pesantren terbaik di salatiga

7 Pesantren Terbaik di Tulungagung | Modern di Pelosok Desa

Posted by

Pesantren terbaik di Tulungagung menjadi perhatian masyarakat Jawa Timur. Terutama di wilayah Tulunggagung dan sekitarnya seperti Trenggalek, Blitar, Kediri, dan lain sebagainya. Apalagi Tulungagung merupakan wilayah yang dikenal memiliki keindahan alam, terutama pantai.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Tulungagung. Di antaranya adalah pesantren modern, pesantren tradisional, pesantren tahfidz Quran, juga pesantren unggulan dengan biaya murah.

Pilihan kami berdasarkan review di internet, rating Google, juga pertimbangan subjektif kami yang diharapkan bisa membatu para pencari informasi tentang pesantren terbaik di Tulungagung.

1. Pesantren Ngunut Tulungagung

Nama sebenarnya adalah Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin. Namun demikian orang lebih mengenalnya dengan pesantren Ngunut Tulungagung. Pesantren ini didirikan oleh sosok yang malang melintang dari satu pesantren ke pesantren lain selama belasan tahun, KH. Ali Shodiq.

Namun demikian, pesantren ini sangat dekat dengan Lirboyo, karena pendiri pernah mondok di Lirboyo. Di sisi lain pada waktu awal berdiri ada 50 santri Lirboyo yang ikut ngaji bersama. Maka secara metode banyak yang mirip dengan pesantren Lirboyo.

Namun menurut kami salah satu yang istimewa adalah pendidikan di asrama. Di antaranya adalah asrama yang khusus di dalamnya para penghafal Quran. Maka di pesantren ini memang ada khusus yang mendalami Al Quran.

Kini pesantren tumbuh pesat dengan jumlah santri mencapai 2500-an. Dari seluruh Indonesia. Jenjang di pesantren ini ada Ibtidaiyah dan ada jenjang Tsanawiyah. Masing-masing harus ditempuh dalam jangka waktu tiga tahun. Oleh sebab itu pesantren ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Tulungagung.

2. Pesantren Menara Mangunsari

Jika beberapa pesantren dikenal dengan namanya, atau dengan nama desanya. Namun pesantren ini justru dikenal dengan nama Pesantren Menara. Padahal namanya Al Fattah. Tapi justru itulah menjadi identitas, karena pesantrennya cukup terkenal di wilayah Tulungagung.

Pesantren ini khas Jawa Timur. Memiliki pendidikan pesantren dengan pola ada Madin, dan ada pendidikan formal di jenjang Mts dan MA. Tidak ketinggalan ada program tahfidz Quran juga. Sehingga menjadikan pesantren ini salah satu pesantren terbaik di Tulungagung.

Identitas lainnya adalah pendidikan akhlaq dan adab yang kental di pesantren ini. Ada kisah karomah di balik pendirian pesantren ini. Oleh sebab itu ibadah-ibadah seperti shalawat, dan lain sebagainya. Santrinya ada yang mukim, ada pula yang kalong. Terutama yang ikut pengajian di waktu pagi di surau pesantren.

3. Pesantren Panggung

Berdiri di tahun 1954 dari sebuah surau kecil yang mengadakan pengajian untuk masyarakat di daerah sekitar. Pesantren ini terletak di jantung kota Tulungagung. Letaknya hanya 400 meter dari pusat kota, alun-alun. Lokasinya sangat strategis sekali.

Identitas pesantren ini adalah salafiyah. Yaitu pesantren dengan model tradisional yang mengaji kitab dengan sorogan dan bandongan. Namun demikian di pesantren ini juga terdapat pendidikan formal. Maka jangan khawatir dengan pendidikan formal.

Yang lebih istimewa lagi, pesantren ini memiliki tradisi unik. Yaitu hafalan bait-bait gramtika bahasa arab dengan menggunakan lagu diiringi alat musik namun dari peralatan dapur. Jadi ramai dan bergairah. Hingga sekarang santrinya terus berkembang. Oleh sebab itu pesantren Panggung merupakan salah satu pesantren terbaik di Tulungagung.

pesantren terbaik di tulungagung

4. Pesantren Modern Tulungagung Darul Hikmah

Jika berbicara pesantren di Tulungagung, maka salah satu yang tidak bisa dilupakan adalah pesantren modern Tulungagung Darul Hikmah. Pesantren ini berawal dari kegiatan di surau pada tahun 1930, kemudian berkembang menjadi pondok pesantren hingga sekarang.

Dengan kiblat pesantren Gontor, pesantren modern yang satu ini benar-benar berusaha menggunakan metode pendidikan pesantren modern Gontor. Di antaranya adalah sistem kurikulum yang menggunakan Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah. Yaitu kurikulum yang menggabungkan antara pendidikan agama dan umum di kelas.

Di atas tanah dengan luas 4000-an meter persegi, pesantren ini berdiri dengan kokoh. Keunggulannya adalah pendidikan kemandirian hidup karena setiap santri dididik dengan pola 24 jam. Kedua adalah pendidikan bahasa arab dan inggris yang intensif. Ketiga disiplin yang tinggi. Pesantren yang berkiblat ke Gontor rata-rata memiliki model demikian. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tulungagung.

Apalagi pondok ini tidak berkiblat pada ormas, ataupun partai. Inilah yang menjadikan pesantren tumbuh dengan pesat. Informasi lengkap di website resminya, http://www.pondokmoderndarulhikmah.id/.

5. Pesantren Imam Syafi’i

Satu lagi jenis pesantren di Tulungagung yang bisa menjadi pilihan, yaitu pesantren bermanhaj salaf. Biasanya tertulis berlandaskan sunnah dan Al Quran. Pesantren dengan model ini di Tulungagung bernama Pesantren Imam Syafi’i.

Metode pembelajarannya lebih banyak ke amalan sunnah. Seperti cara berpakaian, dan lain sebagainya. Biasanya memakai peci putih. Peminatnya pun sangat banyak. Terutama karena jenjang pendidikan di pesantren ini cukup banyak. Di antaranya adalah jenjang SD hingga jenjang SMA.

Yang menarik adalah ada jenjang persiapan satu tahun pra SMA, bagi siapa saja yang secara bahasa masih belum baik. Kemudian pendidikannya dikombinasikan dengan target hafalan Al Quran plus dengan hadist. Adapun targetnya di pesantren ini rata-rata satu tahun 5 juz. Sehingga kalau lulus SMP bisa 15 juz.

Biayanya cukup lumayan. Untuk pendaftaran sekitar Rp7.500.000-an. Dengan SPP bulanan menggunakan pilihan dari 550 hingga Rp800.000-an. Ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Tulungagung. Website resminya di http://ponpesimamsyafii.or.id/

6. Pesantren Al Falah Trenceng

Pesantren terbaik di Tulungagung selanjutnya adalah pesantren Al Falah Trenceng. Fokusnya adalah pada kajian kitab klasik. Sehingga identitasnya cukup jelas. Terutama menguasai ilmu alat, yaitu bahasa arab untuk membaca kitab-kitab klasik seperti ihya’ ulumuddin.

Pesantren Al Falah Trenceng juga memiliki identitas untuk mengajarkan santrinya dalam hidup di masyarakat melalui wirausaha. Di pesantren disediakan budidaya ikan yang mana santri terlibat dalam memelihara, plus menjualnya. Terutama budidaya ikan koi. Sehingga jiwa entrepreuner tumbuh dengan baik.

Di pesantren ini pula santri dididik untuk memiliki jiwa yang besar. Yaitu dengan cara mengamalkan apa yang dipelajari dari kitab-kitab kuning, terutama dalam aspek membangun akhlaqul karimah. Oleh sebab itu pesantren ini menjadi salah satu pilihan di Tulunagung.

Pesantren Terbaik di Tulungagung

Inilah beberapa pesantren terbaik di Tulungagung. Nomor tujuh sengaja kami kosongkan agar mendapatkan usulan dari pembaca. Jika ada informasi yang kurang tepat atau ingin melengkapi juga bisa dicantumkan di kolom komentar. Semoga menjadi manfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *