9 Pesantren Terbaik di Malang | Biaya Masuk Murah

Posted by

Pesantren Terbaik di Malang menjadi perhatian seluruh pencari lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Terutama karena wilayahnya yang dikenal sejuk. Bahkan kini berjubel Boarding School di Malang dengan biaya selangit. 

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulas pesantren terbaik di Malang. Dasar kami adalah review yang beredar, rating Google bersumber konsumen, serta unsur kemudahan akses informasi dan pertimbangan subjektif lainnya.

Rata-rata biaya pesantren ini di bawah 20 juta. Bahkan rata-rata di bawah 10 juta. Kalau di atas 20 juta kami masukkan kategori Islamic Boarding School. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Al Umm Lowokwaru 

Daftar pondok pesantren di Malang yang pertama adalah Al Umm. Pesantren ini beralamat di Jl. Joyo Agung No. 01 RT 09/09 Kel. Merjosari Kec. Lowokwaru. Ini merupakan ponpes dengan model pesantren sunnah. Yaitu pesantren yang menekankan pada pengalaman sunnah rasul dalam kehidupan sehari-hari. 

pesantren terbaik di Malang

Di pesantren ini tersedia untuk putra dan putri, dengan program pendidikan untuk formal enam tahun, jenjang SMP dan MA. Bahasa yang lebih ditekankan adalah bahasa arab. Kemudian pembelajaran aqidah.

Di pesantren ini santri hafal minimal 6 juz untuk jenjang SMP dan 30 Juz untuk jenjang MA. Kemudian hafal matan hadist Tuhfath Athfal. Dengan nahwu dan sharf sebagai alat untuk baca kitab. 

Fasilitasnya lumayan nyaman, teduh menurut kami. Ada banyak pepohonan khas kota Malang. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Malang. Biaya masuknya sekitar 16.5 juta, dengan SPP bulanan sekitar 950 ribuan. 

Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://www.binamasyarakat.com

Ponpes Nurul Ulum

Pesantren ini kami masuk sebagai salah satu pesantren murah di Malang tapi berkualitas karena biayanya terjangkau. Untuk daftarnya sekitar 5.8 juta, sedangkan untuk SPP bulanannya 700 ribu setiap bulan sudah termasuk makan.

Alamatnya di Jl. Aipda Sutsui Tubun, Kebonsari, Sukun. Pesantren Nurul Ulum memiliki identitas pesantren khas Jawa Timur dengan sarungan, baju koko, dan kopyah. Seperti di Sidogiri. Kegiatannya dimulai dari waktu tahajud.

Pendidikan utamanya selain formal adalah ngaji kitab kuning. Nahwu Sharf menjadi makanan sehari-hari. Kemudian ada unsur tahfidz Quran. Tidak lupa ektra kurikuler untuk santri putra dan putri seperti robotic, olimpiade, dan lain sebagainya. 

Uniknya Pesantren Nurul Ulum memiliki prestasi yang bisa dibanggakan. Terutama adalah banjari. Prestasinya bahkan nasional. Seperti di tahun 2018 yang diadakan di Universitas Brawijaya Malang. 

Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://www.nurululum.com/

Pesantren Murah di Malang | Miftahul Huda Gading

Pesantren ini beralamat di Jl. Gading Pesantren No. 38. Pesantren ini juga dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Gading. Memiliki model pendidikan tradisional khas pesantren-pesantren wilayah Jawa Timur dengan sorogan dan bandongan.

Pesantren ini juga disebut dengan pesantren murah di Malang namun berkualitas. Hal ini karena biaya masuknya hanya sekitar 650.000. Itupun sudah termasuk biaya bulananan santri. Padahal secara pendidikan pesantren ini tidak bisa disepelekan. 

Diantaranya adalah ngaji kitab Ihya Ulumuddin yang mana menggunakan ijazah bersanad. Ini merupakan kitab karya Imam Ghazali yang menjadi rujukan dalam banyak aspek di umat Islam, khususnya pesantren salaf. 

Kegiatan lainnya adalah pembacaan burda, kemudian ngaji kitab kuning, terutama dengan pendalaman ilmu alat. Ini memang pesantren yang fokus pada pembelajaran kitab kuning di Malang. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Alumni Gontor di Malang | Darul Ukhuwwah

Pesantren ini memiliki identitas mirip dengan Gontor. Memang salah satu pimpinan pesantren berasal dari pesantren terbaik di Ponorogo tersebut. Namanya Darul Ukhuwwah, alamatnya antara pesantren putra dan putri berbeda kecamatan di Malang. 

Sistem pendidikannya menggunakan model pesantren modern, yang mana antara pendidikan agama dan formal sudah menyatu menjadi satu di kenal. Ini merujuk kurikulum KMI Gontor. Jenjangnya untuk tingkat SMP dan SMA.

Kalau lulus SD akan menerima pendidikan selama enam tahun, sedangkan untuk tingkat selepas SMP menerima pendidikan empat tahun. Satu tahunnya untuk pembiasaan bahasa dan lain sebagainya.

Kelebihan model pesantren demikian adalah fokus pendidikan di dalam kelas dan luar kelas menjadi terarah. Terutama di luar kelas untuk bahasa, pembangunan karakter santri melalui disiplin yang ketat. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Malang. 

Fasilitasnya lumayan. Bahkan kelasnya menggunakan model satu santri satu bangku dan meja. Seperti sekolah Islam terpadu. Biaya masuknya ada pilihan antara 9 sampai dengan 11 juta. Sedangkan untuk SPP sebesar 850 ribu rupiah. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://ppduputri.or.id/

Pesantren Modern Darul Fikri

Pesantren ini beralamat di Jl Margojoyo VII/6 Jetis Mulyoagung Dau. Memiliki konsep yang menarik karena menggabungkan unsur modern dengan unsur metode pendidikan tradisional dalam satu pesantren. 

Berdiri pada tahun 1987 pondok pesantren ini tergolong sudah cukup mapan dengan metode pendidikan yang pagi belajar formal, namun sudah termasuk dengan belajar diniyyah. Sehingga di luar kelas lebih banyak berkaitan dengan bahasa dan peningkatan ketrampilan.

Oleh sebab itu bahasa arab dan inggris menjadi salah satu inti dari pendidikan di pesantren ini. Dari sisi kurikulum beberapa kitab yang digunakan adalah Jurmiyah, Imriti, Ta’lim Muta’allim. Artinya secara pembelajaran lebih menekankan kepada penguasaan kitab.

Gedungnya cukup bagus. Memang santrinya sekitar ratusan. Namun menjadi salah satu rujukan pesantren terbaik di Malang. Adapun biaya masuk santri baru sebesar Rp5000.000 dengan biaya pendidikan rutin bulanan sekitar 800 ribuan dengan tiga kali makan sehari. 

Cara berpakaiannya berdasi dengan kemeja yang rapih. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://daarulfikrimalang.sch.id

Pesantren Mahasiswa Al Hikam 

Pesantren ini sangat mashur tidak hanya di sekitar kota Malang, tapi juga di Indonesia. Didirikan oleh tokoh nasional KH. Hasyim Muzadi, ketua PBNU yang dikenal memiliki keluwesan dalam berdakwah.

Alamatnya di Jalan Cengger Ayam No. 25, Malang. Pesantren ini memiliki cabang di Depok. Namun ini pesantren khusus mahasiswa bukan pesantren jenjang menengah atas. Mahasiswa tapi berasrama seperti UNIDA di Ponorogo. 

Salah satu titik kelebihan dari pesantren ini adalah kajian kitab Al Hikam. Dari sang pendiri kitab ini menjadi kajian utama. Oleh sebab itu namanya menjadi Al Hikam. Sehingga pembelajaran terkait dengan pembersihan akhlaq menjadi yang utama di pesantren Mahasiswa di Malang ini. 

Sekarang Al Hikam tidak hanya khusus pesantren, sudah ada pendidikan formal jenjang perguruan tinggi. Jurusannya adalah Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan guru madrasah.

Adapun biaya di pesantren ini bulanannya sekitar 500.000. Cukup murah jika dibandingkan dengan fasilitas dan layanan pendidikan yang diterima oleh santri di pesantren ini. Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://alhikam.ac.id

Pesantren Salaf Nurul Huda Malang

Pesantren berawal dari kajian kecil di mushala, namun kemudian tumbuh berkembang hingga seperti sekarang. Alamatnya di Jl. Kol. Soegiono IIIB No. 101-103, Mergosono. Identitas dari pesantren ini adalah pesantren salafiyah syafi’iyyah. 

Yang menarik dari pesantren ini adalah santri rata-rata mengenyam pendidikan formal di luar pesantren. Tapi nantinya kembali ke pesantren untuk merasakan pendidikan Islam dari sebelum subuh, hingga dilanjutkan lagi selepas ashar sampai malam.

Fokus di pesantren ini memang dua. Pertama adalah pendidikan membaca kitab kuning. Diakui bahwa kualitas santri pesantren Nurul Huda untuk membaca kitab cukup baik. Sehingga banyak yang mondok di sini.

Kedua adalah aspek tafsir Al Quran. Tidak sebatas membaca Al Quran, atau tahfidz Al Quran, tapi sudah mengkaji tafsir Al Quran. Oleh sebab itu Nurul Huda menjadi pilihan pesantren terbaik di Malang.

Biaya masuknya terjangkau, ini masuk daftar pondok pesantren di Malang yang tergolong murah. Yaitu sebesar 500.000 rupiah. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://pesantren.web.id

Pesantren Al Quran PIQ Singosari 

Alamatnya di Jalan Raya No.107, Pangetan, Pagentan, Kec. Singosari. Ini pesantren yang berbeda karena fokus pada Al Quran. Bukan hanya tahfidz tapi juga banyak aspek dalam Al Quran.

Yang menarik adalah pembelajaran bahasa Arab di pesantren ini tidak dipisahkan dari pembelajaran Al Quran. Sehingga santri memahami Al Quran secara makna, plus santri juga memahami bahasa arab yang familiar dalam Al Quran.

Yang kedua sisi menariknya adalah pembelajaran Al Quran di pesantren ini jenjangnya cukup banyak, dari yang paling dasar, sampai yang paling tinggi yaitu pada tingkatan tafsir Al Quran. Plus pesantren ini memang banyak prestasi dalam bidang Al Quran. 

Biaya masuknya juga tidak terlalu mahal. Hanya 4 juta rupiah. Sudah termasuk biaya bulanan sebesar 500 ribu rupiah. Kalau ingin info lebih lengkap bisa kunjungi link berikut ini. 

Pesantren Quran Anak SD Nurul Huda II

Kali ini pesantren khusus untuk anak-anak SD, atau anak usia dini. Alamatnya di Jl. Ronggowuni No.47, Pangetan, Pagentan, Kec. Singosari. Di Jawa Timur dalam catatan kami tidak banyak pesantren khusus anak-anak. Bisa periksa di sini.

Memang pesantren khusus anak-anak SD butuh ketrampilan khusus. Mulai dari cara menangani, kalau kangen pulang. Apalagi agar mereka mau rutin membaca Al Quran. Bahkan ada trik dengan rekreasi di pesantren ini. 

Santrinya tidak terlalu banyak. Biasanya pesantren anak-anak memang demikian. Kemudian gedungnya juga biasa, tidak ada yang mewah. Namun demikian tetap kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Malang. 

Daftar Pondok Pesantren di Malang

Tentu masih banhyak pesantren terbaik lainnya di Malang. Namun demikian karena keterbatasan informasi, maka kami belum bisa menghimpunnya di sini. Apalagi jika dilihat dari daftar pondok pesantren di Malang melimpah.

Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan membantu publikasi lembaga pendidikan Anda agar mudah ditemukan di internet. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *