkat dan tertata rapi. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi biaya masuk pesantren Ulil Albab.

Alamat pesantren ini di Jl. Doyo Baru, Doyo Baru, Waibu. Untuk komunikasi bisa menghubungi 0852-5445-1280

Pesantren di Jayapura

Inilah beberapa pesantren terbaik di Jayapura. Tambahan informasi atau usulan pesantren bisa dicantumkan di kolom komentar. Jika ada pesantren yang ingin diulas, silakan mengirimkan brosur, foto dan info lengkap biaya ke affany1986 at gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *