5 Pesantren Terbaik di Lampung Tengah | Juara ASEAN

Posted by

Pesantren Terbaik di Lampung Tengah memang tidak sedikit. Bisa dilihat dari Google Maps yang menunjukkan banyak titik. Oleh sebab itu daftar pondok pesantren di Lampung Tengah harus kami pilih menjadi beberapa pesantren terbaik.

Dasar pemilihan kami adalah review di internet, rating Google, ketersediaan informasi atau brosur sehingga mudah untuk mengulas. Baik itu pesantren modern di Lampung Tengah, atau pesantren kitab kuning. Berikut lima pesantren terbaik di Lampung Tengah. Nomor bukanlah ranking. 

Pesantren Al Mukhlis Kali Dadi

Sebenarnya pesantren ini tidak terlalu besar, tapi memang kualitasnya patut menjadi pertimbangan. Terutama dalam aspek Al Quran, dari membaca hingga tahfidz Al Quran. Alamatnya di Kalidadi, Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah.

pesantren terbaik di Lampung Tengah

Namun demikian prestasinya cukup luar biasa. Di antaranya adalah lomba tahfidz Quran tingkat ASEAN di Darunnajah Jakarta pada tahun 2018 yang diikuti banyak negara seperti Malaysia, Brunei dan lain sebagainya, kategori 30 Juz diraih santri dari pesantren ini.

Begitu juga dengan lomba tahun sebelumnya untuk provinsi Lampung. Pesantren ini meraih juara terbaik kedua pada kategori 10 juz dan 30 juz. Artinya secara kualitas tahfidz Quran tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Lampung Tengah.

Padahal secara lembaga pendidikan tidak begitu mewah, menurut kami cenderung sederhana. Santrinya bersarung, dengan peci, koko. Namun pendidikan tahfidz Qurannya bisa menjadi rujukan di Lampung Tengah.

Pesantren Raudlatussholihin Purwosari

Di Lampung Tengah pesantren ini cukup memiliki nama. Alamatnya di Purwosari, Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah. Memiliki banyak jenjang lembaga pendidikan, dari TK, hingga menengah atas. 

Namun demikian identitas yang paling kuat dari pesantren ini adalah aspek diniyyah. Yaitu pendidikan Islam berbasis kitab kuning. Maka ada jenjang Isti’dad, kemudian wustho (menangah) dan ulya. Khas pesantren-pesantren di Jawa seperti Sidogiri dan Langitan.

Metode ngajinya juga sorogan dan bandongan. Di mana santri menghadap gurunya untuk diperiksa benar tidaknya pemahaman. Bahkan di pesantren ini tersedia Sekolah Tinggi. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Lampung Tengah.

Biaya masuknya di tahun 2019 sekitar 600 ribuan. Mungkin sekarang sudah 650 ribu. Cukup murah sekali. Padahal pesantren bagus. Ini mirip dengan pesantren Sunan Drajat di Tuban. Bagus tapi murah.

Pesantren Darus Syafaah Kotagajah

Pesantren yang satu ini beralamat di Jl. Kauman Kotagajah Lampung Tengah. Pesantren ini dalam sudut pandang kami memiliki model lebih modern. Terutama dalam aspek pendidikan formal. Sistem unggulan dan terpadu.

Di antaranya adalah untuk jenjang SMP tahfidz Qurannya tiga juz, hafal yasin, dan tahlil. Kemudian untuk bahasa asing yang diajarkan di sini ada tiga, bahasa Arab, Inggris, dan Jepang. Kami belum mengetahui alasan kenapa bahasa Jepang.

Keunggulan lainnya adalah jenjang pendidikannya ada SMA dan SMK. Hal ini membuat santri yang ingin langsung kerja bisa terbantu dengan hadirnya pesantren ini. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Lampung Tengah.

Memang kalau santri yang mukim tidak begitu banyak. Modelnya ada santri kalong dan santri mukim. Lebih dalam mengetahui tentang perbedaan santri kalong dan mukim bisa dibaca di sini. Website resmi pondok pesantren, https://www.darusysyafaah.or.id

Pesantren Modern Wali Songo

Alamat lengkap pesantren ini di Jl. Ponpes Wali Songo, Sukajadi, Kec. Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah. Bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren terbesar di Lampung Tengah. 

Lembaga pendidikannya juga lengkap, dari mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Sehingga santrinya juga cukup banyak. Model pembelajarannya ada formal di pagi hari, dan diniyyah di sore hari. Metodenya sorogan dan bandongan.

Yang menarik dari pondok pesantren ini menurut kami adalah ada fokus teknologi multimedia, seperti pesantren Al Khair Ponorogo. Dari desain grafis, videography, sampai digital marketing diajarkan, keren. 

Gedung-gedungnya terlihat bagus dan modern. Tapi sayangnya kami tidak berhasil mendapatkan informasi biaya masuk Pondok Pesantren Wali Songo Lampung Tengah. 

Ponpes Hidayatul Mubarok

Pesantren ini beralamat di Uman Agung Kec. Bandar Mataram Kab. Lampung Tengah. Lembaga pesantren yang satu ini juga cukup besar. Terutama jenjang pendidikannya yang hingga perguruan tinggi.

Pondoknya lumayan besar, dengan santri yang juga cukup banyak. Identitas dari pesantren ini adalah formal dengan diniyah kitab kuning. Sehingga santri memiliki pendalaman dalam ilmu-ilmu islam. 

Pesantren ini memiliki banyak kreasi seni. Banyak pentas-pentas kreativitas yang diadakan di pesantren ini. Sehingga santri mampu menyalurkan minat dan bakatnya tanpa meninggalkan ibadahnya.

Di tahun 2015 kami menemukan biaya masuknya 820 ribu. Mungkin di tahun 2021 sudah di angka 1 juta. Untuk bulanannya kemungkinan sudah mencapai enam ratus ribu dengan biaya makan tiga kali sehari.

Info lengkap bisa kunjungi langsung ke pesantrennya ya. Kalau untuk pendaftaran universitas bisa langsung kunjungi website resminya di sini, http://pmb.stit-almubarok.ac.id

Daftar Pondok Pesantren di Lampung Tengah

Kami meyakini masih banyak pesantren terbaik lainnya. Terutama karena daftar pondok pesantren di Lampung Tengah cukup banyak. Namun demikian karena keterbatasan informasi kami hanya menyebut beberapa di antaranya.

Jika ada kesalahan informasi  mohon bisa cantumkan di kolom komentar. Atau jika ada pesantren modern di Lampung Tengah yang ingin diulas bisa kirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com agar kami bantu publikasinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *