7 Pesantren Terbaik di Agam | Dari Murah Sampai Mahal

Posted by

Pesantren terbaik di Agam | Agam merupakan kabupaten di Sumatera Barat. Wilayah ini dikenal memiliki alam yang cukup indah, karena berada di tepi lautan, sekaligus di kaki Gunung Singgalang, ketinggian gunung ini lumayan, sekitar 2.800-an meter. Sehingga cuacanya cukup nyaman. Oleh sebab itu di wilayah ini cukup banyak tersedia pesantren.

Warnanya bermacam-macam, dari tradisional seperti yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah, pesantren modern, juga banyak tersedia pesantren tahfidz Quran. Informasi kami himpun berdasarkan pertimbangan internal, rating Google, dan beragam pertimbangan lainnya dengan tujuan untuk mempermudah para pencari informasi pesantren di kabupaten Agam. Nomor bukanlah urutan.

Pesantren Ashabul Yamin

Pesantren terbaik di Agam yang pertama kali kami ulas adalah Pesantren Ashabul Yamin. Pesantren ini beralamat di Lasi Tuo, kecamatan Canduang. Pesantren ini memiliki kelebihan suasananya cukup nyaman dan bersahabat. Santrinya saat ini sekitar 200-an.

Adapun dari segi pendidikan, pesantren ini fokusnya pada salafiyah. Yaitu pendidikan yang fokus pada kajian-kajian kitab kuning seperti jurumiyah, taqrib, fathul qarib, dan lain sebagainya. Kelebihannya model pendidikan yang demikian adalah kedalaman pemahaman akan pengetahuan Islam. Terutama fasih dalam membaca kitab kuning.

Sedangkan di pesantren ini pendidikan formalnya terdiri dari madrasah tsanawiyah dan aliyah. Sehingga meskipun Anda mendalami keislaman, namun pendidikan formal di pesantren ini tidak akan tertinggal.

Beberapa prestasi yang dimiliki pesantren ini di antaranya adalah di tahun 2008 meraih juara umum lomba qira’atil kitab tingkat kabupaten Agam. Hal ini membuktikan kemampuan santri Ashabul Yamin dalam mendalami kitab kuning.

Untuk biaya masuknya sekitar 4 jutaan. Adapun biaya bulanannya sebesar sekitar 200 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi websitenya di sini.

Pesantren Nurul Ihsan Ampek Angkek

Pesantren terbaik di Agam selanjutnya dalah pesantren nurul Ihsan yang beralamat di Lurah Panampung Kecamatan Ampek Angkek. Pesantren ini lebih condong bernuansa modern. Bahkan tertulis di website resminya sebagai Islamic Boarding School.

Fasilitasnya cukup, seperti ranjang untuk santrinya. Ruang makan. Antara putra putri juga terpisah. Sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Gedungnya representatif.

Pesantren ini memiliki variasi pendidikan yang cukup banyak, ada tahfidz Quran, kajian kitab kuning, bahasa arab dan inggris, pendidikan formal dan lain sebagainya. Namun tidak memiliki fokus identitas khusus pendalaman dalam bidang tertentu.

Untuk biaya masuk hanya sekitar Rp2-3 jutaan. Untuk pendaftaran bisa datang langsung atau menghubungi terlebih dahulu nomor ini, TLP: (0752) 28242. Websitenya di sini.

Pesantren Limo Jurai

Satu lagi pesantren terbaik di Agam adalah Limo Jurai. Pesantren ini memiliki alamat lengkap di Jln. Raya Sungai Pua No. 51 Tangah Koto Nagari Sungai Pua, Kec. Sungai Pua. Pesantren ini jika dilihat dari gedungnya cukup bagus sekali.

Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan formal Tsanawiyah tiga tahun, sedangkan pendidikan formal aliyah 4 tahun. Tentu sudah dengan pendidikan pesantren. Menurut kami identitas kuat dari pesantren ini ada dua, yaitu tahfidz Quran dengan target satu tahun dua juz. Dengan kemampuan bahasa arab aktif dan pasif.

Buktinya pesantren ini beberapa kali mendapatkan juara tingkat Agam, bahkan tingkat Sumatera Barat. Seperti juara II lomba MQK tingkat Sumatera Barat di tahun 2019. Juga juara umum tingkat Sumatera Barat di IAIN Bukittinggi lomba bahasa arab di tahun ajaran yang sama.

Untuk pendaftaran masuknya harus merogoh kocek lebih dalam, sekitar 9 juta rupiah. Sedangkan untuk SPP dan Asramanya sekitar Rp900.000-an. Informasi lengkap bisa mengunjungi websitenya di sini.

Pesantren Buya Hamka Maninjau

Sesuai namanya, pesantren ini merupakan buah cita-cita dari Buya Hamka, ulama terkenal di tahun 1970-an. Cita-cita tersebut dilanjutkan oleh tokoh-tokoh dari Sumatera Barat sehingga berdiri pesantren dengan nama Buya Hamka pada tahun 1989.

Menurut kami ini adalah pesantren modern dengan kurikulum klasikal yang langsung digabung antara pendidikan agama dan formal di dalam kelas. Akreditasi untuk lembaga pendidikan di pesantren ini A.

Identitas kuat dari pesantren ini adalah mampu membaca kitab kuning, berbahasa arab dan inggris dengan lancar, juga menguasai ilmu eksak. Harapannya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang terbaik. Pesantren untuk putra putri ini memiliki banyak fasilitas selain asrama dan kelas, seperti laboratorium, dan lain sebagainya.

Suasananya hijau dan nyaman. Setiap penerimaan santri hanya sekitar 50-an. Satu kelas hanya diisi 25 orang. Kelas kecil. Kelebihan lainnya uang pendaftaran sangat murah. Hanya 2 jutaan. Sedangkan untuk spp bulanan sudah termasuk asrama dan makan sekitar satu jutaan. Website resmi bisa dikunjungi di sini, http://www.ponpeshamka.com/

Pesantren Thawalib Parabek

Pesantren terbaik di Agam selanjutnya adalah Thawalib Parabek. Seperti nama pesantren di padang, Thawalib. Pesantren ini memiliki seleksi masuk yang unik, banyak jalur. Ada umum, ada tahfidz Quran, ada prestasi. Pendaftarnya sampai 600-an. Hingga saat ini santrinya sangat banyak, sudah mencapai 1.500-an

Jenjang pendidikan di pesantren ini cukup lengkap, dari Tsanawiyah, Aliyah, hingga Ma’had Aly (perguruan tinggi). Kemampuan melaksanakan banyak jenjang pendidikan patut diapresiasi. Sehingga menjadi pesantren unggulan di kabupaten Agam. Bahkan pesantren ini pernah menerima penghargaan Prestise 2017 sebagai pesantren unggul mutu dan kualitas Islam terbaik.

Karakter dari pesantren ini lebih ke modern. Di mana yang menjadi unggulan adalah kemampuan santri dalam menguasai pendidikan formal, membaca kitab, dan berbahasa arab inggris dengan baik.

Prestasinya juga banyak, seperti juara 2 olimpiade IPA di MAN 2 Padang 2019, juara 1 tahfidz Quran antar SMP dan Mts se-Sumatera Barat 2018. Sehingga animo masyarakat untuk datang ke pesantren ini luar biasa.

Untuk pendaftaran bisa dikatakan lumayan mahal, biayanya sekitar 14 jutaan. SPP satu bulan sekitar satu jutaan. Informasi lengkap bisa mengunjungi website resmi di sini, http://www.thawalib-parabek.sch.id/.

Pesantren Modern Diniya Pasia

Ini merupakan pesantren yang mirip dengan Gontor di Jawa Timur. Ciri-cirinya adalah memiliki moto yang sama, memiliki slogan yang sama juga. Beralamat di Ampek Angke Agam, Diniya Pasia menjadi salah satu pesantren terbaik di Agam.

Kurikulumnya menggunakan KMI Gontor, yaitu kurikulum yang menyatukan antara pendidikan umum dan agama di dalam satu kelas. Durasinya enam tahun. Tidak ada istilah Tsanawiya dan Aliya. Mirip dengan Gontor.

pesantren terbaik di Agam
sumber gambar : kaba12.com

Pesantren model seperti ini yang diunggulkan adalah kedisiplinannya. Sehingga menghasilkan santri yang bermental pemimpin. Kehidupan di asrama juga menjadi perhatian untuk mendidik karakter santri.

Target pendidikannya sederhana, memiliki kemampuan bahasa arab dan inggris, hafal minimal 9 juz Al Quran, memiliki Ghirah Islam yang tinggi, dan kemampuan akademik seperti MTS dan MA. Untuk biaya masuk tergolong standard, 8 jutaan. Sedangkan SPP hampir menyentuh satu juta rupiah. Info lengkap bisa mengunjungi website resmi di sini, https://diniyyahpasia.sch.id/

Pesantren Tahfidz Quran Muallimin Muhammadiyah

Jika pesantren di Agam yang sebelumnya banyak menekankan pendidikan secara umum, pesantren yang satu ini memiliki identitas sebagai pesantren tahfidz Quran. Beralamat di Jl. Raya Pakan Kamis, Gadut, Tilatang Kaman. Nama lengkapnya Pesantren Tahfidz Quran Muallimin Muhammadiyah.

Kurikulum yang digunakan ada tiga, yang pertama adalah kurikulum kementrian agama, kedua adalah kemuhammadiyahan, terakhir adalah kurikulum asrama. Sederhananya selepas subuh tahfidz Quran, selepasnya masuk kelas, sore dan malam kembali melaksanakan tahfidz Quran.

Oleh sebab itu target dari santri yang masuk ke pesantren ini hanya tiga, yaitu tahfidz Quran, akademik, dan bahasa Arab untuk pendalaman kitab kuning. Jenjangnya ada Tsanawiyah dan Aliyah. Untuk tahfidznya minimal selama enam tahun 20 juz. Cukup realistis.

Untuk biaya masuk sekitar 7 jutaan, sedangkan untuk SPP sekitar 900-an. Informasi lengkap bisa mengunjungi website resmi pesantren di sini, https://www.mualliminsawahdangka.sch.id/

Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang

Pesantren ini termasuk tertua di Agam. Berdiri pada tahun 1908, pesantren ini memulai kegiatan dengan halaqah. Didirikan oleh Syekh Sulaiman Arrasuli, pesantren ini berlamat di Jln. Syekh Sulaiman ArrasuliJorong Lubuak Aua, Canduang.

Jenjang di pesantren ini juga cukup lengkap dari Tsanawiyah hingga Ma’had Aly. Adapun untuk jenjang Tsanawiyah memiliki akreditasi A. Maka tidak hanya pendidikan agama yang mendalam tapi juga formal. Animo masyarakat terhadap pesantren ini pada akhirnya tinggi, hingga saat tulisan ini dibuat, jumlah santrinya mencapai 645 terdiri dari putri 248, putra 397.

Kitab-kitab kuning yang dipelajari bermacam-macam, seperti Matn Al Ghayah wa Taqrib, I’anat Thalibin, untuk nahwunya adalah jurumiyah, sedangkan untuk tauhid di antaranya Al Aqwal Al Mardiyah, untuk ushul fiqh Bidayat Al Ushul. Dan beragam macam kitab lainnya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Agam.

Sisi lain yang menarik dari pesantren ini adalah program apresiasi prestasi, untuk rangking I gratis SPP 4 bulan, rangking II gratis SPP 3 bulan, untuk hafidz Quran juga ada diskon. Bisa diperiksa di website resminya di sini, https://www.mticanduang.sch.id/.

Sedangkan untuk biaya masuk Anda membutuhkan sekitar 7 jutaan. Sedangkan untuk SPP bulanan sekitar 850an. Cukup lumayan untuk lembaga pendidikan di wilayah Agam.

Pesantren Terbaik di Agam

Inilah beberapa pesantren terbaik di Agam. Jika ada kekurangan informasi bisa mencantumkan di kolom komentar. Jika ada tambahan info pesantren terbaik bisa cantumkan pula di komentar.

Jika lembaga pendidikan Anda ingin diulas kirim brosur lengkap dengan biaya ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *